Perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135


Tags:

Pabrikan motor asal Jepang yakni Yamaha punya gacoan baru baru di kelas motor bebek yakni Yamaha Jupiter MX 150. Salah satu alasan dilahirkannya motor baru Yamaha tersebut ke dunia otomotif Indonesia lantaran diharapkan bisa menjadi pengganti bagi motor Jupiter MX generasi lawas, yang dianggap sudah mulai usang dari segi usia.

Semenjak Jupiter MX 150 resmi diluncurkan ke pasaran maka berakhir sudah proses produksi Yamaha Jupiter MX 135. Itu artinya saat ini pabrikan motor Yamaha tidak lagi mengeluarkan Jupiter MX 135 versi terbaru. Jika Anda masih menemukan Jupiter MX 135 tersedia di diler Yamaha di kota Anda, besar kemungkinannya itu adalah stok lawas.

Ngomong-ngomong soal ‘produk baru‘ versus ‘produk lama‘, tentu kita bertanya-tanya apa saja perbedaan antara Jupiter MX 135 dengan Jupiter MX 150 ? Ini merupakan pertanyaan yang wajar, pasalnya yang namanya produk baru ada kalanya menawarkan sesuatu yang lebih dari ‘produk lama‘, tapi tak jarang pula ada produk baru yang kualitasnya justru cenderung menurun kala dibandingkan dengan produk versi lawasnya.

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut maka dalam kesempatan kali ini klubberita.com akan mencoba untuk mengulaskannya buat sobat otomotif sekalian. Yuk disimak :

Secara umum, kita akan menemukan 4 fakta menarik yang menjadi poin utama pembeda antara Yamaha Jupiter MX 150 vs Jupiter MX 135. Empat poin utama yang dimaksud disini terdiri dari : tampilan, fitur, spek mesin, dan yang terakhir tentunya adalah harga yang berbeda antara dua motor yang sama-sama menggunakan embel-embel ‘MX’ tersebut.

Keempat poin utama yang menjadi petunjuk untuk mengetahui perbedaan antara Jupiter MX 135 dan Jupiter MX 150 tersebut jika dikulik lagi lebih dalam maka akan menyajikan informasi yang makin beragam dan tentunya menarik untuk diikuti. Berikut ini penjabaran lengkapnya :

1. Perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135 : Tampilan

Perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135 yang pertama dapat kita temukan pada tampilan masing-masing motor. Hal ini berlaku untuk dimensi, desain, hingga warna antara keduanya yang benar-benar tak serupa.

– Komparasi Dimensi Yamaha Jupiter MX 150 Vs Jupiter MX 135

Mengamati segi dimensi, perbedaan antara Jupiter MX 150 an MX 135 bisa ketahui dari rincian angka yang tertera di spesifikasi masing-masing motor. Jika Jupiter MX 135 memiliki ukuran panjang 1.960 mm, lebar 695 mm, tinggi 1.080 mm, jarak sumbu roda mencapai 1.245 mm, dan jarak tinggi jok ke tanah hingga 770 mm. Sementara Jupiter MX 150 memiliki ukuran panjang 1,970 mm, lebar 670 mm, tinggi 1.080 mm, jarak sumbu roda mencapai 1.290 mm, dan jarak tinggi jok ke tanah hingga 780 mm. Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa dimensi Yamaha Jupiter MX 150 sedikit lebih panjang, lebih ramping dan lebih tinggi.

Di sektor kaki-kaki, ukuran ban depan kedua motor sebenarnya sama, tapi khusus untuk sektor belakangnya ada yang berbeda. Pasalnya ukuran ban belakang Jupiter MX 150 adalah 120/70-17, sementara ukuran ban belakang Juptier MX 135 adalah 100/70-17M/C 49P. Dengan demikian maka besar kemungkinannya daya cengkram yang dihasilkan motor Jupiter MX 150 sedikit lebih baik ketimbang Jupiter MX 135, mengingat ukuran ban yang lebih besar dan lebih lebar.

– Komparasi Desain Yamaha Jupiter MX 150 Vs Jupiter MX 135

Perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan Yamaha Jupiter MX 135 dari segi desain bisa kita temukan mulai dari tampang depan, samping, belakang, hingga sektor kaki-kaki. Dilihat dari depan, terlihat Yamaha Jupiter MX 150 memiliki bentuk yang benar-benar tak serupa dari sang pendahulunya. Jika Yamaha Jupiter MX 135 memiliki batok lampu depan yang terkesan tajam, lain halnya dengan batok lampu depan milik Jupiter MX 150 yang terlihat lebih tumpul.

WOW!  Spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core

Selain itu desain dan posisi lampu sein kedua motor juga tak sama, dimana lampu sein Jupiter MX 135 terlihat memanjang dan berada di sayap atas, sementara lampu sein Jupiter MX 150 terlihat memiliki desain yang sedikit lebih kecil dan posisinya pun agak turun ke bawah atau tepat berada di samping sayap motor. Dua perbedaan tersebut memberikan dampak yang cukup signifikan dimana tampilan depan Jupiter MX 135 terlihat jauh lebih garang dan bengis, sementara tampilan depan Jupiter MX 150 terlihat jauh lebih kalem.

Dilihat dari samping, sayap Yamaha Jupiter MX 150 terlihat memiliki dimensi yang lebih besar dan tampak lebih berisi ketimbang milik Jupiter MX 135. Alhasil kesan pertama yang muncul dari bentuk sayapnya itu yakni mengingatkan kita pada bentuk mini fairing yang biasa digunakan motor superbike. Selain tampak lebih keren, bentuk sayap yang demikian menjadikan Jupiter MX 150 tampak lebih gagah.

Permainan grafis yang digunakan oleh desainer Yamaha untuk Jupiter MX 150 tampak berbeda jauh dari grafis yang disematkan pada Jupiter MX 135. Jika dulu corak yang ditampilkan pada desain Yamaha Jupiter MX 135 terlihat rame dan terkesan berantakan, lain halnya dengan desain grafis Yamaha Jupiter MX 150 yang terlihat rapi sehingga memberi kesan elegan dan lebih dewasa.

Dilihat dari belakang, terlihat jelas ada perbedaan mencolok antara Yamaha Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135. Jika tampilan belakang Jupiter MX lawas masih terbilang biasa-biasa saja, lain halnya dengan tampang belakang Jupiter MX terbaru yang konsepnya sudah benar-benar keluar dari pakem motor bebek pada umumnya. Sebut saja desain spakbor belakang Jupiter MX 150 yang terlihat lebih macho lantaran berukuran lebih besar dan menganut gaya ala motor sport. Selain itu desain lampu sein juga tak sama, yang mana lampu sein belakang Jupiter MX 150 tidaklah menempel di buntut layaknya milik Jupiter MX 135, melainkan dibuat seperti lampu sein belakang pada motor batangan. Kombinasi dari gaya yang unik tersebut menjadikan Yamaha Jupiter MX terbaru terkesan lebih gagah bila dilihat dari belakang, dan tentunya jauh dari kesan ‘basa-biasa’ saja.

Sedikit turun ke bawah, lagi-lagi tampilan yang lebih macho bisa kita temukan pada Jupiter MX terbaru. Pasalnya dengan mengaplikasikan knalpot berukuran besar dan ban belakang berdimensi besar maka sekilas tampak desain Jupiter MX 150 memiliki bentuk yang lebih gambot. Kondisi ini tidak akan kita temukan pada Jupiter MX lawas sehingga perbandingan ini membuat kita harus mengakui bahwa Jupiter MX 150 memiliki desain yang lebih beraura kekar.

Sampai disini maka perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135 jika dilihat dari segi desain bisa disimpulkan bahwa kedua motor menganut konsep yang hampir serupa namun memiliki perbedaan detail. Dampak dari perbedaan tersebut tentu saja menyebabkan perbedaan persepsi dari masing-masing mata yang melihatnya. Sekilas, tampilan bodi Jupiter MX 135 yang simple menjadikannya terlihat lebih ramping, tajam dan menjanjikan unsur proporsional yang lebih baik. Sementara Jupiter MX 150 yang seharusnya memiliki dimensi lebih ramping justru terlihat lebih gambot lantaran menggunakan beberapa fitur seperti spakbor belakang, knalpot dan ban belakang yang dibikin sedikit lebih besar ketimbang milik Jupiter MX 135. Alhasil secara keseluruhan, harus diakui bahwa desain Jupiter MX 150 sedikit lebih mewah dan kekar. Sementara desain Jupiter MX 135 terlihat masih menggunakan standar motor bebek pada umumnya sehingga masih terkesan belum berani.

WOW!  Spesifikasi Lengkap Yamaha All New R1

– Komparasi Warna Yamaha Jupiter MX 150 Vs Jupiter MX 135

Masih dilihat dari segi tampilan luarnya, perbedaan Yamaha Jupiter MX baru dan lawas dapat kita temukan dari pilihan warna masing-masing motor yang tentunya juga tak sama. Jika Yamaha Jupiter MX lawas tersedia dalam pilihan warna yang cukup banyak yaitu Black (Hitam), Blue (Biru), Red (Merah), White (Putih), Red Dsb (Merah Dsb), White Dsb (Putih Dsb) dan terakhir MotoGP Edition (Biru-Putih). Lain halnya dengan warna Jupiter MX terbaru yang hanya terdiri dari 3 warna saja yaitu Hitam (Black Sniper), Merah (Red Corner) dan Yamaha Jupiter MX 150 Biru (Racing Blue).

2. Perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135 : Fitur

Perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135 yang kedua terdapat pada fitur masing-masing motor. Sebagai produk yang lebih baru maka sudah barang tentu jika fitur yang dimiliki Jupiter MX 150 sedikit lebih canggih dan lebih fungsional ketimbang milik Jupiter MX 135.

– Komparasi Speedometer Yamaha Jupiter MX 150 Vs Jupiter MX 135

Fitur pertama yang layak menjadi pembeda antara Jupiter MX 150 dan MX 135 adalah speedometer. Meskipun sama-sama memiliki fungsi sebagai petunjuk informasi yang dibutuhkan selama berkendara, namun speedometer milik Jupiter MX 150 sedikit lebih canggih dan memiliki desain yang lebih modern ketimbang milik Jupiter MX 135. Meskipun speedometer Yamaha Jupiter MX 150 belumlah secanggih milik saudara kembarnya (Yamaha MX King) yang sudah dibekali dengan MID. Namun jika dibandingkan dengan milik Jupiter MX 135 sangat terasa selisih jauh diantara keduanya.

Beberapa instrumen tambahan yang tidak ada di speedometer Jupiter MX 135 bisa kita temukan pada Jupiter MX 150. Kombinasi digital-analog juga terasa lebih enak dipandang dibandingkan speedometer Jupiter MX lawas yang masih mengandalkan model konvensional berupa analog saja. Selain itu pada speedometer Jupiter MX 150 juga sudah terdapat fitur personal greetings yang menarik dan menambah keren bagi pemiliknya. Jadi secara keseluruhan, bisa dibilang speedometer Jupiter MX 150 jauh lebih fungsional dan bermanfaat ketimbang milik pendahulunya.

– Komparasi Lubang Kunci Yamaha Jupiter MX 150 Vs Jupiter MX 135
Fitur kedua yang turut menjadi bagian untuk membedakan Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135 adalah lubang kunci kontak. Selain telah dibekali dengan pengaman bermagnet, lubang kunci kontak Jupiter MX terbaru juga sudah memiliki kemampuan untuk membuka jok motor. Dengan begitu pemilik kendaraan tak perlu lagi mencopot kunci motor jika ingin membuka jok sehingga terasa lebih praktis.

– Komparasi Bagasi Yamaha Jupiter MX 150 Vs Jupiter MX 135

Fitur ketiga yang menjadi perbedaan antara Jupiter MX 135 dan Jupiter MX 150 adalah isi bagasi. Khusus untuk bagasi Jupiter MX 150, kita akan menemukan filter udara yang menyembul di bawah jok, tepat di bawah posisi duduk pengendara. Selain itu bagasi Jupiter MX 150 juga lebih tertutup, ditambah dengan tangki BBM yang sudah dilengkapi dengan karet sebagai tempat aliran bensin yang berlebih.

– Komparasi Kaki-Kaki Yamaha Jupiter MX 150 Vs Jupiter MX 135

Fitur keempat yang kita gunakan untuk menganalisa perbedaan Yamaha Jupiter MX 135 dan Jupiter MX 150 terletak di sektor kaki-kaki. Selain menggunakan ban belakang yang ukurannya lebih besar, Jupiter MX 150 juga sudah menggunakan ban tubeless sehingga lebih bisa diandalkan terutama untuk melakukan perjalanan jauh.

WOW!  Intip Gaya Hidup Valentino Rossi ketika Italia di Lock Down

3. Perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135 : Spek Mesin

Perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135 yang ketiga terletak pada spek mesin masing-masing motor. Efek yang timbul dari perbedaan ini meliputi kinerja dan performa dari kedua motor itu sendiri yang tentunya jadi tak sama pula.

– Komparasi Mesin Yamaha Jupiter MX 150 Vs Jupiter MX 135

Jika Jupiter MX 135 yang notabene merupakan model lama masih mengandalkan mesin berkubikasi 135cc, lain halnya dengan spek Jupiter MX 150 yang sudah dinaikkan kelasnya menjadi 150cc. Dinaikkannya kubikasi mesin Jupiter MX menjadi 150cc tentu memiliki alasan tersendiri. Yamaha Indonesia beranggapan bahwa pihaknya merasa perlu melakukan itu demi memancing minat konsumen yang belakangan lebih menyukai mesin-mesin motor berkubikasi besar. Selain itu dengan mengandalkan mesin 150cc, maka secara otomatis motor Jupiter MX ini bisa head-to-head secara lebih adil dengan kompetitor yakni Suzuki Satria FU 150 yang dalam periode cukup lama hanya sendirian bermain sekaligus menjadi penguasa di segmen bebek 150cc. Ini merupakan langkah yang sangat penting mengingat sebelumnya Jupiter MX 135 selalu dibanding-bandingkan dengan motor milik Suzuki tersebut meskipun menurut spek mesin keduanya merupakan motor yang sama sekali berbeda.

Perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan MX 135 yang kedua bila dilihat dari sektor mesinnya adalah penggunaan sistem suplai bahan bakar yang berbeda jauh. Jika Jupiter MX 135 masih setia dengan teknologi konvensional berupa karbu, lain halnya dengan Jupiter MX 150 yang sudah mengandalkan teknologi modern yakni sistem injeksi. Alhasil perbedaan ini menyebabkan Jupiter MX 150 jadi lebih baik dari segi performa, lebih irit BBM dan tentunya lebih ramah lingkungan.

– Komparasi Performa Yamaha Jupiter MX 150 Vs Jupiter MX 135

Perbedaan di sektor mesin menyebabkan perbedaan yang cukup signifikan pula di sisi performa. Sebagai gambaran, dengan mesin baru yang dimilikinya Jupiter MX 150 sanggup mengeluarkan daya maksimum hingga 15,14 HP pada 8500 rpm dan torsi maksimum mencapai 13,8 N.m (1,4 kgf.m) di 7.000 rpm. Sementara pada Jupiter MX lawas, daya maksimum yang mampu digelontorkan hanyalah 12,52 HP pada 8500 rpm dan torsi maksimum 12.14 Nm di 6000 rpm. Dari sini kita dapat melihat bahwa tenaga yang dihasilkan mesin Jupiter MX 150 jauh lebih besar ketimbang yang bisa dikeluarkan Jupiter MX 135. Bisa dimaklumi karena itulah bukti bahwa mesin yang berkubikasi lebih besar memang jauh lebih bertenaga dibandingkan mesin yang berada di bawahnya.

4. Perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135 : Harga

Perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135 yang terakhir terletak pada harga masing-masing motor. Sebagai produk sudah bukan hal yang aneh jika harga Yamaha Jupiter MX 150 sedikit lebih mahal ketimbang harga Jupiter MX 135. Berikut ini perbedaan harga antara Yamaha Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135 :

HARGA YAMAHA JUPITER MX 150 VS HARGA YAMAHA JUPITER MX 135
Harga Yamaha Jupiter MX 150 Harga Yamaha Jupiter MX 135
Rp. 18.450.000,- Rp. 17.300.000,-

Itulah rangkaian penjelasan terkait perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135. Dari sini kita bisa mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing motor. Tentu informasi ini sangat bermanfaat terutama bagi Anda yang sangat ingin mengetahui bagaimana seluk beluk dari dua motor Yamaha tersebut secara lebih rinci. Semoga bermanfaat.