Tips Mudik – Ketahui Beban Maksimal Mobil Anda


Tags:

Bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan menggunakan mobil pribadi, perlu diketahui bahwa ada aturan penting terkait beban kendaraan yang tidak boleh dilanggar. Hal ini kerap diabaikan oleh banyak pengguna mobil di Tanah Air, terutama yang menganggap bahwa aktivitas mudik dengan mobil pribadi adalah kebebasan untuk membawa penumpang dan barang sebanyak mungkin hingga berlebihan.

Memang, pemudik yang menggunakan mobil pribadi punya keuntungan yakni bisa mengangkut barang bawa’an lebih banyak ketimbang pemudik yang memanfaatkan fasilitas transportasi umum. Alasannya tentu saja karena pemilik mobil memiliki hak untuk membawa berapapun barang yang diinginkannya, serta di saat yang sama juga tidak akan kerepotan seperti yang umum terjadi pada pemudik dengan alat transportasi umum.

Dengan kondisi yang demikian, tak heran di saat-saat menjelang dan setelah lebaran seperti sekarang ini kita sering menjumpai berbagai mobil di jalan raya yang membawa begitu banyak barang selama perjalanan mudik. Bahkan sudah jadi pemandangan yang jamak pula, selama momen mudik ini mobil pribadi disulap layaknya mobil pengangkut barang yang kesannya tampak terlalu dipaksakan.

Sebenarnya tak ada yang salah dengan membawa banyak barang selama mudik dengan mobil pribadi. Hanya saja mengingat mobil pribadi tidak dirancang khusus sebagai mobil yang bisa mengangkut banyak barang bawa’an, maka pemilik mobil perlu memberi perhatian lebih untuk memastikan beban yang dibawa tidak menyalahi aturan yang ada.

Dilansir dari Vice.com, Joe selaku Deputy General Manager Service & Spareparts 4W, 2W di PT. Cool Cars Sales (CCS) mengingatkan bahwa mobil yang membawa beban berlebihan di kala mudik Lebaran bisa menyebabkan resiko yang tidak main-main, bahkan bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Untuk itulah Joe memberikan sebuah tips bagi mereka yang hendak mudik dengan mobil pribadi agar membatasi jumlah barang bawaan selama perjalanan jauh.

WOW!  Prosedur Dan Syarat Kredit Motor Scoopy

“Beban yang disarankan itu paling maksimal hanya 60 kilogram, tidak boleh lebih dari itu. Karena beban yang berlebihan dapat mengganggu saat kita melakukan perjalanan, terlebih apabila perjalanan yang kita lakukan cukup jauh,” kata Joe.

Menurut Joe, mengangkut barang bawaan yang berlebihan bisa berpengaruh buruk terhadap performa mobil yang jadi tidak maksimal. Selain itu beban berlebih juga dapat menyebabkan tenaga mobil jadi loyo, serta bila dipacu dengan kecepatan tinggi juga tak menutup kemungkinan bisa mengakibatkan mobil kehilangan keseimbangan.

“Perhatikan beban yang sering ditaruh di atap mobil, jangan sampai beban tersebut justru mengganggu perjalanan, terlebih mengancam keselamatan berkendara,” tambah orang yang punya peranan penting di PT. Cool Cars Sales itu.

Nah, sampai disini Anda sudah tahu khan ? Rupanya beban maksimal yang bisa ditoleransi untuk ukuran mobil pribadi adalah 60 kg. Lebih dari itu dapat menyebabkan kemungkinan buruk yang tentunya tidak diinginkan oleh semua orang yang menjalani aktivitas mudik.

Sebagai tambahan, membawa muatan yang berlebihan selama perjalanan jauh juga bisa mempengaruhi konsumsi BBM. Jadi jangan salahkan mobil Anda bila konsumsi BBM-nya boros selama perjalanan mudik karena yang menyebabkan itu terjadi adalah si pemilik mobil itu sendiri.

Semoga setelah membaca sedikit artikel tips mudik di atas, Anda bisa lebih memahami betapa pentingnya batas beban maksimal mobil yang perlu dipandang serius demi perjalanan mudik yang nyaman. Terlebih lagi mengingat mudik umumnya adalah perjalanan bersama keluarga, tentunya keselamatan merupakan salah satu faktor penting yang perlu dijaga.