Mobil Klasik Seharga Rp. 110 Miliar


Tags:

Fenomena mobil klasik yang dijual dengan harga selangit memang bukanlah satu hal yang asing lagi bagi para pecinta mobil tua nan eksotis dari seluruh penjuru dunia. Baru-baru ini muncul berita menarik tentang sebuah mobil klasik Corvette, yang kabarnya dijual dengan harga sangat fantastis yakni mencapai hargan$6.885 M atau sekitar Rp. 110 Miliar !

Usut-usut punya usut, mobil klasik yang dimaksud ternyata adalah Corvette SR-2 buatan tahun 1956. Adapun yang membuat mobil klasik ini dibanderol dengan sangat mahal disebabkan oleh 2 faktor, antara lain :

1. Nilai Sejarah Corvette SR-2 yang Tinggi
Corvette SR-2 merupakan mobil balap pertama yang pernah diproduksi oleh General Motors (GM), dibawah pengawasan langsung Harley Earl selaku kepala desainer GM yang legendaris.

Dengan adanya fakta tersebut, bisa disimpulkan bahwa Corvette SR-2 memiliki nilai sejarah yang tinggi mengingat fungsinya sebagai mobil balap pertama dari GM. Lalu di sisi lain juga sekaligus menjadi titik kilas balik sejarah untuk mengenang Harley Earl yang dikenal sebagai ‘bapaknya Corvette’.

2. Hanya Ada 3 Unit di Dunia
Faktor kedua yang menjadikan mobil klasik ini jadi sangat mahal tak lain dikarenakan jumlahnya yang sangat terbatas. GM hanya membuat Corvette SR-2 sebanyak 3 unit saja, dimana unit yang pertama dulunya digunakan oleh pembalap sekaligus anak dari Harley Earl yakni Jerome C. Earl, sementara unit kedua dan ketiga diproduksi untuk Bill Mitchell (asisten Harley Earl) dan Harlow Curtice (mantan presiden GM).

Sejarah Mobil Klasik Corvette SR-2 1956
Mobil klasik Corvette SR-2 1956 dulunya dibuat untuk menyaingi tiga produsen besar yang terdiri dari Ferrari, Jaguar dan Porsche. Produksi pertama SR-2 menggunakan platform Corvette 1956 produksi ke 2522, dari pabrik St Louis yang dikirim langsung ke untuk dimodifikasi.

WOW!  Siapa Yang Bilang Kalau Mobil Murah Pasti Laku

Corvette SR-2 sendiri merupakan mobil yang dibangun dengan mengambil basis dari Corvette 1956 yang diproduksi di pabrik St. Louis. Untuk merubah Corvette 1956 menjadi Corvette SR-2, diperlukan modifikasi khusus yang dilakukan di studio desain GM yang terletak di Warren, Michigan.

Adapun modifikasi yang dilakukan meliputi banyak sektor, mulai dari windscreen yang dibuat khusus, upgrade suspensi, bagian depan (front end) diperpanjang, sisi luar pintu (bagian samping) telah mengaplikasi stainless steel, serta modifikasi sirip yang dipasang rendah segaris tepat dibelakang pengemudi.

Mobil ini baru diturunkan ke lintasan balap pada 23-24 Juni tahun 1956 silam, tepatnya di ajang balap mobil June Sprints yang digelar di Elkhart Lake, Wisconsin. Corvette SR-2 juga sempat mendapat beberapa upgrade untuk menjadikannya lebih maksimal, diantaranya yaitu perbaikan di sektor mesin yang diganti menjadi mesin 5,4 L fuel injection, dan di tahun 1957 diberikan transmisi empat percepatan serta pengurangan bobot yang membuatnya lebih ringan 136 kg.

Kurang lebih sudah 59 tahun Corvette SR-2 bertahan dari ganasnya waktu dan perubahan jaman. Saat ini oleh sebuah diler resmi yang bergerak di bidang penjualan mobil-mobil Corvette yakni Corvette Mike, mobil klasik yang bernilai tinggi itu rencananya akan dijual lewat acara Scottsdale Sport dan Classic Autocars yang akan digelar pada 12-14 Januari 2015 mendatang.

Ada yang tertarik mengeluarkan uang sebesar Rp. 110 Miliar untuk membeli mobil klasik yang satu ini ?