VW Golf 4Motion Mobil 4WD Paling Irit BBM Sedunia


Pabrikan otomotif asal Jerman, Volkswagen yang ingin unjuk gigi dengan menyatakan bahwa mereka mampu memproduksi mobil 4WD paling irit di dunia.

Mobil yang dimaksud tak lain adalah mobil populer Volkswagen yakni si hatchback Volkswagen Golf yang telah diimprovisasi sedemikian mungkin dan diberi nama VW Golf SportWagen S with 4MOTION.

Kalau biasanya mobil-mobil berpenggerak 4 roda dikenal ebih haus konsumsi BBM-nya. Maka hal tersebut tidak berlaku pada VW Golf SportWagen S with 4MOTION racikan VW kali ini.

Kabarnya Volkswagen mengemas mobil 4×4 dengan tingkat efisiensi BBM yang sangat tinggi tersebut dalam dua pilihan mesin. Pilihan mesin pertama yakni Turbo Diesel 4 silinder dengan tenaga 147 Hp dan hanya butuh 1 liter konsumsi BBM untuk jarak 22,22 km. Kemudian pilihan kedua adalah mesin bertenaga sekitar 170 Hp dengan konsumsi BBM 1 liternya untuk jarak 21,28 km. Perbedaan diantara kedua mesin tersebut sangat tipis sekali yakni selisih tenaga sekitar 45 Hp atau selisih jarak tempuh sekitar 0,8 km per liternya.

VW melengkapi hatchback ini dengan EDS (electronic differential locks di kedua poros roda). Berbagai fitur keselamatan yang disematkan seperti 7 airbag, ESP. VW juga menyebutkan bahwa sistem permanent four-wheel drive di Golf ini dikawinkan dengan Haldex coupling generasi kelima.

Untuk informasi, sebenarnya ini bukan mobil Golf pertama yang menggunakan penggerak 4 roda, Golf pertama yang memiliki sistem 4WD sudah pernah diluncurkan pada 1986 silam. Mesin pada Golf generasi pertama tersebut diklaim sanggup memuntahkan tenaga hingga maksimal 150 PS dengan konsumsi BBM hanya 4,5 / 4,7 liter untuk 100 km perjalanan. Hal ini berarti menunjukkan bahwa dibanding model lama, Golf 4Motion terbaru mampu memberikan efisiensi bahan bakar 15 persen lebih irit.

WOW!  Mercedes-Benz G63 AMG 6×6 – Mainan Para Raja Minyak Timur Tengah

Di Eropa mobil ini tersedia dalam 3 tipe (Trendline, Comfortline, Highline) dengan mesin turbo diesel yang diklaim mampu menghasilkan torsi tinggi serta irit bahan bakar.