Review Nissan New X-Trail Indonesia


Tags:

Di peta pasar kendaraan roda empat Tanah Air, Nissan New X-Trail yang dirakit di Indonesia (CKD) masuk dalam kelas Medium SUV. Mobil ini memiliki kompetitor di kelas serupa yang terdiri dari Mazda CX-5, Honda CR-V H,yundai Tucson, dan Kia Sportage.

Untuk mengenal Nissan New X-Trail lebih dekat, kali ini klubberita.com akan mengulas secara lengkap seputar Review Nissan New X-Trail Indonesia. Informasi ini sangat bermanfaat terutama bagi Anda yang dalam waktu dekat ingin membeli Nissan New X-Trail.

Berikut ini Review Nissan New X-Trail Indonesia ala Klub Berita :

EKSTERIOR

DIMENSIONS & CAPACITIES

  • Wheelbase (mm)

    2705

  • Ground Clearance (mm)

    210

  • Overall Length (mm)

    4690

  • Overall Width (mm)

    1830

  • Overall Height (mm)

    1740

  • Curb Weight (kg)

    1604

  • Max Weight (kg)

    2170

 

Desain

Eksterior Nissan New X-Trail benar-benar hadir dengan tampilan yang beda dibanding pendahulunya (versi yang lama). Tampang lawas yang identik dengan bodi mengotak (box) sudah ditinggalkan, berganti dengan tampang penuh lekukan yang membuatnya jadi lebih modern.

Tampak Depan : Jika dibandingkan dengan Nissan X-Trail lama, khusus pada Nissan New X-Trail ini tampilan depannya sudah menganut desain global Nissan. Terlihat dari headlamp sipitnya yang sudah mengaplikasi teknologi LED, bentuk bumper dengan lekukan tajam, serta grill V-Shape yang menggunakan konsep city cruiser.

Tampak Samping : Kesan lebih berkarakter lebih berkarakter kian terasa berkat lekukan-lekukan streamline yang dianutnya. Lalu molding plastik yang berawal dari bumper depan terus berlanjut ke sisi samping hingga bagian belakang mobil.

Tampak Belakang : Dilihat dari belakang, sebuah spoiler dan chrome tampak menghiasi list plat nomor belakang. Lalu jika dibandingkan dengan Nissan X-Trail lama yang mana lampunya diletakkan di pilar, khusus pada Nissan New X-Trail kini telah dipindah ke bagian pinggul.

Kaki-Kaki : Untuk urusan kaki-kaki, ban dan velg Nissan New X-Trail tersedia dalam 2 jenis yang berbeda. Khusus untuk varian 2.0 CVT, velg yang digunakan berukuran 17 inchi dan dibalut ban Dunlop Grandtrek dengan ukuran 225/65, sementara pada varian 2.5 CVT, velg yang digunakan berukuran 18 inch dan dibalut Dunlop Grandtrek dengan ukuran 225/60.

Perubahan tampilan tersebut membuat eksterior Nissan New X-Trail tidak saja tampak segar, namun juga sekaligus membuatnya tampak lebih bertampang internasional.

INTERIOR

Interior Nissan New X-Trail hadir dengan konsep mewah, dinamis dan sporty. Memadukan unsur warna hitam di hampir setiap sudut kabin menjadikannya tampak elegan dan selaras.

Dashboard Nissan New X-Trail menggunakan material soft touch yang membuatnya terasa lembut ketika disentuh. Sementara kursinya menggunakan material dari fabric yang lembut seperti beludru (untuk Nissan New X-Trail varian terendah), dan material dari kulit untuk Nissan New X-Trail varian tertinggi.

Baris Pertama : Baik pengemudi maupun penumpang di depan bisa mendapat kenyamanan ekstra karena jok baris pertama telah dibekali dengan spinal suppport technology. Fitur ini berfungsi untuk menopang tulang belakang dengan sempurna sehingga pengemudi tidak gampang pegal.

WOW!  Lorenzo Geber Mobil Balap Ferrari

Baris Kedua : Harus diakui bahwa penambahan wheelbase sebanyak 75 mm membuat kabin Nissan New X-Trail jadi lebih luas dibanding Nissan X-Trail lawas. Efek dari hal ini maka legroom di baris kedua jadi kian lapang dan nyaman. Ditambah lagi dengan adanya fitur reclining yang bisa memberikan kenyamanan tersendiri bagi para penumpang.

Baris Ketiga : Tidak seperti Nissan X-Trail versi lawas, khusus pada Nissan New X-Trail kini juga telah dibekali jok baris ketiga sehingga mampu membawa 7 penumpang. Hanya saja mengingat bentuknya yang relati kecil dan tidak begitu luas membuatnya lebih berfungsi sebagai kursi anak kecil dan kurang cocok jika digunakan untuk penumpang dewasa.

BAGASI

Bagasi Nissan New X-Trail memang tidak terlalu luas, namun untungnya jok baris ketiga dan jok baris kedua bisa dilipat sebagai tambahan ruang. Yang unik, Nissan New X-Trail memiliki tirai penutup agar barang bawaan yang ada di bagasi tidak terlihat dari luar.

Kalau masih kurang, tersedia sebuah ruang penyimpanan tersembunyi di belakang bangku baris ketiga (Under Ttray Storage), yang berfungsi untuk menyimpan beberapa perlengkapan seperti toolkit dan yang lainnya. Jadi tidak perlu khawatir lagi jika Anda harus berkendara dengan bawaan yang banyak.

FITUR HIBURAN

Fitur hiburan Nissan New X-Trail terdiri dari dari layar 5 inci LCD QVGA yang dapat digunakan sebagai sarana multimedia, dengan sokongan speaker empat titik dengan kualitas suara yang cukup baik.

Lalu konektivitas AUX In + USB yang telah kompatibel dengan iPod.

FITUR KENYAMANAN

Fitur kenyamanan merupakan salah satu faktor penting yang harus ada di dalam sebuah mobil. Dan untungnya Nissan New X-Trail cukup jeli untuk memberikan kenyaman tersendiri, baik bagi pengemudi maupun penumpangnya.

Bagi pengemudi, selain bisa duduk dengan nyaman berkat spinal suppport technology yang membuat tubuh tidak gampang pegal, memantau konsumsi BBM juga dapat dilakukan dengan mudah lewat layar MID yang telah tersedia.

Pengemudi juga dapat mengontrol sistem audio lewat Switch Audio Control yang terletak di setir. Selain itu, khusus untuk varian transmisi manual, rem parkirnya juga telah mengadopsi sistem elektrik (Electronic Parking Brake ) yang berfungsi menggantikan tuas rem tangan karena berpotensi mengganggu ruang konsol tengah jika diaplikasikan.

Bagi penumpang, selain sandaran kursinya menjadi lebih nyaman karena telah dibekali dengan fitur reclining, AC atau penyejuk udara juga bisa menyebarkan angin hingga ke baris kedua lantaran adanya ventilasi AC yangdipasang di belakang konsol tengah. Dengan begitu tidak ada lagi kata kepanasan ketika duduk di belakang supir.

FITUR UNGGULAN

Khusus untuk varian 2.0 CVT dan 2.5 CVT, dilengkapi fitur unggulan berupa pintu bagasi otomatis yang terintegrasi dengan fitur smart key. Hanya dengan menggerakkan tangan di sensor yang terletak di bawah emblem Nissan di pintu bagasi atau dengan menekan tombol yang terletak di dasbor sisi kanan pengemudi, pintu bagasi Nissan New X-Trail dapat terbuka secara otomatis.

WOW!  Modifikasi Toyota Sienna Jadi Spongebob

Fitur unggulan Nissan New X-Trail lainnya adalah cooler box yang mirip dengan milik Nissan X-Trail generasi pertama. Terletak di konsol tengah, fitur ini dapat digunakan untuk menyimpan minuman dingin di dalam mobil dengan memanfaatkan udara dingin dari AC.

Fitur unggulan Nissan New X-Trail berikutnya adalah kamera parkir dengan visualisasi bird-view angle yang menampilkan pandangan 360 derajat di sekeliling mobil. Dengan fitur ini, pengemudi dapat melihat sekeliling mobil dengan visualisasi yang diambil dari empat kamera super wide angle yang diletakkan di bagian depan, samping dan belakang kendaraan, yang kemudian diteruskan ke monitor yang ada di dasbor. Kamera ini akan menyala otomatis saat tuas transmisi dimasukan ke posisi R. Namun sebagai catatan, fitur ini hanya ada pada varian 2.0 CVT dan 2.5 CVT saja.

Selain 3 fitur unggulan di atas, Nissan New X-Trail juga dibekali dengan head unit terintegrasi, stability control, kontrol AC dengan pengatur suhu digital, tombol ECO, dan Chassis Control Unit yang memadukan teknologi Active Ride Control, Active Engine Brake, dan Active Trace Control guna kenyamanan dalam berkendara.

FITUR KESELAMATAN & KEAMANAN

Fitur keselamatan yang disematkan pada Nissan New X-Trail antara lain berupa ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), BA (Brake Assist), dual srs airbags, Seatbelt, 4 buah sensor parkir, Hill Start Assist, Traffic Sign Recognition, Active Ride Control, Active Engine Braking, Active Trace Control, dan Vehicle Dynamic Control.

Sementara fitur keamanan Nissan New X-Trail agar terhindar dari ancaman pencurian terdiri dari Immobilizer dan Vehicle Security System.

DAPUR PACU

Nissan New X-Trail tersedia dalam 2 pilihan mesin bensin, yaitu :

Mesin 1.997 cc (2.0 liter) dengan kode mesin : MR20DD
Mesin ini mirip dengan mesin yang digunakan Nissan Serena. Mesin ini sanggup memberi dorongan tenaga hingga 144 ps di 6.000 Rpm dan torsi 20.4 Kgm di 4.400 rpm.
Mesin 2.488 cc (2.5 liter) dengan kode mesin : QR25DE
Mesin ini mirip dengan mesin yang digunakan Nissan X-Trail generasi sebelumnya. Mesin ini sanggup memberi dorongan tenaga hingga 171 ps di 6.000 Rpm dan torsi 23.9 Kgm pada 4.000 rpm.
Sementara untuk transmisi, Nissan New X-Trail tersedia dalam 3 pilihan, yaitu transmisi manual 6-speed dan CVT untuk mesin 2.0 liter, serta transmisi CVT untuk mesin 2.5 liter.

PERFORMA

Performa Nissan New X-Trail terasa lebih baik dibanding pendahulunya, terlebih dengan penerapan Chassis Control Unit yang memadukan teknologi Active Ride Control, Active Engine Brake, dan Active Trace Control.

WOW!  Mobil Nissan Juke Ala Militer

Adapun fungsi ketiga teknologi tersebut antara lain :

  • Active Ride Control : meredam ayunan suspensi yang berlebih saat mobil sedang melewati jalan bergelombang.
  • Active Engine Braking : membantu sistem pengereman agar lebih efisien.
  • Active Trace Control : menjaga agar mobil tetap berada di jalurnya saat permukaan jalan licin ataupun saat mobil sedang menikung.
  • Mengingat fungsi Nissan New X-Trail yang sekarang dibuat sanggup untuk menampung 7 penumpang, hal ini sedikit banyak berpengaruh pada ayunan suspensi Nissan New X-Trail yang terasa sedikit lebih rigid dibandingkan Nissan X-Trail versi lawas. Kondisi lumayan terasa saat Nissan New X-Trail dibawa untuk melintasi jalan yang tidak rata atau jalan berlubang. Pun demikian efek positif dari set suspensi yang lebih rigid ini membuat kedinamisannya bertambah, tepatnya saat bermanuver di jalan aspal.

KONSUMSI BBM

Menurut klaim resmi dari Nissan, konsumsi BBM Nissan X-Trail 2.0L sanggup mencapai 15.6 hingga 16.4 km/liter. Sementara konsumsi BBM tol Nissan X-Trail 2.5 CVT adalah 16,5 km/liter.

VARIAN & WARNA

Nissan New X-Trail tersedia dalam 3 varian, antara lain :

Nissan New X-Trail 2.0L – menggunakan transmisi manual 6-percepatan
Nissan New X-Trail 2.0L – menggunakan transmisi CVT
Nissan New X-Trail 2.5L – menggunakan transmisi CVT
Sementara untuk kelirnya, Nissan New X-Trail tersedia dalam 5 warna yaitu :

Premium Bronze Metallic
Floral White
Phantom Black
Smokey Grey Metallic
Diamond Silver Metallic

HARGA

Berikut ini daftar harga Nissan New X-Trail :

Harga Mulai

Rp 547.700.000

KESIMPULAN

Image mobil jadul tak lagi pantas melekat pada Nissan New X-Trail karena desain eksterior-nya yang benar-benar baru dan terlihat lebih modern.

Interior Nissan New X-Trail tampak mengunggulkan kemewahan dari segi tampilan, dan kenyamanan dari segi penggunaan. Hanya saja bangku di baris ketiga terasa kurang memuaskan jika digunakan untuk penumpang dewasa.
Fitur-fitur canggih yang dimiliki Nissan New X-Trail patut diacungi jempol karena memberikan sensasi berkendara yang lebih baik.

Performa Nissan New X-Trail dapat diandalkan, sesuai dengan image Nissan yang selama ini memang terbukti handal dari segi kemampuan mesin.
Harga Nissan New X-Trail cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kompetitor, mengingat fitur-fitur yang ditawarkan serta kelebihan lainnya yang tidak dimiliki oleh mobil lain di kelasnya.

Dibandingkan Mazda CX-5, Honda CR-V, Hyundai Tucson, dan Kia Sportage, bisa dikatakan bahwa Nissan New X-Trail masuk dalam kategori value for money. Karena menawarkan kemewahan, kecanggihan dan performa yang mumpuni sebagai kendaraan yang bisa digunakan untuk mobil keluarga.

Pun demikian, pilihan kami kembalikan lagi pada selera masing-masing. Jika menurut Anda artikel Review Nissan New X-Trail Indonesia ini masih memiliki beberapa poin yang terasa kurang, mohon koreksi kami melalui kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.