Spesifikasi Kawasaki Ninja H2 Terlengkap


Tags:

Kawasaki Ninja H2 merupakan motor sport baru dengan spesifikasi yang tidak bisa disepelekan ketika digeber di jalan raya. Disebut demikian karena spesifikasi Kawasaki Ninja H2 memang benar-benar bisa membuat naluri ngebut para pemiliknya benar-benar tersalurkan, baik ketika digunakan sebagai motor touring ataupun adventure. Karena itulah tak berlebihan jika banyak yang menganggap bahwa spesifikasi Ninja H2 terlalu spesial untuk sebuah motor jalan raya.

Untuk bisa memahami bagaimana karakter sebenarnya dari Kawasaki Ninja H2, berikut ini Klub Berita hadirkan ulasan lengkapnya agar Anda tidak penasaran :

DESAIN

Dibalur dengan perpaduan warna hitam (Mirror Coated Black), chrome dan hijau, Kawasaki mengklaim bahwa cat yang digunakan yang digunakan untuk mewarnai lapisan bodi Ninja H2 adalah larutan ion perak dan zat pereduksi yang dapat membentuk lapisan perak murni di sekujur bodinya. Karena itulah tak heran jika kita dapat melihat aura tegas benar-benar terpancar dari desain motor Kawasaki yang satu ini.

Untuk menjunjang performa sekaligus pengendalian ketika digunakan untuk bermanuver dengan kecepatan tinggi, bagian frame Kawasaki H2 mendapat sokongan teralis baja dengan lengan ayun model Mounting Plate yang secara tampilah juga memberi kesan berotot dan sanggup membuat siapapun yang menungganginya jadi terlihat tambah gagah.

Memang agak mengejutkan dengan adanya fakta bahwa produsen motor Jepang menggunakan rangka teralis pada produknya. Kawasaki menyebutkan bahwa penggunaan tralis ini sendiri dikarenakan Ninja H2 butuh fleksibilitas yang lebih agar tak cuma garang di lintasan lurus saja namun juga tetap bisa stabil ketika berbelok.

Pengerjaan desain Kawasaki Ninja H2 ini juga mendapat campur tangan dari Kawasaki Aerospace Company – anak perusahaan Kawasaki yang bergerak di sektor pesawat terbang. Keberadaan mereka adalah untuk merancang Ninja H2 agar maksimal dari segi aerodinamika. Untuk mewujudkan hal tersebut maka Kawasaki Aerospace Company memilih peranti serat karbon yang terkenal kuat namun ringan dan digunakan di seluruh bodi Ninja H2.

WOW!  Spesifikasi Lengkap Yamaha All New R1

Jok Ninja H2 menggunakan konsep single-seater dan memiliki tinggi 825 mm. Karena itulah jangan harap untuk bisa membonceng di motor ini karena jok dengan konsep single-seater sengaja diaplikasikan demi menyesuaikan dengan tujuannnya sebagai motor yang memprioritaskan pada akselerasi dan kecepatan tinggi.

Kawasaki Ninja H2 memiliki dimensi panjang 2.085 mm, lebar 770 mm, dan tinggi 1.125 mm, sementara jarak sumbu roda dibuat 1.455 mm dengan jarak ground clearance (tanah dengan motor) sekitar 130 mm, dan bobot total mencapai 238 kg. Lengan ayun satu sisi ada di kiri, menggantung pada rangka trellis yang diklaim sangat rigid dan mampu menyerap getaran.

Salah satu yang spesial dari desain Kawasaki Ninja H2 adalah adanya emblem ‘The River Mark‘ – sebuah emblem spesial yang hanya diperuntukkan bagi motor- motor Kawasaki yang dianggap spesial nan bersejarah. Emblem ‘The River Mark’ ini seolah menegaskan bahwa Kawasaki Ninja H2 merupakan salah satu masterpiece yang pernah diciptakan oleh Kawasaki.

MESIN

Mesin Kawasaki Ninja H2 memiliki kapasitas 998cc dengan tipe DOHC, 4-silinder segaris, dan berpendingin cairan. Dengan mesinnya tersebut, Kawasaki Ninja H2 bisa memuntahkan tenaga hingga 200 hp (angka tepatnya 197 hp), dengan torsi puncak 144,5 Nm pada putaran mesin 10.500 rpm.

Untuk memberi tambahan tenaga, mesin Ninja H2 turut dibekali supercharger yang juga dipakai oleh sang adik ‘Ninja H2R‘. Hanya saja tenaganya dipangkas alias direduksi dari 300 hp menjadi 200 hp. Hal ini sengaja dilakukan untuk membedakan spesifikasi Kawasaki Ninja H2 dari Ninja H2R, sekaligus untuk mematuhi regulasi batas tenaga yang berlaku untuk motor jalan raya. Pun demikian tenaga Ninja H2 juga masih bisa bertambah sekitar 10 hp jika sang pengendara mengaktifkan RAM Air.

WOW!  Navia Shuttle Self-Driving Car

FITUR

Sebagai motor jalan raya yang bisa dibawa ngebut dengan kecepatan tinggi, Kawasaki H2 telah dibekali dengan fitur keselamatan berupa perangkat rem dari Brembo dengan cakram berukuran 330 mm di bagian depan, dan cakram berukuran 250 mm di bagian belakang. Dijejali pula kaliper semi-floating, dan radial-mount monoblok pada pengereman tersebut, lengkap dengan Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System (KIBS).

Di sektor kaki-kaki, spesifikasi Kawasaki H2 menggunakan roda ukuran 120/70 ZR17 M/C di depan dan 200/55 ZR17 M/C di belakang. Sementara di dashboard, Ninja H2 telah dibekali dengan Kawasaki Traction Control (KTRC) dan Kawasaki Launch Control (KLCM), dua fitur canggih yang dapat memberi informasi sekaligus membantu pengendara ketika sedang menunggangi motor baru Kawasaki tersebut baik dalam kecepatan tinggi maupun rendah.

Sementara untuk mengoptimalkan sistem kerja peredam alias shockbreaker, Kawasaki H2 dibekali suspensi KYB pada bagian depan dan belakang yang sepenuhnya disesuaikan dengan karakter motor. Kemudian teknologi canggih Ohlins electronic steering damper juga sengaja disematkan demi menunjang performa terutama agar bisa dikendalikan dengan baik.

HARGA

Sebagai motor dengan spesifikasi yang beringas, sangat wajar jika harga Kawasaki Ninja H2 dibuat cukup mahal. Sebagai informasi, saat ini harga resmi Kawasaki Ninja H2 baru tersedia untuk kawasan Eropa saja dan belum ada kepastian jelas mengenai berapa harga Kawasaki Ninja H2 jika dijual di Indonesia kelak.

Berikut harga Kawasaki Ninja H2 untuk konsumen di Amerika Serikat dan Inggris :

Harga Kawasaki Ninja H2 di Amerika Serikat : US$ 25.000 – sekitar Rp. 303 juta
Harga Kawasaki Ninja H2 di Inggris : UK£ 22 000 – sekitar Rp. 419 juta

SPESIFIKASI

WOW!  Harga Motor CBR 125 dari Tahun 2015 Hingga 2020
SPESIFIKASI POWER
Engine Liquid-cooled, 4-stroke in-line four
Displacement 998cc
Bore x Stroke 76.0 x 55.0mm
Compression ratio 8.5:1
Fuel System DFI® 50mm throttle bodies x 4 with dual injection
Intake System Kawasaki supercharger
Ignition Digital
TransmissioN 6-speed, return, dog-ring
Final Drive Chain
SPESIFIKASI PERFORMA
Front Suspension / Wheel Travel 43mm inverted fork with rebound and compression damping, spring preload adjustability and top-out springs / 4.7 in
Rear Suspension / Wheel Travel NEW Uni-Trak® with gas-charged shock, piggyback reservoir, dual-range (high/low speed) compression damping, rebound damping and preload adjustability, and top-out spring / 5.3 in
Front Tire 120/70 ZR17 M/C (58W)
Rear Tire 200/55 ZR17 M/C (78W)
Front Brakes Dual radial-mount, opposed 4-piston calipers, dual semi-floating 330mm discs, KIBS ABS
Rear Brakes Opposed 2-piston calipers, single 250mm disc, KIBS ABS
Cooling System Water-cooled
SPESIFIKASI DETAIL
Frame Type Trellis, high-tensile steel, with swingarm mounting plate
Rake/Trail 24.5 degrees / 4.1 in
Overall Length 82.1 in
Overall Width 30.3 in
Overall Height 44.3 in
Ground Clearance 5.1 in
Seat Height 32.5 in
Lubrication Forced lubrication, wet sump with oil cooler
Curb Weight 524.8 lb
Fuel Capacity 4.5 gal
Wheelbase 57.3 in
Color Choices Mirror Coated Black
Warranty 12 month Limited Warranty
Kawasaki Protection Plus™ (optional) 12, 24, 36 or 48 months