The new Mercedes-AMG GLA 45 4MATIC+ Crossover Mercy Termurah


Memanfaatkan ajang pameran otomotif Detroit Auto Show yang tengah berlangsung saat ini, Mercedes-Benz memperkenalkan mobil crossover kecil terbarunya yakni Mercedes-Benz GLA 45 AMG.

Ini adalah model yang ditempatkan di segmen SUV kompak paling bawah, dimana harga jualnya adalah yang paling murah dibandingkan model SUV AMG lainnya seperti SUV GLA 45 AMG, ML 63 AMG, GL 63 AMG, G 63 AMG dan G 65 AMG.

Menyasar konsumen usia muda dari kelompok entry level, GLA 45 AMG akan menemani mobil Mercedes-Benz AMG murah lainnya yang sudah hadir lebih dulu seperti hatchback A 45 AMG dan sedan CLA 45 AMG yang diluncurkan tahun lalu. Meskipun dijual dengan harga terjangkau, namun GLA 45 AMG diklaim memiliki segudang kelebihan, diantaranya yaitu irit bahan bakar (13,3 km per liter), emisi gas buang rendah (emisi CO2 175 gr/km), serta merupakan mobil 4-silinder paling bertenaga.

EKSTERIOR

Meski sejatinya Mercedes-Benz GLA 45 AMG memiliki status sebagai crossover kecil, namun pada dasarnya mobil ini tetap memiliki bodi yang besar dan berotot. Hal ini terlihat jelas dari body kitnya yang relatif besar serta didukung dengan front splitter, black flics (air deflectors) dengan flics tambahan, air intakes baru, side skirts, diffuser belakang dan roof wing.

Sektor kaki juga terlihat gambot berkat pengaplikasian velg 19 inci berwarna titanium abu-abu dengan ban ukuran 235/45. Tak ketinggalan pada bagian buritan juga dipasang knalpot segi empat yang terintegrasi dengan bemper belakang sehingga makin memberikan kesan macho dan kekar.

GLA 45 AMG ditawarkan dengan beberapa opsi yang bebas dipilih tergantung minat masing-masing individu. Antara lain : GLA 45 AMG dengan velg 20 inci berwarna hitam kusam yang dilengkapi dengan ban ukuran 235/40, tambahan serat karbon pada beberapa bagian, serta kaliper rem merah yang dihiasi dengan tulisan AMG.

WOW!  Toyota Mirai Fuel Cell Electric Vehicle - Mobil Berbahan Bakar Hidrogen

INTERIOR

Pihak Mercedes mengatakan bahwa kabin Mercedes-Benz GLA 45 AMG dirancang dengan gaya kokpit pesawat, namun tidak meninggalkan aspek modern yang sarat akan nuansa elegan. Ketika pintu dibuka, sebuah layar berdimensi 5,8 inci secara otomatis akan menyambut pengemudi dengan tampilan AMG startup. Kemudian lingkar kemudi yang dibalut dengan kulit Nappa dibuat dengan tambahan berbagai tombol multifungsi untuk mempermudah pengemudi mengontrol banyak hal.

Khusus untuk versi standarnya, GLA 45 AMG dibekali dengan jok sporty ala anak muda, namun jika itu kurang cocok maka juga tersedia beberapa opsi lainnya seperti jok performa dan jok bervariasi. Opsi tambahan lainnya termasuk Alcantara atau trim sepenuhnya kulit dan tambahan aksen serat karbon pada beberapa bagian.

DAPUR PACU

Mercedes-Benz GLA 45 AMG menggunakan mesin yang sama dengan A 45 AMG dan CLA 45 AMG, yaitu mesin 2.0 Turbocharged empat silinder Euro 6. Tenaga yang dihasilkan mesin disalurkan ke sistem kemudi 4 Matic All-wheel melalui AMG Speedshift DCT tujuh percepatan.

Meskipun kapasitas mesinnya tak lebih dari 2.000cc, tapi tenaga yang sanggup dihasilkan mesin ini tidak main-main. Mercedes mengklaim mesin tersebut bisa menyemburkan daya hinga 360 hp (360 kW) dan torsi 450 Nm (331 lb-ft).Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam bahkan bisa dituntaskan dalam tempo 4,8 detik saja. Sayangnya kecepatan maksimal dibatasi secara elektronik dan mentok di angka 250 km/jam saja.

Sebelum dipamerkan di Detroit Auto Show, sebelumnya GLA 45 AMG juga sempat dihadirkan di ajang pameran otomotif Los Angeles International Auto Show. Hingga saat ini pihak Mercedes belum ingin membocorkan terkait kapan waktu resmi GLA 45 AMG dijual untuk umum. Namun kemungkinan mobil buatan pabrik asal Jerman ini bakal dilempar ke pasaran pada pertengahan tahun ini.

WOW!  Inilah Perubahan Pada All-New Wrangler Unlimited