Spesifikasi All New Honda Vario 150, Dijamin Bikin Betah Berkendara

honda vario 150

Bagi Anda yang notabennya merupakan pecinta motor matic dan ingin merasa betah berlama – lama dengan motor matic, ada satu produk terbaik dari Honda yang sangat cocok menjadi teman beraktivitas Anda.

Motor tersebut adalah sepeda motor Honda Vario 150. Motor yang satu ini dibuat dengan konsep yang berbeda dengan motor matic Honda sebelum – sebelumnya. Dari sisi desain sampai dengan konfigurasi mesin – mesinnya memberikan hal baru yang menjadikan sensasi berkendara dengan Vario 150 berbeda dengan motor besutan Honda yang lainnya.

Jika Anda ingin tahu seperti apa spesifikasi All New Honda Vario 150, berikut informasi selengkapnya yang penting Anda tahu!

Review Spesifikasi All New Honda Vario 150

Mesin Honda Vario 150

Mesin Honda Vario 150 merupakan mesin terbaru dan mesin masa kini yang pastinya memberikan dukungan teknologi yang ramah lingkungan dan ramah bahan bakar. Pada sektor permesinannya, Vario 150 cc didukung dengan tipe mesin 4 langkah, SOHC dengan didukung sistem pendingin cairan.

Pada bagian bahan bakarnya pun, sistem tipe 150 cc ini didukung suplai bahan bakar PGM-F1 yang merupakan versi terbaru sistem bahan bakar pada motor. Sistem ini yang disebut dengan sistem injeksi pada motor.

Tipe transmisinya menggunakan transmisi otomatis V-matic dengan rasio kompresi 10,6 : 1. Daya maksimalnya 9,7 kW dengan torsi 13,1 PS yang bisa berakselerasi pada putaran 8500 rpm. Kemudian torsi maksimumnya mencapai 13,4 Nm dengan putaran 5000 rpm.

Pada bagian starter, Honda Vario 150 cc ini didukung tipe starter elektrik dengan kopling yang menggunakan sistem Automatic Centrifugal Clutch Dry Type.

Rangka dan suspensi kaki – kaki

Bagian rangka dan suspensi kaki – kakinya juga sangat diperhatikan. All New Honda Vario 150 didukung dengan tipe rangka Underbone dan memiliki tipe suspensi depan telescopik. Sementara sistem suspensi belakang memanfaatkan teknologi swing arm dengan suspensi tunggal.

Untuk ukuran bannya, di bagian depan didukung ban berukuran 90/80, sementara di bagian belakang menggunakan ukuran ban 100/80. Keduanya sama – sama menggunakan tipe ban tubeless. Sistem remnya juga sangat diperhatikan.

Vario 150 cc ini dibekali dengan rem depan yang menggunakan cakram hidrolik dengan piston tunggal. Sementara bagian rem belakang menggunakan sistem tromol dimana sistem pengeremannya menggunakan combi brake system.

Kabarnya, sistem pengereman tersebut merupakan sistem pengereman yang sangat gesit dan sangat aman. Dengan sistem pengereman tersebut, menjadikan pengguna akan merasakan sensasi berkendara dengan kepuasan yang sangat nyata.

Dimensi dan berat

Siapa pun akan merasa sangat nyaman bersama All New Honda Vario 150 cc ini. Motor yang satu ini merupakan sebuah motor yang dimensi panjangnya sangat sempurna. Anda yang merupakan orang dengan tinggi 170 cm ke bawah akan merasa bahwa motor ini adalah motor yang ideal untuk Anda.

Panjang motor 1919 mm dengan lebar 679 mm dan tinggi 1062 mm. Kemudian tinggi tempat duduknya mencapai 769 mm. Jarak sumbu rodanya 1280 mm dengan jarak terendah ke tanah sebesar 132 mm dan curb weight sebesar 112 kg. Hal tersebut sebenarnya sudah menjadi bagian yang cukup sempurna dari Vario.

Akan tetapi yang masih menjadi masalah adalah jarak tempat duduk dengan bagian depan yang sangat pendek. Hal ini menjadikan pengendara yang bertubuh tegap dan tinggi utamanya yang tingginya diatas 170 cm akan kurang merasa nyaman dengan bagian depan yang pendek.

Karena itu kebanyakan orang yang bertubuh diatas 170 cm akan memilih duduk dengan posisi agak ke belakang. Tujuannya adalah agar lebih leluasa dalam berkendara sehingga jaraknya masih bisa dikendalikan walau bagian depannya cenderung sempit.

Kapasitas bahan bakar

Untuk kapasitas bahan bakarnya sudah cukup mumpuni. Anda bisa berkendara sepanjang 35 km tanpa butuh berulang kali mengisi bahan bakar. Kapasitas tangki bahan bakar dari Vario 150 cc ini sebesar 5,5 liter dengan kapasitas minyak pelumas 0,8 liter di sistem penggantian periodic.

Sistem penerangan

Sistem kelistrikan motor Honda ini menggunakan aki. Tipe baterai atau aki dari All New Honda Vario 150 menggunakan baterai MF 12V-5 AH. Sistem pengapiannya menggunakan full transistorized dengan tipe busi NGK CPR9EA-9/ Denso U27EPR9. Kemudian di bagian depan, lampu yang digunakan sebagai bagian dari sistem penerangannya menggunakan lampu LED 2,6 W x 2 (low), 5,2 W x 2 (high).

Sistem penerangan tersebut merupakan sistem penerangan standar yang tidak hanya digunakan Honda melainkan beberapa vendor yang lain termasuk Yamaha juga masih menggunakannya.

Anda yang tertarik membeli motor irit bahan bakar dan dibanderol harga murah, Anda bisa membawa pulang All New Honda Vario 150 ini. Dijamin berkendara akan sangat betah bersamanya.