Toyota Mirai Fuel Cell Electric Vehicle – Mobil Berbahan Bakar Hidrogen


Tags:

Lupakan sejenak mobi berbahan bakar bakar fosil (bensin) ataupun mobil dengan tenaga yang bersumber dari listrk. Ini waktunya untuk membicarakan mobil yang benar-benar akan menjadi calon mobil di masa depan, ya ini adalah waktunya untuk membicarakan Toyota FCV (Fuel Cell Vehicle), sebuah mobil yang memanfaatkan hydrogen sebagai bahan bakarnya.

Toyota sepertinya paham betul bahwa isu krisis energi akan menjadi masalah serius di masa depan. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, Toyota juga telah berkali-kali melakukan beberapa gebrakan seperti memperkenalkan kendaraan-kendaraan bersumber tenaga listrik dan hybrid. Puncaknya, Toyota menjadi produsen mobil pertama di dunia, yang memproduksi dan menjual mobil listrik secara massal, lewat kreasi andalannya yakni Toyota Prius pada tahun 1997.

Cukup panjang perjalanan yang telah dilalui oleh Toyota. Tak sedikit pihak yang menganggap skeptis tentang ide-ide Toyota untuk menciptakan mobil masa depan, yang dapat menggunakan bahan bakar selain bensin. Hingga akhirnya, perusahaan yang didirikan pada tahun 1937 dan baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-75 dua tahun yang lalu itu memperkenalkan sebuah konsep baru yang lebih gila dari sekedar ide tentang mobil listrik biasa. Konsep yang dimaksud tak lain dan tidak bukan adalah memanfaatkan zat hidrogen untuk menggerakkan sebuah mesin kendaraan, lewat sebuah mobil yang diberi nama Toyota FCV.

Mengenal Toyota FCV (Fuel Cell Vehicle) Lebih Dekat


Toyota Mirai FCV memiliki nama lengkap The Next Generation Fuel Cell Vehicle “Toyota FCV Concept”. Mobil ini memulai debutnya sebagai kendaraan konsep di Tokyo Motor Show pada tahun 2013 silam.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya di dalam hati, bagaimana sih cara kerja FCV (Fuel Cell Vehicle) itu ? Sederhananya, mobil ini digerakkan oleh motor listrik, dimana dalam hal ini listrik itu sendiri dihasilkan dari reaksi kimia antara hidrogen yang berada di dalam mobil dengan oksigen yang ditarik dari luar. Sebagai pelengkap, Toyota turut menanamkan teknologi inti yang biasanya dipasang pada kendaraan-kendaraan hibrida ke dalam mobil ini. Alhasil dengan kemampuannya tersebut, Toyota mengklaim bahwa mobil hydrogen kreasinya ini digadang-gadang bakal menjadi hybrid masa depan dengan pembuangan zat emisi nol terhadap lingkungan.

WOW!  Modifikasi Cadillac Escalade Jadi Kantor Berjalan

Bagaimana Wujud dari Toyota FCV (Fuel Cell Vehicle) ?
Dari beberapa aksinya di ajang auto show dan gambar Toyota FCV yang telah dirilis secara resmi, dapat diketahui bahwa mobil ini mengambil strukstur bodi sebagai mobil sedan empat penumpang dengan gaya yang kurang lebih menganut ala mobil Amerika.

Berdasarkan informasi dari Toyota Global Website, Toyota FCV memiliki panjang 4.870 mm, lebar 1.810 mm dan tinggi 1.535 mm serta jarak sumbu roda 2.780 mm. Desain eksterior Toyota FCV tampak dibuat serinci mungkin, mengingat mobil ini sangat bergantung pada aliran udara dan aerodinamika. Pun demikian karena saat ini status Toyota Fuel Cell Vehicle masih sebagai mobil konsep jadi belum bisa diketahui secara pasti apakah tampilan tersebut sudah final atau belum.

Perbedaan Mobil Berbahan Bakar Bensin dengan Toyota FCV (Fuel Cell Vehicle)
Hidrogen memiliki beberapa kelebihan dibandingkan bahan bakar bensin. Sebagai informasi, jika digunakan sebagai bahan bakar bisa dikatakan bahwa hidrogen merupakan sumber energi yang lebih ramah lingkungan dan dapat diproduksi dari berbagai bahan baku yang cenderung lebih mudah untuk didapat. Coba saja bandingkan dengan bahan bakar bensin yang cenderung menyebabkan polusi dan proses produksinya yang benar-benar tidak mudah.

Perbedaan Mobil Listrik Biasa dengan Toyota FCV (Fuel Cell Vehicle)
Tidak seperti mobil listrik yang tenaganya bisa diisi ulang di rumah, khusus untuk Toyota FCV ini dibutuhkan sebuah stasiun pengisian bahan bakar hidrogen yang resmi. Namun tidak seperti mobil listrik yang biasanya memakan waktu selama berjam-jam ketika diisi ulang, FCV concept diperlengkapi dengan fuel cell stack yang mampu menyimpan dua tangki hidrogen bertekanan tinggi 700 bar ini hanya butuh waktu selama 3 menit saja untuk diisi penuh. Jadi bisa dikatakan bahwa lama waktu isi ulang tidak jauh berbeda dengan seperti kita mengisi bahan bakar untuk mobil berbahan bakar bensin.

WOW!  Toyota Siapkan Teknologi V2V Buat Mobil Masa Depan

Dalam pengujian yang telah dilakukan oleh Toyota, FCV dapat melaju hingga 700 km. Lalu dikarenakan kepadatan energi yang tinggi dari hidrogen, Toyota juga mengklaim bahwa FCV memliki jarak tempuh yang lebih lama dan lebih hemat dibandingkan mobil listrik biasa, meskipun keduanya sama-sama kendaraan dengan pembuangan zat emisi nol.

Kapan Toyota Mirai FCV (Fuel Cell Vehicle) Dijual ?
Toyota FCV baru akan diluncurkan tahun depan di Jepang dan Amerika Serikat. Khusus untuk Indonesia, belum diketahui secara pasti apakah mobil ini akan dijual di negara ini juga atau tidak. Namun tidak menutup kemungkinan apabila pos-pos pengisian bahan bakar hidrogen bisa didirikan di Indonesia, maka sangat besar peluangnya bagi Toyota FCV (Fuel Cell Vehicle) untuk dijual di Indonesia.