Sosok New Honda Supra X 125 FI


Tags:

PT Astra Honda Motor (AHM) kembali merilis motor terbaru di 2014. Kali ini Honda merombak motor bebek andalannya yakni Supra X versi baru yang mengusung nama New Supra X 125 FI (Fuel Injection).

Sejumlah pengembangan telah dilakukan untuk menjadikan Supra X versi anyar lebih baik ketimbang versi sebelumnya. PT AHM bahkan optimis Supra X model baru yang mengisi kelas cub high (bebek kelas atas) ini akan lebih disukai oleh konsumen lantaran mengusung desain dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Honda Supra sendiri jika dihitung sudah mengaspal di Indonesia sejak tahun 1997 silam. Supra yang kemudian bertransformasi menjadi Supra X termasuk salah satu motor bebek yang masih bisa bertahan hingga saat ini, di tengah perubahan minat konsumen yang sekarang cenderung lebih meyukai motor matik.

Jika Anda termasuk orang yang dalam waktu dekat berniat untuk membeli motor bebek, khususnya Honda Supra X. Ada baiknya untuk mengetahui lebih dekat bagaimana sosok dari Honda Supra X 125 versi terbaru ini. Berikut Review New Honda Supra X 125 FI ala Klub Berita :

DESAIN

Secara umum, desain New Honda Supra X 125 FI mengusung tiga konsep yakni sporty-luxury, ramping, dan fungsional. Meskipun tidak tampak berubah banyak dibanding generasi sebelumnya, namun New Supra X 125 FI mengalami bebera perubahan bentuk yang bisa terlihat dari desain lampu depan terbaru dengan multireflektor ganda yang terintegrasi dengan tameng angin.

Desain sayap tetap mempertahankan gaya tajam dan ramping seperti pendahulunya, namun tetap memperhitungkan ruang kaki. Kemudian lampu seinnya yang menyatu dengan lampu senja selain memiliki model baru dan dilengkapi inner lens, secara dimensi juga dibuat lebih besar. Mungkin hal ini dimaksudkan agar lebih mudah dilihat pengguna jalan lain.
Sementara di bagian belakang, sektor tail light (stoplampnya) tampak lebih tajam karena memakai jenis LED 6 titik. Desainnya sendiri terlihat meruncing dan terlihat sporty.

WOW!  Honda Acura NSX Akan Dijual di Indonesia?

Tampilan desain baru lainnya juga terlihat pada knalpot dengan pelindung panas krom, serta panel meter kombinasi analog digital yang terlihat futuristic namun mudah dibaca.

Untuk memberi kemudahan serta kenyamanan saat berkendara, jok New Honda Supra X 125 FI dibuat ergonomic dengan posisi riding 0,6 cm lebih rendah dibanding edisi terdahulu.

FITUR BARU
Selain mengusung desain yang lebih segar, New Supra X 125 FI juga dibekali dengan sederet fitur baru untuk melengkapi fitur-fitur yang sudah ada pada Honda Supra X lawas.

Berikut beberapa fitur baru New Supra X 125 FI :

1. Bagasi (Boks Penyimpanan) Lebih Besar

Meski diklaim lebih ramping dari generasi sebelumnya, namun bagasi alias boks penyimpanan Supra X 125 baru kini memiliki volume yang lebih besar, yakni 7,3 liter.

2. Power Charger

Di dalam bagasi Honda Supra X 125 FI, disematkan fitur unik yang cocok dengan gaya hidup anak muda Indonesia yakni socket pengisian daya baterai perangkat elektronik alias power charger. Dengan sumber listrik berdaya 12 watt, alat ini bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai beberapa perangkat elektronik seperti telepon genggam, tablet atau gadget lainnya menggunakan kabel tambahan.

3. Kunci Kontak Bermagnet + Kunci Jok

Untuk menjamin keamanan New Supra X 125 FI dari pencurian, kunci kontaknya sekarang sudah diberi pengaman bermagnet otomatis (Secure Key Shutter). Dan sama dengan langkah yang diambil kompetitornya, kunci kontak dengan kunci jok Honda Supra X 125 kini terintegrasi dalam satu ‘lubang’ saja. Dengan begitu diharapkan fungsi ini mampu mendukung aktifitas pengendara yang ingin agar semuanya jadi lebih praktis dan efisien.

4. Gantungan Barang + Pengait

Fitur ini bentuknya sangat sederhana namun sangat besar fungsinya. Dengan adanya gantungan barang yang sudah dilengkapi dengan pengait, sekarang pengguna Honda Supra X tidak perlu khawatir lagi ketika menggantung barang di sepeda motor, karena sangat kecil kemungkinannya barang tersebut tiba-tiba jatuh di jalan.

WOW!  Intip Gaya Hidup Valentino Rossi ketika Italia di Lock Down

MESIN

Di sektor mesin, Honda Supra X 125 terbaru masih tetap menggunakan spek generasi sebelumnya yakni mesin berkapasitas 124,89 cc, empat tak SOHC. Yang membuatnya spesial, mesin Honda Supra X 125 yang baru kini didukung dengan sistem injeksi PGM-FI, yang sudah barang pasti lebih baik ketimbang sistem karbu.

Mesin Honda Supra X 125 diklaim sanggup menghasilkan tenaga 10,1 PS pada 8.000 rpm dengan torsi 9,30 Nm (0,95 kg-m) pada 4.000 rpm.

KONSUMSI BAHAN BAKAR

Meski diklaim lebih ramping, namun kapasitas tangki Honda Supra X 125 yang baru meningkat 7,5 persen menjadi 4 liter. Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma mengklaim, dengan teknologi PGM-FI Supra X terbaru lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Keiritan Supra X FI terbaru ini diklaim mampu menghemat sekitar 23 persen konsumsi bahan bakar jika dibandingkan dengan varian konvensional. Bisa dikatakan Supra X FI ini mampu menempuh jarak sekitar 61,8 km/liter (metode ECE R40).

HARGA

New Honda Supra X 125 FI hadir dengan dua pilihan, yakni versi Energetic Red dan Quantum Black. Untuk Spoke Wheel hadir dengan tiga warna : hitam (Stylish Black), hitam-merah (Graceful Red) dan hitam-biru (Fabulous Blue). Sedangkan Cast Wheel dilengkapi dengan empat pilihan warna : hitam (Stylish Black), hitam-merah (Graceful Red), hitam-putih (Luxury White) dan hitam-biru (Fabulous Blue).

Berikut ini daftar harga New Honda Supra X FI dengan status On the Road Jakarta :

New Honda Supra X 125 FI – tipe Energetic Red : Rp 19,247 juta