Perkembangan Sejarah Motor Matic

Perkembangan Sejarah Motor Matic

Sejarah sepeda motor matic Indonesia ternyata berbeda dari motor jenis lainnya. Ya, motor matic memiliki keunggulan tersendiri yaitu tidak menggunakan perseneling. Karenanya, secara tingkat kemudahan ada nilai plus. Hal ini menjadi salah satu penyebab banyak para pembeli di Indonesia mengutamakan motor matic terutama para wanita.

Sejarah Motor Matic dari Segi Nama

Siapa sangka, sepeda motor matic selain memiliki keunggulan dari segi kemudahan juga mempunyai sejarah yang menarik. Nama matic sendiri adalah bagian dari kata “automatic”. Ya, karena lebih otomatis dibandingkan motor bebek atau yang menggunakan kopling, maka motor ini dinamakan matic.

Sejarah Motor Matic dari Segi Permesinan

Motor matic adalah sepeda motor yang memiliki peminat paling banyak jika dibandingkan dengan lainnya. Data yang berada di Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan bahwa 7 dari 10 sepeda motor paling laris berupa motor matic.

Motor matic pertama yang dibuat di dunia merupakan produksi dari perusahaan Piaggio. Produknya diberi nama Vespa Corsa 125 dan dibuat pada tahun 1984. Perusahaan ini sendiri didirikan oleh Rinaldo Piaggio di kota Genoa, Italia.

Sejarah motor matic ini ada di Indonesia pada tahun 1991 hingga 2006, dan dibuat oleh PT Dan Motor Indonesia. Perusahan tersebut merupakan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dari Vespa Corsa 125 dan memiliki lisensi penuh dari perusahaan aslinya yang berada di Italia.

Vespa Corsa 125 ini disambut dengan antusias yang cukup baik oleh masyarakat Indonesia terutama oleh para kaum hawa. Hal ini dikarenakan transmisinya yang otomatis sehingga membuat para wanita tertarik untuk memilikinya.

Mesin yang digunakan oleh Vespa yang manual  adalah mesin 2 tak, pada versi automatic-nya juga tetap menggunakan mesin yang sama. Besarnya mesin dari vespa automatic ini 121cc sehingga bisa diandalkan sebagai alat transportasi sehari-hari.

Kemampuan dari mesin Vespa Corsa 125 ini sangat bisa diandalkan. Sepeda motor ini memiliki kecepatan maksimal hingga 90 km/jam. Pada sepeda motor ini sistem oli sampingnya berjalan secara otomatis dan  menggunakan karburator merk DellOrto Tipe 19E.

Sepeda motor matic berikutnya yang memasuki pasaran Indonesia adalah produk dari taiwan yakni Kymco Jetmatic 125. Ketangguhan dari sepeda motor yang masuk Indonesia pada tahun 2000 ini tidak diragukan lagi. Motor matic ini pernah digeber selama 100 jam nonstop dari Jakarta ke Bali dan tercatat dalam museum Rekor MURI.

Pada tahun 2000 Yamaha juga mengeluarkan motor matic pertamanya di Indonesia yakni Yamaha Majesty 125 dan Yamaha Glide 100. Motor Matic keluaran Yamaha ini adalah motor matic CBU (Completely Built Up) yang merupakan hasil riset perusahaan tersebut.

Yamaha, selanjutnya semakin mengembangkan sepeda motor matic yang dijual untuk pasaran Indonesia. Tahun 2002 mereka memproduksi motor yang diberi nama Yamaha Nouvo dengan kapasitas mesin sebesar 115cc. Generasi berikutnya yang dikeluarkan oleh Yamaha adalah Mio di tahun 2003.

Yamaha yang telah berhasil memproduksi motor matic menjadikan Honda dan juga Suzuki ikut mengembangkan teknologi automatic. Yamaha yang telah mengembangkan matic selama 4 tahunan kemudian disusul dengan perkembangan motor matic dari Honda dan Suzuki.

Pada tahun 2006 pabrikan Honda mengeluarkan produk matic pertama di Indonesia yakni Vario 110. Pada tahun 2008 pabrikan Honda merilis matic dengan desain lebih kecil yakni Beat. Suzuki jua tidak mau kalah, pabrikan motor tersebut membuat Spin 125 untuk menarik minat pasar dari teknologi automatic.

Itulah sekilas sejarah motor matic di Indonesia sebagai salah satu negara dengan pembelian motor terbesar di dunia. Tentunya, saat ini peran motor matic memang sangat luas untuk berbagai kalangan masyarakat Indonesia.