Spesifikasi Lengkap Yamaha All New R1


Tags:

Pabrikan motor Yamaha makin mengganas lewat serangkaian rencana ambisius yang mereka rancang demi mendominasi dunia dengan motor sport ber-cc besar. Terbukti baru-baru ini dengan memanfaatkan ajang pameran otomotif bergengsi EICMA di Italia, perusahaan yang bermarkas pusat di Jepang itu memperkenalkan dua motor baru yaitu All New R1.

Sudah bisa ditebak, kedua motor sport terbaru dari Yamaha tersebut langsung menarik perhatian dari banyak pihak, termasuk blog-blog otomotif internasional maupun dalam negeri mengingat segudang kelebihan yang mampu ditawarkannya.

Meskipun disiapkan sebagai moge yang bisa digunakan di jalan raya, namun All New R1 telah dibekali dengan spesifikasi balap yang mumpuni. Performa kedua motor ini bahkan tak perlu diragukan lagi karena dibangun dengan campur tangan langsung dari juara dunia MotoGP yang terbukti cerdas dalam hal penguasaan motor balap yakni Valentino Rossi.

DESAIN

Secara tampilan, desain New Yamaha All New R1 dibentuk dengan tampang yang lebih radikal dan memiliki garis bodi yang lebih tegas dibanding versi sebelumnya. Dilihat dari depan bahkan motor ini tampak sangat mirip dengan motor Valentino Rossi di MotoGP, Yamaha YZR-M1.

Sentuhan baru bisa dilihat pada bagian lampu depan yang mirip fog lamp bulat yang dipasang di samping air scoop, desain tersebut bertolak belakang dengan lampu depan Yamaha All New R1 lama yang terlihat lebih besar dan terkesan melotot. Selain itu juga ada tambahan lampu senja berbentuk garis dan bodi buntutnya yang berlubang mirip wings pada supercar, serta perubahan lokasi knalpot yang kini dipindah di samping .

Desain fairing juga mengalami perubahan total dimana dalam versi terbaru ini memiliki bentuk yang lebih padat. Yang menarik, desain mufler-nya juga berubah menggunakan single mufler dengan dimensi yang tidak terlalu besar, berbeda dengan Yamaha All New R1 lawas yang menganut dual mufler dibawah jok. Lalu di bagian dasbor tampak sebuah LCD dengan gaya modern telah dipasang guna menambah performa serta fungsionalitas.

WOW!  Spesifikasi Kawasaki Ninja H2 Terlengkap

VARIAN & WARNA

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, New Yamaha All New R1 memiliki dua varian yaitu model standar dan model balap (YZF-R1M) yang diproduksi dalam jumlah terbatas.

Yang membedakan antara All New R1 adalah daya pacunya yang mencolok dimana All New R1 memiiki tenaga yang lebih powerfull, traksi kontrol yang responsif dan proses pemindahan gigi yang lebih cepat. Selain itu R1M itu juga hadir dengan dua panel di masing-masing sisi, bagian ekor, dan fenders serta 1 kilogram lebih berat dengan bobot total 200 kilogram.

New Yamaha All New R1 tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Yamaha Blue/White (Biru dan Putih), Raven Black (Hitam), dan Red/White (Merah dan Putih).

FITUR

New Yamaha All New R1 yang memiliki tangki berbahan alumunium dan berkapasitas 17 liter bahan bakar minyak (BBM) ini dibekali dengan fitur-fitur canggih guna menciptakan sensasi motor balap berupa quickshifter, wheel-lift control, slide control, launch control, traction control, anti-lock brake system (ABS), dan unified braking system.

Di sektor kaki-kaki, New Yamaha All New R1 menggunakan ban depan ukuran 120/70ZR17 yang telah dibekali cakram depan ganda berdiameter 320 mm, sementara ban belakang memiliki ukuran 200/55ZR17 dan menggunakan cakram belakang berdiameter 220 mm.

Suspensi New Yamaha All New R1 baik depan maupun belakang mengandalkan teknologi khusus ERS (Electronic Racing Suspension) dari Ohlins. Suspensi tersebut masih dilengkapi lagi dengan Communication Control Unit (CCU) yang juga bisa berfungsi sebagai GPS. CCU memungkinkan pengemudi untuk bisa mendapatkan data selama perjalanan, seperti kecepatan, RPM, serta rute. Data tersebut bisa dianalisis di aplikasi Yamaha Y Track di smartphone atau tablet.

WOW!  Mengupas Spesifikasi Kawasaki Ninja H2R

Selain itu struktur chassis Deltabox didesain ulang dengan frame bagian belakang memakai magnesium dan lengan ayun bermaterial alumunium. Chassis tersebut disetting lebih pendek 10 mm dari versi sebelumnya dengan harapan agar daya menikung New Yamaha All New R1 bisa semakin optimal.

MESIN

New Yamaha All New R1 menggunakan mesin crossplane berkapasitas 998 cc dengan konfigurasi 4-silinder segaris, 4-valve dan dua injektor di tiap silindernya. Untuk diketahui, crossplane adalah teknologi gerakan piston antar silinder yang sebelumnya telah digunakan Yamaha YZR-M1 di lintasan MotoGP.

Selain memiliki tenaga yang lebih halus dan merata di tiap putaran mesin, crossplane sanggup memberi dorongan tenaga yang lebih besar yakni 200 PS, atau sedikit lebih besar dibanding Yamaha R1 versi sebelumnya yang hanya sanggup mencapai 182,1 PS.

HARGA

Harga New Yamaha All New R1 varian standar dibanderol US$ 16.490 atau sekitar Rp 199 juta, sementara Yamaha R1M dibanderol 21.990 atau sekitar Rp. 268 juta khusus untuk pasar Amerika Serikat saja. Belum ada informasi resmi apakah motor ini akan dijual juga di Indonesia atau tidak, namun Mohammad Masykur selaku Asissten GM Marketing PT YIMM memperkirakan New Yamaha YZF-R akan masuk ke Indonesia pada semester kedua tahun 2020 dengan harga Rp.605.000.000.

Sebagai perbandingan, harga Yamaha R1 versi 2014 dijual dengan harga Rp 350 jutaan di Jakarta dengan kondisi paket lengkap, sementara untuk tipe yang tanpa paket dijual seharga Rp 335 juta. Besar kemungkinannya harga Yamaha All New R1 terbaru akan mengalami kenaikan ketika dijual di Indonesia nanti.

SPESIFIKASI

Mesin
Dimensi
Wheel base 1.405 mm
Overall length 2.055 mm
Overall width 690 mm 690 mm
Overall height 1.150 mm
Seat height 855 mm (R1M) 860 mm
Minimum ground clearance 130 mm
Wet weight (including full oil and fuel tank) 199 kg
Fuel tank capacity 17 litres
Oil tank capacity 3.9 litres
Rangka
Frame Almunium Deltabox
Front suspension system Upside-down telescopic fork, Ø 43 mm
Front wheel travel 120 mm
Caster Angel 24°
Trail 102 mm
Rear suspension system Swingarm (Link suspension)
Rear wheel travel 120 mm
Front brake Dual hydraulic disc, Ø 310 mm
Rear brake Single hydraulic disc, Ø 220 mm
Front tyre 120/70 ZR17M/C (58W)
Rear tyre 190/55 ZR17M/C (75W)
Kelistrikan
Ignition system TCI