Rolls-Royce Ghost Series II


Pabrikan mobil asal Inggris, Rolls-Royce memanfaatkan ajang otomotif Geneva Motor Show untuk memperkenalkan mobil terbarunya tahun ini yaitu Rolls-Royce Ghost Series II.

Rolls-Royce Ghost merupakan sedan empat pintu dengan tata letak mesin depan. Mobil yang banyak diminati oleh orang-orang kaya di dunia ini diproduksi di pabrik perakitan milik Rolls-Royce yang terletak di Goodwood, West Sussex, Inggris.

Rolls-Royce Ghost Series II sendiri merupakan pengembangan dari varian sebelumnya yang dirakit pada tahun 2009 silam. Meskipun hanya mendapat minor change, namun langkah yang dilakukan oleh Rolls-Royce ini bisa dibilang cukup mengejutkan. Disebut demikian lantaran Rolls-Royce selama ini memang lebih dikenal sebagai pabrikan yang jarang melakukan penyegaran terhadap mobil-mobil yang telah mereka produksi. Kalaupun ada, biasanya butuh waktu yang cukup lama sebelum sebuah model mendapat versi penyegaran. Contohnya saja Rolls-Royce Phantom yang diperkenalkan pada 2003 silam baru mendapat versi penyegaran (series II) pada 2020.

Rolls-Royce Ghost Series II mendapat cukup banyak penyegaran mulai dari sisi eksterior, interior hingga dapur pacunya. Yuk kita ulas sedikit bagaimana sih penampakan dari mobil baru Rolls-Royce tersebut.

EKSTERIOR

Rolls-Royce Ghost Series II yang dipajang di Geneva Motor Show terlihat mendapat sentuhan baru pada bagian eksteriornya, terutama pada sektor depan yang mendapat revisi cukup mencolok. Lampu depannya tidak lagi persegi panjang seperti versi sebelumnya, diganti dengan desain lampu yang memiliki ‘coakan’ ke bagian bawah di ujungnya. Yang menarik, kini sistem pencahayaan Rolls-Royce Ghost sudah menganut Daytime Running Light yang mengelilingi lampu depan utama berteknologi LED.

Beberapa perubahan kecil juga terlihat pada kap mesin dan bumper yang sekarang lebih besar dibandingkan Ghost versi lawas. Lekukan di sekitar lampu dan bagian atas ujung fender depan yang sebelumnya nampak tegas, kini hadir dengan lekuk lebih halus. Rolls-Royce juga menyisipkan ornamen krom tipis di bagian air intake-nya.

WOW!  Review Nissan New X-Trail Indonesia

INTERIOR


Beralih ke dalam kabin, interior Rolls-Royce Ghost Series II mendapat penyegaran berupa sistem pengontrol digital yang telah mendapat penyempurnaan lewat desain baru, serta kursi yang sekarang sudah full support elektronik.

Beberapa fitur baru nan canggih juga telah ditambahkan untuk menambah kesan spesial dari sebuah Rolls-Royce Ghost Series II. Diantaranya yaitu fasilitas Wi-Fi untuk memudahkan seluruh pengguna mobil agar bisa mengakses internet melalui beragam perangkat dengan bebas.

Kemudian juga ada fasilitas opsional baru berupa Bespoke Audio system dilkaim oleh Rolls-Royce merupakan perancangan sistem audio paling mendalam dan terbaik dalam sejarah industri otomotif yang sanggup menyajikan tata suara berkualitas tinggi kepada penumpang kendaraan. Lalu tak ketinggalan sebuah layar monitor multi fungsi berukuran 10,25 inci, yang juga ditemani dengan sebuah touchpad.

DAPUR PACU

Di sektor pemberi tenaga, mesin Rolls-Royce Ghost Series II masih sama dengan generasi sebelumnya yakni mesin V12 turbocharged berkapasitas 6,6 liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis ZF 6-speed.

Berbekal mesinnya tersebut, Rolls-Royce Ghost Series II mampu berakselarasi dari 0 sampai 100 km/jam dalam waktu 4,8 detik. Dimana daya yang dihasilkan mesin sanggup mencapai 563 hp (420 Kw) dengan torsi dengan torsi 780 Nm (79,5 kgm).

Demi memberikan pengalaman berkendara terbaik bagi penggunanya, teknologi SAT (Satellite Aided Transmission) yang sebelumnya telah digunakan pada model Ghost versi sporti tahun lalu yakni Rolls-Royce Wraith fastback turut dibenamkan ke dalam Rolls-Royce Ghost Series II. Lewat teknologi canggih ini maka mobil dapat menentukan pilihan gigi yang tepat berdasarkan pada perkiraan kondisi jalan di depan.

Dengan begitu maka perpindahan gigi transmisi dapat berlangsung lebih tepat dan lebih cerdas berdasarkan pada topologi, peta jalan dan data penting lainnya sehingga pengemudi dan penumpang bisa merasakan laju kendaraan yang halus tanpa terputus.

WOW!  Ferrari LaFerrari FXX K Evo