Teknologi Mesin Baru pada Honda Jazz Hybrid


Tags: ,

Honda baru saja mengumumkan niatnya untuk mengeluarkan sosok terbaru dari Honda Jazz yang digadang-gadang akan menjadi mobil masa depan berteknologi Hybrid canggih dengan konsumsi bahan bakar yang sangat efisien alias irit. Berdasarkan hasil pengetesannya di Jepang, Honda mengklaim bahwa konsumsi bahan bakar Honda Jazz hybrid ini mampu mengalahkan mobil hybrid teririt di Jepang, yakni 30 persen lebih irit ketimbang Toyota Camry Hybrid.

Lalu apa yang menjadi rahasia Honda hingga berani mengumandangkan diri sebagai pencetak mobil paling irit BBM melalui Honda Jazz hybrid tersebut ?

Sport Hybrid i-DCD

Rahasia Honda tersebut tak lain berkat penyematan teknologi pada mesin barunya yakni Sport Hybrid i-DCD. i-DCD sendiri merupakan singkatan dari Intelligent Dual Clutch Drive. Mesin baru ini sejatinya merupakan hasil pengembangan terbaru dari Earth Dreams Technology Honda. Tujuannya jelas untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga lebih dari 35 persen dibandingkan sistem Hybrid konvensional IMA Honda. Sehingga untuk menempuh jarak sejauh 36,4 km, kabarnya mobil ini hanya butuh 1 liter BBM saja lho !

Bobot Lebih Ringan

Akhir-akhir ini masalah bobot kerap menjadi perhatian serius bagi kebanyakan pabrikan mobil. Karena itulah mesin baru Honda ini dibikin dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga bobotnya pun lebih ringan, mengandalkan sistem hybrid satu motor untuk mesin-mesin kecil.

Mesin ini juga mengadopsi electric servo brake system yang diklaim mampu meningkatkan efisiensi listrik secara regeneratif dan kompresor listrik yang berguna untuk mengurangi beban pada mesin. Sistem built-in high-motor ditanamkan pada outputnya, dan IPU (Intelligent Power Unit) yang dilengkapi dengan baterai built-in lithium-ion.

Dengan mengandalkan EV Drive yang terdapat didalamnya, mesin ini dapat memisahkan mesin bensin dan juga motor listrik. Sementara bassis mesin bakarnya, berkapasitas 1.5 liter 4 silinder segaris, yang menerapkan siklus Atkinson (siklus rasio dengan ekspansi tinggi). Mesin ini dipadukan dengan transmisi 7 speed kopling ganda.

WOW!  All-New Kia Soul EV 2020 Mobil Listrik Korea Untuk Eropa

3-Mode Driving System

Dalam pengaplikasiannya, mode pengendaraan Sport Hybrid i-DCD ini terintegrasi dengan 3-mode driving system yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mesin dan motor tergantung situasi pada saat mengemudi. Adapun 3-mode driving system tersebut antara lain terdiri dari :

EV drive : Hanya tenaga listrik yang bekerja
Hybrid Drive Mode : tenaga listrik dan mesin bakar bekerja bersamaan
Engine Drive Mode : hanya tenaga mesin yang bekerja

Honda Jazz Hybrid ini rencananya akan diproduksi tahun dengan kapasitas produksi sebesar 200 ribu unit pertahun, di pabrik perakitan Celaya, yang terletak di Amerika Utara. Sementara untuk urusan harga, Honda menjamin bahwa harga Honda Jazz Hybrid tidak akan terpaut jauh dibandingkan dengan Honda Jazz standar seperti yang sudah ada sebelumnya.

Saat ini dominasi pasar mobil Hybrid di Amerika Serikat memang tengah dikuasai oleh Toyota. Namun tidak menutup kemungkinan jika nantinya Honda Jazz Hybrid ini tidak hanya akan mengalahkan Toyota saja, melainkan juga bisa mengalahkan mobil-mobil hybrid secara global.