Polaris RZR PRO XP Ultimate – Jagoan Melibas Segala Medan Speed Off-road


Tags: , ,

Polaris RZR PRO XP Ultimate merupakan salah satu merk off road mini dua penumpang yang dikeluarkan oleh Polaris sebagai sebuah kendaraan yang membidik target para penyuka kendaraan utility terrain vehicle. Konon katanya RZR PRO XP Ultimate yang masuk dalam seri RZR ini terkenal tangguh dan memiliki kemampuan tinggi dalam melibas tantangan medan ala off road. Kabar tersebut bukan hanya isapan jempol belaka mengingat prestasi yang telah dicatatkan Polaris hingga tahun lalu masih menjadi pemain tak terkalahkan sebagai produsen UTV dua kursi. Posisi mereka baru mulai tersaingi ketika Can-Am memproduksi Commander 800 dan Commander 1000.

EKSTERIOR

Hadir tanpa pintu, Polaris RZR PRO XP Ultimate memiliki berat total sekitar 795 kg dengan velg alumunium. Hampir seluruh bodi RZR PRO XP Ultimate terbuat dari plastik kecuali sasis dan pipa roll cage. Untuk daya angkutnya, RZR PRO XP Ultimate dapat menampung berat total hingga 370kg.

Boleh dibilang, kendaraan Polaris RZR PRO XP Ultimate ini terlihat sangat kompak dari sisi panjang dan lebar, serta menggunakan beberapa parts yang lazim digunakan pada kendaraan balap speed off-road lainnya. Selain itu dengan ground clearance 33 cm maka RZR PRO XP Ultimate rasanya tidak perlu diragukan lagi kebandelannya ketika dibawa turun melintasi medan yang beragam.

INTERIOR

Masuk kabin, RZR PRO XP Ultimate hanya punya 2 tempat duduk semi bucket dengan safety belt 4 titik yang posisinya tak bisa diatur. Panel indikator cukup komplet menampilkan beragam info seperti kecepatan, temperatur dan lampu-lampu. Menghidupkan mesin sama seperti kendaraan konvensional lainnya dengan kunci kontak. Begitu menyala, mesin pun menderum halus dengan getaran minim.

DAPUR PACU

WOW!  Spesifikasi Genio 110

Pada seri RZR PRO XP Ultimate, Polaris tidak menggunakan mesin 800 twin buatan BRP tapi mengusung Turbo H.O.; 4-Stroke DOHC Twin Cylinder Turbocharged yang dipasang di belakang kursi. Mesin dengan 4 katup untuk tiap silindernya itu diklaim bisa menghasilkan 181 tenaga kuda. Sistem injeksi menggunakan dua throttle body dan oil cooler yang terintegrasi.

Suspensi depan RZR PRO XP Ultimate menggunakan tipe dual A-arms dengan mempergunakan King Shocks Coil Over Shocks yang dapat diatur (adjustable) tingkat compression, dan mampu menghasilkan jarak main suspensi (suspension stroke) antara 12″ hingga 13″, tanpa menggangu sistem penggerak pada roda depan.

Sedangkan Suspensi belakang menggunakan tipe 3-Link trailing arm independent sebagaimana lazim digunakan pada OPEN BUGGY atau mobil VW dengan mempergunakan King Shocks Coil Over Shocks yang dapat diatur (adjustable) tingkat compression, dan mampu menghasilkan jarak main suspensi (suspension stroke) antara 13″ hingga 14″, tanpa mengganggu sistem penggerak pada roda belakang, serta tidak merubah sudut roda saat naik turun.

Tarikan lebih dari cukup bisa didapatkan berkat power to weight ratio yang baik. Transmisi CVT membuat Polaris tidak memiliki gigi percepatan. Jadi, harus diurut ketika menginjak pedal gas. Namun teknologi transmisi Polaris ini turut dikombinasikan pula dengan engine brake. Jadi, jangan kaget begitu lepas gas, kecepatan RZR PRO XP Ultimate langsung terasa tertahan.

HARGA

Saat ini, harga Polaris RZR PRO XP Ultimate di Indonesia dimulai dari $28,499 dengan warna standar Indi Red. Angka tersebut rasanya bukan angka yang besar bagi anda para pecinta kendaraan UTV.

Spesifikasi Standar POLARIS RZR PRO XP Ultimate :

Engine Type : Turbo H.O.; 4-Stroke DOHC Twin Cylinder Turbocharged
Displacement : 925cc – 181 HP
Fuel System : Electronic Fuel Injection
Cooling : Liquid
Transmission/Final Drive : Automatic PVT P/R/N/L/H
Drive System : Isolated Xtreme Performance True On-Demand AWD/2WD
Front Suspension : High-Clearance Dual A-Arm with Stabilizer Bar and 20 in (50.8 cm) Usable Travel, 17 in (43.2 cm) Wheel Travel
Rear Suspension : Trailing Arm with Stabilizer Bar and 22″ (55.9 cm) Usable Travel, 20″ (50.8 cm) Wheel Travel
Front Tires : 30 x 10-14 MAXXIS Carnivore; Wheel Size 14×6
Rear Tires : 30 x 10-14 MAXXIS Carnivore; Wheel Size 14×7

WOW!  Mengupas Spesifikasi Kawasaki Ninja H2R