Volkswagen T-Roc Mobil Off-Road VW


Volkswagen ikut berpartisipasi meramaikan pameran otomotif internasional yang saat ini tengah digelar di Swis yakni Geneva Motor Show atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Jenewa Motor Show.

Kali ini pabrikan mobil asal Jerman itu memboyong sebuah mobil andalannya yang akan mengisi segmen SUV (sport utility vehicle), yakni Volkswagen T-Roc. Kehadirannya di Geneva Motor Show konon sengaja dilakukan untuk memancing pendapat konsumen. Jika kebanyakan pecinta mobil VW banyak yang suka dengan mobil SUV tersebut maka VW akan memproduksinya secara massal, namun jika sebaliknya maka kemungkinan produksi akan diurungkan terlebih dahulu.

EKSTERIOR

Volkswagen mengklaim bahwa VW T-Roc merupakan sebuah mobil SUV dwi-fungsi yang dapat digunakan sebagai mobil off-road maupun mobil biasa. Untuk menunjang fungsinya sebagai mobil off-road, Volkswagen T-Roc yang berdimensi panjang 4.179 mm, lebar 1.831 mm dan tinggi 1.501 mm ini dibuat berbadan tinggi dan dibekali dengan velg alloy 19 inci beserta profil ban yang tinggi pula.

Secara tampilan, mobil konsep VW yang baru ini memang tampak kekar ala mobil pria yang haus akan petualangan. Kesan ini dipancarkan lewat wajah depannya yang dihiasi dengan grill tipis heksagonal tiga dimensi dan kap mesin terpahat dengan ventilasi kembar.

Menggunakan kelir Blue-Splash Metallic, aksen hitam gloss dan alumunium juga dapat terlihat cukup jelas melintang di sekujur bodinya. Sementara untuk menunjang sistem penerangan yang optimal, Volkswagen T-Roc, telah dibekali dengan lampu depan LED dan lampu LED daytime running lights.

Mobil VW yang bergaya bodi dua pintu ini memiliki 2 bagian panel atap yang bias dilepas. Hanya saja kemungkinan besar fitur ini tidak akan masuk ke dalam ranah produksi, dengan alasan biaya dan kompleksitas. Selain itu model bodi dua pintu juga akan dipertimbangkan dan mungkin akan diganti jadi model empat pintu.

WOW!  Volkswagen Beetle Dune

INTERIOR

Masuk ke dalam kabinnya, interior Volkswagen T-Roc, menjanjikan pengemudinya kemudahan lewat penggunaan teknologi yang serba canggih. Diantaranya yakni instrument cluster digital 12,3 inci yang sudah mencakup inklinometer dan tablet yang terletak konsol tengah di dashboard dan bisa digunakan sebagai layar infotainment.

Nuansa yang senada dengan sektor luarnya bisa terlihat dari trim yang juga menganut warna Blue-Splash Metallic. Sementara joknya sendiri sudah menganut jok lapis kulit untuk menyiratkan kesan premium.

Terpasang beberapa fitur canggih, mulai dari Instrument Cluster dengan layar MID 11,7 inci, Head unit Discovery Nedia Infotainment System layar 8 inci dengan fungsi navigasi, Apple Car Play, dan Android Auto, pengisian baterai Smartphone nirkabel, sistem audio Beats 8 channel, dan Ambient Lighting.

DAPUR PACU

Mesin VW T-Roc, sanggup menggelontorkan tenaga hingga 184 hp (135 kW) dan torsi maksimal 380 Nm (280 lb-ft). Semua itu berkat mesin TDI empat silinder berkapasitas 2,0 liter yang dikawinkan dengan transmisi kopling ganda tujuh percepatan DSG 7-speed dan sistem penggerak 4MOTION all-wheel drive.

Mobil Volkswagen yang berbobot 1.420 kilogram ini mampu mencatat akselerasi dari 0 ke 100 dalam 6,9 detik. Sementara kecepatan maksimumnya sanggup mencapai angka 210 km/jam (130 mph), dengan rata-rata konsumsi bahan bakar mencapai 4,9 liter per 100 km.

Volkswagen T-Roc dibekali dengan beberapa opsi pilihan mesin, transmisi dan sistem penggerak. Diantaranya adalah :

1.0 TSI (115 dk/200 Nm), 6-speed MT, FWD
1.5 TSI (150 dk/250 Nm), 6-speed MT, FWD
1.5 TSI (150 dk/250 Nm), 7-speed DSG, FWD
1.5 TSI (150 dk/250 Nm), 7-speed DSG, AWD
2.0 TSI (190 dk/320 Nm), 7-speed DSG, AWD
1.6 TDI (115 dk/250 Nm), 6-speed MT, FWD
2.0 TDI (150 dk/340 Nm), 6-speed MT, FWD
2.0 TDI (150 dk/340 Nm), 6-speed MT, AWD
2.0 TDI (150 dk/340 Nm), 7-speed DSG, FWD
2.0 TDI (150 dk/340 Nm), 7-speed DSG, AWD

WOW!  New Range Rover – SUV Termewah di Indonesia

Masih belum ada konfirmasi pasti dari pihak Volkswagen terkait kapan mobil ini benar-benar akan diproduksi. Belum jelas juga apakah nanti spesifikasi VW T-Roc versi produksi akan berbeda dengan versi konsep. Pun demikian, pihak VW mengatakan bahwa mereka akan mengumumkan segala hal tentang Volkswagen T-Roc paling lama akhir dekade ini.

Satu hal yang pasti, VW T-Roc akan diposisikan di antara Volkswagen Taigun dan generasi terbaru dari Tiguan. Jadi kemungkinan harga juga tidak akan jauh dari kedua varian tersebut.