Mercedes-Benz G63 AMG 6×6 – Mainan Para Raja Minyak Timur Tengah


Siapa bilang G-Class enam roda hanya boleh digunakan oleh tentara Australia saja atau angkatan bersenjata Swedia yang kabarnya juga akan menjadikan kendaraan ini sebagai bagian dari peralatan militer mereka dalam waktu dekat. Karena sekarang jip keluaran Mercedes-Benz tersebut telah dibuat versi jalan rayanya dan dibuat khusus agar pikap kabin ganda tersebut dapat dinikmati oleh warga sipil.

Hal ini terbukti dari laporan yang dipublikasikan oleh Autobild Jerman akhir pekan lalu dimana mereka sempat mengabadikan foto-foto Mercedes-Benz (MB) G63 AMG gerak 6 roda sedang berada di salah satu bandara di Jerman. Kabar yang menyebar menyebutkan bahwa jip yang bernama lengkap 6×6 G63 AMG V8 Biturbo tersebut telah dirancang sedemikian rupa oleh Mercy sehingga menjadikannya memiliki kemampuan yang luar biasa. Yuk kita ulas apa saja hal yang menarik dari sosok mobil militer yang telah dirombak menjadi mobil untuk warga sipil tersebut.

EKSTERIOR

G-Class istimewa untuk warga sipil tersebut memiliki tampang yang sangar sekalipun tidak dibekali dengan perlengkapan militer layaknya mobil tentara. Uniknya, pada bak yang sudah terpasang rollbar 4 titik, bagian dalamnya dilapisi bahan kayu sehingga terlihat eksklusif. Lalu, fender yang berkelir hitam lebih keluar, serta wind deflector lengkap dengan lampu sorot tambahan dari LED.

Di sektor kaki, untuk fungsi sekaligus menunjang gaya, G63 AMG 6×6 ini menggunakan pelek Hutchinson dengan ban model off-road . Tak lupa suspensi sebagai sistem peredaman mengandalkan damper Ohlins dan tire pressure control system untuk kekuatan kaki-kakinya sekaligus sebagai pengontrol tekanan ban.

INTERIOR

Melirik ke bagian dalamnya, mulai dari dasbor, jok, hingga trim dibaluti kulit dua warna, hitam dan putih, dengan jahitan merah. Dasbor tengah tempat head unit dipasangi lis serat karbon, begitu pula konsol tengahnya.

WOW!  Maserati GranTurismo Sport – Luxury Sporty

DAPUR PACU

Tidak ada gunanya jika mobil ini hanya menarik dari tampangnya saja yang sangar namun tidak diimbangi dengan kedahsyatan tenaga. Karena itulah para insinyur dari AMG membekali G-Class Triple Gardan tersebut dengan mesin yang buas yakni mesin AMG V8 berkapasitas 5,5 liter dengan turbo ganda.

Daya maksimum mesin tersebut diklaim mampu mencapai 544 dk dan torsi di angka 760 Nm. Lebih dari cukup untuk mendukung kapabilitasnya di jalan off-road. Sementara untuk transmisi sepertinya mengandalkan model otomatis tipe 7G-TRONIC.

Bicara tentang apa tujuan pikap double cabin ini terlihat di bandara. Rupanya hal ini bertujuan dengan niat Mercy yang akan mengirimkan mobil tersebut ke Timur Tengah. Karena konon katanya tipe mobil mewah dan berkemampuan super seperti inilah yang menjadi mainan favorit para raja minyak disana.

Sekedar nformasi, bukan hanya Mercedes-Benz yang dipercaya banyak negara sebagai pemasok kendaraan militer. Salah satunya adalah brand asal Inggris yakni Land Rover Defender yang juga memiliki 6 roda dan diproduksi khusus untuk kebutuhan militer.