Spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core


Tags:

Yamaha Mio M3 125 hadir ke tengah-tengah masyarakat Indonesia dengan mengusung spesifikasi mesin yang diklaim istimewa. Disebut demikian lantaran motor baru Yamaha yang satu ini menyimpan banyak kelebihan, mulai dari konsep desain dan pemberian nama warna yang disesuaikan dengan gaya anak muda masa kini, hingga mesin yang kabarnya mengadopsi teknologi baru terobosan Yamaha guna menyambut masa depan yang lebih baik.

Untuk mengetahui lebih luas seputar motor matik Yamaha yang dinyatakan sebagai generasi pertama yang menggunakan teknologi Blue Core tersebut, kali ini klikberita.com akan mengulas bahasan seputar spesifikasi Yamaha Mio M3 125. Tentunya dilihat dari berbagai sisi teknis yang dimilikinya.

DIMENSI

Ulasan mengenai spesifikasi Yamaha Mio M3 125 ini kita mulai dari dimensi. Mio M3 125 memiliki ukuran PxLxT : 1870 mm x 685 mm x 1055 mm, dengan bobot kosong hanya 88 kg. Dari data tersebut maka boleh dibilang motor ini memiliki bodi yang ramping sekaligus ringan. Cukup sesuai dengan kebutuhan anak muda sekarang, yang umumnya memang lebih menyukai motor matik berbodi ramping dan ringan lantaran dianggap lebih praktis.

Untuk menunjang aktivitas berkendara yang nyaman, Yamaha Mio M3 125 memiliki tempat duduk dengan ukuran panjang 69 cm dan tinggi 750 mm (lebih tinggi 5 mm dari Mio J). Cukup panjang dan tidak terlalu tinggi, namun dari segi lebar rasanya masih kurang pas, terlebih lagi tempat duduk belakangnya tampak kurang ideal bagi boncengers (penumpang) yang memiliki tubuh besar. Pun begitu secara fungsi boleh dikatakan tempat duduk Mio M3 125 sudah cukuplah jika digunakan sebagai kendaraan harian (bukan untuk perjalanan jauh).

Di bawah tempat duduknya, tersemat bagasi dengan volume 10,1 liter yang cukup besar sebagai tempat penyimpanan mini untuk jaket, jas hujan dan perlengkapan berkendara lainnya. Kalau masih kurang, masih ada inner pocket untuk menyimpan barang-barang kecil dan gantungan barang di bagian depan.

WOW!  Perbedaan Kawasaki Estrella Tipe Standar dan Tipe Special Edition

RANGKA

Lalu bagaimana spesifikasi Yamaha Mio M3 125 jika dilihat dari rangka yang digunakannya ? Dengan memanfaatkan tipe rangka underbone, stabilitas yang dihasilkan Mio M3 125 diklaim oleh Yamaha Indonesia cukup maksimal untuk dibawa berbelok dengan kecepatan wajar. Ditambah lagi dengan diameter subframe lebih besar dan sumbu roda yang pendek, alhasil Mio M3 125 jadi lebih stabil bermanuver di jalan sempit dan kemacetan lalu lintas.

Pengendalian motor juga jadi kian nyaman berkat suspensi yang disetting lebih empuk dari pendahulunya. Dimana suspensi depan menggunakan Teleskopik, sementara bagian belakang dipercayakan pada Unit Swing.

Melirik ke sektor kaki-kaki, Mio M3 125 dibekali ban depan berukuran 70/90-14M/C 34P, sementara ban belakang berukuran 80/90-14M/C 40P. Kemudian untuk menahan laju ban sesuai dengan kebutuhan pengendara, rem depan dengan single disc brake sudah disematkan, menemani rem belakang yang hanya mengandalkan drum brake.

MESIN

Beralih ke spesifikasi Yamaha Mio M3 125 berikutnya yakni sektor pemberi tenaga. Adapun tipe mesin yang digunakan motor matik terbaru dari Yamaha tersebut adalah mesin berkapasitas 125cc SOHC, Fuel Injection, 4 langkah dan berpendingin udara. Tak lupa CVT juga diberi settingan baru sehingga Mio M3 125 mampu menyemburkan tenaga hingga 9,52 ps pada 8.000 rpm dengan torsi 9,6 Nm pada putaran 5.500 rpm. Dikatakan pula bahwa tenaga yang dihasilkan jadi lebih responsif ketimbang Mio generasi sebelumnya, karena setiap putaran mesin dihasilkan dari perpaduan desain jalur aliran udara model baru dan throttle body berukuran 24 mm serta injektor empat lubang.

Yang menarik, berkat penggunaan mesin Blue Core maka berat mesin diklaim Yamaha sebagai yang paling ringan di kelasnya yakni 32,6 kg. Perpaduan mesin berkapasitas 125 cc dengan teknologi Blue Core juga membuat konsumsi bahan bakarnya lebih irit. Meskipun menghasilkan rasio kompresi yang cukup tinggi, Yamaha Indonesia mengklaim bahwa Mio M3 125 memiliki pembakaran yang 50 persen lebih irit dibandingkan dengan model generasi awal yang masih mengandalkan sistem pengapian karbu. Tak bisa disepelekan, jika tangki Mio M3 yang berkapasitas 4,2 liter diisi BBM dengan penuh, maka motor ini dapat melaju sejauh 200 km. Cukup efisien khan ?

WOW!  Kredit Motor Honda Dengan DP Murah dan Syarat Mudah

Rincian Spesifikasi Yamaha Mio M3 125 :

Mesin
Tipe mesin Air cooled 4-stroke, SOHC
Susunan silinder Single cylinder
Diameter X Langkah 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi 9,5 : 1
Volume silinder 125 cc
Daya maksimum 7 kW / 8000 rpm
Torsi maksimum 9.6 Nm / 5500 rpm
Sistem starter Electric & kick starter
Sistem pelumasan Wet sump
Kapasitas oli mesin Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Dimensi
P X L X T 1870mm X 685mm X 1035mm
Jarak sumbu roda 1260mm
Jarak terendah ke tanah 135mm
Tinggi tempat duduk 750mm
Berat isi 94 kg
Kapasitas tangki bensin 4,2 L
Rangka
Tipe rangka Underbone
Kelistrikan
Sistem pengapian TCI