Mobil Off-Road Land Rover Defender 2020 Berubah Jadi Manis


Selama ini mobil off-road Defender cenderung dikenal sebagai mobil pria yang sangar, khusus pada Defender generasi terakhir ini justru akan dibuat dengan desain yang lebih manis sehingga sedikit mengurangi nilai-nilai keperkasaannya.

Dilansir dari Worldcarfans, Gerry McGovern selaku Direktur Desain Land Rover dalam sebuah wawancara dengan Shropshire Star mengungkapkan bahwa model terbaru yang sekaligus merupakan generasi terakhir dari Land Rover Defender akan memiliki tampilan yang benar-benar baru.

Disebut ‘benar-benar baru’ karena seperti yang kita ketahui selama ini, desain Defender tidak pernah berubah secara signifikan selama bertahun-tahun. Konon langkah itu sengaja ditempuh untuk tetap mempertahankan konsumen setianya yang sebagian besar merupakan pecinta dunia off-road. Jika benar nantinya Land Rover akan merombak tampilan Defender dengan desain yang baru, tentu saja keputusan tersebut bisa dikatakan cukup berani dan cenderung kontroversial.

Besar kemungkinannya perubahan desain itu sengaja dilakukan karena Land Rover berusaha untuk menyasar target pasar yang lebih luas, dimana selama ini Defender hanya berfokus pada para “hardcore off-roader” semata. McGovern mengatakan penjualan mobil off-road andalan Land Rover itu per-tahunnya hanya mampu mencatatkan angka sebanyak 20.000 unit. Tentu saja ini bukan angka yang memuaskan bagi para petinggi pabrikan mobil asal Inggris itu. Karena itulah, perombakan di sisi desain bisa menjadi solusi terbaik, sebelum proyek Defender pada akhirnya benar-benar dihentikan untuk selamanya.

Salah satu perubahan paling mencolok pada Land Rover Defender terbaru nanti adalah adanya siluet khas pada bodi tanpa melihat secara terang-terang fungsinya. Selain itu Land Rover Defender terbaru juga akan mendapatkan pengurangan bobot tubuh dan bodi yang lebih aerodinamis. Sementara beberapa tradisi yang masih tetap dipertahankan salah satunya adalah ban cadangan yang diletakan di buritan, yang sudah menjadi ciri khas paling melekat dari sebuah Defender.

WOW!  Mercedes-Benz G63 AMG 6×6 – Mainan Para Raja Minyak Timur Tengah

Secara umum, pada dasarnya Land Rover Defender terbaru nanti masih akan dibekali berbagai kemampuan yang mendukung tuntutan para off-roader. Hanya saja di sisi lain Defender juga memiliki desain yang pada saat bersamaan mampu memikat segmen konsumen yang lain.

Defender merupakan salah satu SUV andalan Land Rover yang memulai debutnya pada tahun 1948 silam. Mobil ini telah menjadi salah satu ikon mobil off-road di kalangan para pecinta off-road sejati. Prediksi terkait bakal berakhirnya desain asli Defender memang sudah banyak diperdebatkan semenjak Land Rover memamerkan mobil konsep DC100 yang diyakini adalah cikal bakal Land Rover Defender terbaru. Pada tahun 2020 teka-teki tersebut mulai terjawab setelah sang direktur program, Murray Dietsch menyebut keinginan pihak pabrikan asal Inggris tersebut meremajakan desain Land Rover Defender.

Bagaimanakah tampang terbaru Land Rover Defender?