Mesin Mobil TSI 1.4 Liter Milik VW Dinobatkan Sebagai Engine of the Year


Mesin mobil TSI 1.4 liter milik Volkswagen kembali berhasil menyabet gelar sebagai “‘Engine of the Year.” Selain merupakan yang ketujuh kalinya secara berturut-turut, penghargaan ini secara otomatis menjadikan mesin yang dikembangkan oleh pabrikan asal Jerman tersebut sebagai mesin kategori 1.0 – 1.4 liter paling sukses dalam 15 tahun sejarah. Tahun ini, Volkswagen meluncurkan era baru dengan inovasi terbaru TSI dengan ACT yang mengatur penonaktifan silinder (the TSI with ACT cylinder deactivation).

Volkswagen juga menerima penghargaan bergengsi ‘Best New Engine Award’ untuk teknologi TSI dalam kombinasi dengan teknologi silinder aktif (Active Cylinder Technology/ACT). Penghargaan ini diberikan sebagai pengembangan mesin mobil terbaik dalam 12 bulan terakhir. Sejak tahun 2006 silam, mesin berkode EA211 ini telah menerima total 12 piala dari juri “Engine of the Yea” yang teknologinya terus ditingkatkan. Tujuh kemenangan di kelasnya, dua kemenangan secara keseluruhan, dua penghargaan “Best New Engine” dan satu penghargaan “Green Engine of the Year”.

VW atau Volkswagen merupakan produsen pertama di dunia yang memperkenalkan manajemen silinder aktif (active cylinder management-ACT) pada TSI empat silinder tahun lalu, yang hingga kini justru kerap diaplikasi pada mesin besar 8 silinder atau 12 silinder. Teknologi yang pertama kali diperkenalkan pada Polo dan Golf 140 PS 1.4 TSI ini mampu memberikan tenaga hingga 103 kW/140 PS.

Penutupan sementara pada silinder kedua dan ketiga mesin mobil ini mampu mengurangi konsumsi bahan bakar lebih dari 0,5 liter/100 km. Teknologi ACT ini mampu menyumbang penghematan bahan bakar sebesar 15%, sementara dengan adanya perbaikan pada menejemen termal melalui pengurangan gesekan internal dan pemangkasan bobot memberikan penghematan bahan bakar hingga 9%. Bahkan ketika aktif hanya dengan dua silinder, mesin TSI 1.4 liter tetap seimbang dan senyap serta getaran rendah yangg sama saat keempat silindernya aktif. Semua proses peralihan mekanis berlangsung hanya dalam waktu 13 hingga 36 miliseconds.

WOW!  Bus Berbahan Bakar Biomethane

Volkswagen tentunya dapat dipredikatkan sebagai pemimpin global dalam pengembangan strategi untuk mesin dengan injeksi bahan bakar langsung (direct fuel injection) dengan turbocharging yang saat ini telah menghasilkan lebih dari 3,8 juta mesin TSI di lima lokasi produksi di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, tanggapan masyarakat sangat antusias dengan mesin TSI. Hal ini terbukti dengan meningkatnya penjualan Volkswagen di tiga tahun belakangan. Teknologi TSI dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar secara lebih maksimal di tengah kemacetan tetapi tetap mempunyai kecepatan yang mumpuni.