MINI Cooper S Paceman Indonesia


Tags:

BMW Group Indonesia selaku agen tunggal pemegang merek BMW dan MINI kembali melengkapi koleksi variannya dengan menghadirkan MINI Cooper S Paceman di Indonesia. BMW Group menyebut mobil ini sebagai penyatuan dari dua jagoan MINI yakni Countryman dan Coupe. Ingin tahu seperti apa penampilan mobil ini secara lebih mendalam ? Simak Review MINI Cooper S Paceman Indonesia berikut ini :

EKSTERIOR

Sesuai dengan tujuannya, garis desain milik MINI Coupe yang sporty dapat terlihat dengan jelas pada desain yang dimiliki oleh MINI Cooper Paceman. Bagian depan memberikan kesan maskulin, dipadu dengan garis-garis dinamis serta kesan yang kuat pada permukaan lekukan memberikan tampilan sporty dan elegan.

DNA Coupe juga tergambar dari atap yang menurun ke belakang diatas kabin penumpang dengan desain yang selaras memberikan tampilan ciri khas Coupe. Bagian belakang paling menyita perhatian, yakni lampu belakang yang didesain horisontal. Desain lampu belakang seperti ini merupakan pertama kalinya digunakan pada koleksi MINI.

INTERIOR

Di sektor interior, MINI Paceman mengambil insiprasi dari MINI Countryman yang memiliki keunggulan pada struktur kabinnya yang lega. Hal ini sengaja dilakukan untuk mengantisipasi keinginan dari para konsumen pecinta desain Coupe yang tidak puas dengan kapasitas kabinnya yang hanya mampu mengangkut dua penumpang. Karena itulah untuk mewujudkan hal tersebut maka wheelbase Paceman terbaru kali ini dibuat lebih panjang sehingga empat orang dewasa masih mampu masuk ke dalamnya dengan relatif leluasa. Terdiri dari sepasang tempat duduk sport untuk pengemudi dan penumpang di bagian depan, dan jok individual (full-size) untuk penumpang belakang dengan ruang bagian kepala yang sangat lega, serta sandaran lengan yang menambah kenyamanan.

Kabin-MINI-Cooper-S-Paceman

Tombol pengendali jendela di bagian samping menyatu dengan door trim dibuat untuk menciptakan kesan tiga dimensi. Sementara itu pintu bagasi belakang dapat dibuka lebar, memberikan akses yang mudah dan nyaman.

WOW!  Modifikasi Toyota Sienna Jadi Spongebob

Bagasi Paceman dapat diisi dengan muatan 330 liter. Jika sandaran kursi belakang dilipat ke bawah, kapasitas bagasi meningkat sampai dengan 1.080 liter.

FITUR KESELAMATAN

Piranti berkualitas tinggi pendukung keselamatan turut dijejali pada model ini. Bodi MINI Paceman dengan rigiditas torsi tinggi berperan penting dalam mendukung kelincahan bermanuver serta sistem keselamatan.

Berbagai piranti standar pendukung keselamatan mencakup airbag di depan dan samping, serta side curtain airbag untuk kedua baris tempat duduk. Semua kursi juga dilengkapi dengan sabuk keselamatan dengan tiga titik.

Untuk pengemudi dan penumpang di depan juga dilengkapi dengan sabuk keselamatan yang sanggup mengikuti gerak berat penumpang. Sementara di belakang terdapat mounting ISOFIX untuk kursi penumpang anak-anak.

FITUR KENYAMANAN

MINI Cooper S Paceman tampil dengan peralatan berstandar tinggi guna mendukung kenyamanan bagi pengendara maupun penumpangnya. Mulai dari pendingin ruangan yang otomatis, harman/kardon hi-fi loudspeaker system (640 watts), kaca spion yang dapat diatur secara elektris, Park Distance Control, Centre Rail bagian depan dan belakang serta jok kulit – yang semuanya menandai sosok sebuah mobil premium.

Beberapa fitur pendukung kenyamanan lainnya meliputi roda kemudi sport serta tuas perseneling berbalut kulit, tombol-tombol multifungsi dan cruise control, glass roof yang dapat dioperasikan secara elektris, radio MINI Visual Boost dan lampu xenon.

Tidak itu saja, pelanggan MINI Paceman juga dapat menggunakan fungsi-fungsi MINI Connected on-board sebagai pendukung fitur hiburan, antara lain web radio, Facebook dan Twitter, Dynamic Music, Driving Excitement, Mission Control, serta MINIMALISM Analyser.

DAPUR PACU

MINI Paceman dibekali dengan mesin bensin twin turbo 1.6 l DOHC, 16 valve empat silinder (sejajar dengan Valvetronic Fuel Injection dan intercooled) yang diklaim lebih bertenaga dan efisien.

WOW!  Mobil Nissan Juke Ala Militer

Semua tenaga dari mesin itu disalurkan melalui Transmisi Otomatis Steptronic enam percepatan, yang menjadikannya mampu menggelontorkan tenaga puncak hingga 184 hp di kitiran mesin 5.500 rpm, serta melesat dari posisi diam ke 100 km hanya dalam 7,8 detik.

Torsi maksimal Paceman terbaru dapat mencapai hingga 240 Nm berkat fungsi overboost. (Penaikan torsi) terjadi saat pengendara menginjak gas sampai paling tidak kecepatan 30-40 km/jam dan berada di transmisi gigi dua ke atas. Ini sangat berguna kalau pengendara ingin overtaking (menyalip kendaraan di depannya).

Chassis Teknologi Terbaru : Sensasi Go-kart

Meski berkabin cukup besar untuk sebuah Mini, rasa berkendara sporty tetap bakal didapatkan karena Paceman mengusung suspensi sport. Suspensi Paceman direndahkan sampai 10 cm sehingga lebih menapak di jalanan. Akan tetapi, ground clearance Paceman tetap tinggi. Sangat pas untuk penggunaan di jalanan kota-kota besar.

Chassis MINI Cooper S mengadopsi teknologi terbaru dengan suspensi MacPherson spring strut untuk roda depan serta forged cross members dengan multi-link untuk roda belakang, dilengkapi Dynamic Stability Control (DSC). Sementara itu, Electric Power Steering dengan Servotronic juga mendukung ciri khas kelincahan MINI sekaligus menambah sensasi go-kart pada MINI Paceman saat dikendarai.

HARGA

Harga Mini Cooper Paceman yang dipasarkan di Indonesia adalah Rp 709 juta dengan status off the road. Seluruh unit yang dibeli di gerai Maxindo dilengkapi dengan MINI Service Inclusive, yakni layanan berupa perawatan rutin gratis untuk lima tahun atau 70.000 kilometer serta jaminan dua tahun tanpa batasan kilometer.