The Sixth-Gen Chevrolet Camaro Z/28


Tags:

Chevrolet Camaro Z/28 turut ambil bagian di ajang North American International Auto Show (NAIAS) atau lazim disebut Detroit Auto Show. Ini adalah model yang nantinya akan masuk proses produksi, dan mulai dipasarkan pada musim semi tahun ini (bulan Maret – Juni) di Amerika Serikat.

Yang menarik, Camaro Z/28 yang dipajang di Detroit Auto Show memiliki tampang yang sedikit berbeda dari yang belakangan ini kita jumpai pada beberapa foto yang beredar di dunia maya. Penasaran ? Yuk simak ulasannya berikut ini :

EKSTERIOR

Sedikit berbeda dengan beberapa foto yang beredar di dunia maya, Camaro Z/28 yang dipajang di Detroit Auto Show terlihat lebih agresif dengan dengan skema warna hitam. Selain terlihat lebih seram, tampilan seperti itu juga makin membuatnya mirip sekali dengan tokoh Bumblebee dalam film Transformers.

Mobil ini dilengkapi dengan bodi kit aerodinamis, sistem knalpot empat pipa, velg aluminium 19 inci dengan kelir hitam gloss dan semua ban mengenakan 305/30ZR19 Pirelli PZero Trofeo R. Bagian yang menonjol terlihat pada splitter depan warna hitam dan lambang Chevrolet yang tetap disematkan sebagai ciri khas dari sebuah Camaro.

INTERIOR


Nuansa sporty sangat kental terpancar dari interior Camaro Z/28. Warna abu-abu terlihat mendominasi hampir seluruh sisi kabin mobil yang dipajang di Detroit Auto Show 2014 itu. Lihat saja pada jok sporty merek Recaro dan trim interiornya, juga setir racing unik dengan bagian bawah rata yang semuanya dilapisi dengan warna abu-abu.

Untuk mengurangi bobotnya, beberapa fitur seperti audio dan sistem AC memang sengaja dikebiri. Tapi jika pembeli menghendaki agar fitur-fitur tersebut tetap dipasang maka harus membayar biaya tambahan sebesar $1500 (sekitar Rp 22 juta). Dengan begitu maka pembeli bisa mendapat tambahan AC dan 6 speaker (standar hanya 1 speaker).

WOW!  Mobil Klasik Seharga Rp. 110 Miliar

FITUR

Setingan khas mobil balap telah disajikan lewat fitur yang disematkan pada Camaro Z/28, mulai dari fitur limited-slip differential, rotor rem Brembo Carbon Ceramic Matrix dan sistem Performance Traction Management yang bisa mengatur level gas dan rem. Juga dilengkapi dengan suspensi setingan sport dengan per stiffer springs, bushings yang ditinggikan dan damper yang bisa diatur menjadi empat arah.

DAPUR PACU

Mesin Chevrolet Camaro Z/28 dibuat secara manual (hand built) di Performance Build Center di pabrik perakitan Bowling Green milik General Motors. Mesin tersebut diberi nama V8 LS7 dengan kapasitas 7.0 liter. Dengan mesinnya itu Camaro Z/28 mampu menyemburkan daya hingga 505 bhp (376 kW) dan torsi puncak 481 lb-ft (652 Nm). Seluruh tenaga Camaro Z/28 disalurkan ke semua roda belakang via transmisi manual 6-percepatan rasio pendek dengan Torsen limited-slip differential yang menggunakan fitur helical gear set.

PERFORMA

Dengan desain aerodinamis yang dimilikinya, berdasarkan hasil uji coba pada bulan Oktober lalu Camaro Z/28 diklaim sanggup mengalahkan 4 mobil tercepat sebelumnya sekaligus. Digeber di lintasan Nurbugring, New Camaro Z/28 menorehkan catatan waktu 7:37.47. Dengan catatan tersebut maka mobil terbaru Chevrolet ini tak hanya lebih cepat 4 detik dibandingkan Camaro ZL1, tapi juga mengalahkan waktu resmi dari Porsche 911 Carrera S, Lexus LFA dan bahkan supercar Lamborghini Murciellago LP640.

HARGA

Chevrolet Camaro Z/28 dibanderol seharga USD 75.000 atau setara dengan Rp 1,125,000,000. Itu artinya harga Chevrolet Camaro Z/28 lebih mahal US$ 17.650 atau sekitar Rp 264 juta dari model pendahulunya yakni Camaro ZL1, serta lebih mahal dari model kompetior seperti Audi R8 V10, Lamborghini Murcielago LP640 atau Porsche 911 Carrera S.

WOW!  Modifikasi Cadillac Escalade Jadi Kantor Berjalan

Meski sejatinya Camaro Z/28 belum dijual secara resmi, namun model pertamanya akan dilelang minggu ini di Barrett-Jackson. Uang hasil penjualannya nanti akan disumbangkan kepada Sekolah Cornerstone di Detroit melalui Achilles Freedom Teams of Wounded Veterans.