Volkswagen Beetle Dune


Volkswagen (VW) resmi memperkenalkan mobil konsep terbarunya, VW Beetle Dune Concept pada gelaran otomotif North American International Auto Show (NAIAS) atau yang lebih dikenal dengan nama Detroit Auto Show di Detroit, Amerika Serikat (AS). Mobil konsep terbaru dari pabrikan asal Jerman ini digambarkan sebagai Kumbang Baja abad 21.

Belum ada informasi resmi terkait kapan mobil terbaru VW ini akan diproduksi dan berapa harga jualnya kelak. Sepertinya Volkswagen masih ingin melakukan pengemnbangan terhadap mobil konsepnya tersebut, sembari melihat respon pasar. Penasaran seperti apa sih detail VW Beetle Dune Concept yang notabene merupakan generasi terbaru dari VW kodok tersebut ? Berikut ini ulasannya :

EKSTERIOR

Jika Anda termasuk orang yang kerap mengikuti perkembangan mobil konsep dan mobil terbaru VW, seharusnya Anda tidak akan asing ketika melihat desain eksterior VW kodok yang satu ini. Pasalnya VW Beetle Dune Concept sebenarnya merupakan pengembangan dari Beetle Dune yang sempat tampil di Los Angeles pada Januari tahun 2000 silam, dan dibuat dengan mengambil dasar dari VW Beetle R-Line.

Sebagai mobil konsep yang digadang-gadang sebagai versi istimewa, VW Beetle Dune Concept diklaim sebagai ikon terbaru dari VW Beetle namun dengan tampilan yang kasar. Disebut kasar karena Volkswagen membuat VW Beetle Dune Concept terlihat memiliki tampilan yang lain dari VW Beetle kebanyakan yang identik dengan kesan ‘mungil nan manis’.

Kesan mungil dibuang jauh-jauh dengan menaikkan bodi VW Beetle Dune Concept hingga 50 mm, alhasil selain membuatnya memiliki ground clearance yang lebih tinggi, VW Beetle terbaru ini juga terlihat layaknya sebuah mobil crossover. Jangan harap mobil ini dibuat manis apalagi ‘unyu-unyu’, pasalnya VW Beetle Dune Concept mengenakan velg krom 19 inci yang dipadankan dengan ban besar. Alhasil bukannya kesan ‘manis’ yang didapat, melainkan justru membuatnya terlihat seperti mobil off-road yang kekar.

WOW!  Mesin Mobil TSI 1.4 Liter Milik VW Dinobatkan Sebagai Engine of the Year

Hadir dengan warna logam kuning-jingga Arizona metallic, tampilan luar VW Beetle Dune Concept juga dilengkapi dengan fender hitam yang kontras. Yang menjadikannya menarik, berbeda dari model Volkswagen pada umumnya, pada mobil ini juga dipasang sebuah ‘Blades’ di bagian pintu.

Mobil ini juga telah mengadopsi lampu bi-xenon, kap dengan ventilasi, grill honeycomb mesh, dua spoiler belakang, sistem pembuangan ganda dan komponen perlindungan underride krom di bagian bawah pintu. Sebagai pelengkap, di bagian atap mobil ditambahkan roofrack untuk menyimpan barang bawaan seperti papan ski atau papan surfing.

INTERIOR

Terlepas dari fakta bahwa tampilan luarnya menyiratkan sebuah bentuk evolusi mobil VW, namun rupanya hal itu tidak berlanjut ke sektor interior VW Beetle Dune Concept yang tidak terlalu banyak berubah. Pun demikian tetap saja suasana kabin VW Beetle Dune Concept terlihat menarik dan mampu membuat siapapun terkesima.

Dengan memadukan 3 warna yaitu kuning oranye, hitam dan abu-abu, kesan mobil semi offroad nan elegan terpancar dari interior VW kodok terbaru yang satu ini. Lihat saja pada kursi sport two-tone (hitam dan abu-abu) yang membuatnya tampak macho dan ‘laki-laki banget’. Kemudian desainer VW juga memberikan beberapa perubahan pada tongkat persneling model klasik dan menyematkan beberapa tema krom di beberapa bagian interior.

Bagian dasbor dicat dengan warna kuning oranye yang senada dengan warna eksterior. Sementara suntikan teknologi canggih pada mobil ini dihadirkan lewat sistem infotainment layar sentuh berukuran 7,7 inci. Layar ini berspesifikasi AMOLED (Active Matrix Organic LED) yang membuatnya semakin detail dan sangat halus.

Yang menarik, layar sentuh ini sudah teraplikasi ‘Volkswagen Sideways’ dan mengintegrasikan POI ke dalam sistem navigasi satelit sehingga pengendara bisa mengakses restoran, lokasi pengisian BBM terdekat hingga mencari menu lain.

WOW!  Mobil Off-Road Land Rover Defender 2020 Berubah Jadi Manis

DAPUR PACU

Volkswagen Beetle Dune Concept dibekali dengan mesin miliknya VW Beetle R-Line yakni mesin turbocharged empat silinder berkapasitas 2.0 liter. Mesin ini mampu menyemburkan daya hingga 210 tenaga kuda (156 kw, serta membuat mobil mampu melesat 100 km/jam dalam tempo 7,3 detik dari kondisi statis.

Suspensinya juga masih standar yaitu tipe strut di depan dan model multilink untuk kaki-kaki belakang dan tersemat XDS electronic differential yang menjadi fitur standar setiap VW Beetle. Konsumsi BBM-nya 23 mil per galon di jalur perkotaan dan 29 mil per galon di jalan bebas hambatan.