Maserati GranTurismo Sport – Luxury Sporty


Tags:

Sebagai informasi awal, Maserati GranTurismo Sport merupakan evolusi dari generasi sebelumnya yakni GranTurismo S, varian Maserati yang paling laris di seluruh dunia. Meskipun menyandang status sebagai facelift, namun mobil sedan sport keluaran Maserati ini memiliki segudang hal baru yang membuatnya tampil beda secara tampilan, jika dibandingan dengan sang kakak ‘GranTurismo S’.

Tak hanya tampilan luarnya saja yang dirombak untuk membedakan antara GranTurismo Sport dan GranTurismo S, namun beberapa penyegaran di sektor kabin juga telah digarap secara maksimal oleh para desainer Maserati demi memberikan kesan ‘unik’ pada GranTurismo Sport.

Untuk mengetahui lebih banyak seputar luxury sport car yang diproduksi oleh produsen asal Italia tersebut, berikut ini kami hadirkan ulasan lengkapnya dalam review Maserati GranTurismo Sport :

Eksterior Maserati GranTurismo Sport

Review Maserati GranTurismo Sport ini kita mulai dari eksteriornya. Secara tampilan, eksterior Maserati GranTurismo Sport cukup berhasil memberi kesan racing yang kental, serta di sisi lain juga bisa memberi aura mewah lewat lekuk bodinya yang tegas.

Konsep yang ditempelkan pada desain GranTurismo Sport disebut opposite attract dan Cool vs Hot. Opposite attract dapat diartikan sebagai desain bertolak belakang antara calm dan energy, dimana mobil ini masih kelihatan elegansi aura kemewahan ketika dalam posisi diam. Namun ketika mulai berjalan maka berubah menjadi sedan sport dengan tampilan agresif.

Sementara konsep Cool vs Hot memiliki makna dapat membuat setiap pemilik yang mengendarainya akan terlihat sangat keren dan cool, tapi ketika dipacu di trek mobil ini berubah menjadi sangat garang.

Bagian depan GranTurismo Sport adalah sektor yang paling mencolok dan menarik perhatian, pasalnya desain grill mewah yang diusungnya tampak seimbang dengan emblem trisula khas Maserati yang dipasang di moncong depannya.

WOW!  Review Nissan New X-Trail Indonesia

Bicara soal warna juga ada yang menarik dari mobil sedan dua pintu milik Maserati yang satu ini. Jika biasanya Maserati identik dengan mobil-mobil premium yang dibalut warna elegan seperti hitam, abu-abu, dan putih. Khusus pada GranTurismo Sport justru diberi warna biru yang disebut dengan nama Blue Shopisticatho. Selain menjadikannya tampak mencolok, warna biru pada mobil ini seolah dibuat sebagai pembeda dari mobil-mobil Maserati lainnya.

Jika dibandingkan dengan GranTurismo S yang mengutamakan kesan kalem dan elegan, khusus pada GranTurismo Sport ini kesan yang diutamakan justru pesona berani ala mobil-mobil yang memiliki performa kuat lewat body kit-nya yang menawan.

FITUR
Salah satu yang menjadi kelebihan Maserati GranTurismo Sport adalah bumper depannya yang tak hanya dibuat untuk mendukung gaya semata, namun juga diklaim bisa mengoptimalkan aliran udara untuk kedua mesin dan berfungsi juga sebagai pendingin rem.

Sektor penerangannya sudah menggunakan fitur canggih seperti LED Daytime Running Lights dan lampu Xenon dengan Adaptive Light Control yang mampu mengikuti gerak roda kemudi hingga 15 derajat.

Interior Maserati GranTurismo Sport

Review Maserati GranTurismo Sport ini kita lanjutkan pada bagian interiornya. Tak berbeda jauh dengan tampang luarnya yang mewah, sektor kabin mobil ini pun tampak dibuat dengan sangat berkelas. Penggunaan fitur kulit Poltrona Frau dan aksen EcoChrome abu-abu adalah salah satu kelebihan yang membuat interior GranTurismo Sport jadi tampak ciamik.

Tak itu saja, kesan mobil sport juga tersirat berkat kursi depannya yang sporty (semi-bucket seat) dan lingkar kemudi yang tampak siap menemani pengemudinya berkendara dengan kecepatan tinggi.

TEMPAT DUDUK


Salah satu keunikan yang dapat ditemui di dalam kabin GranTurismo Sport adalah tempat duduknya yang menganut konsep 4 seater. Tentu hal ini menjadi unik karena mobil sedan dua pintu biasanya hanya memiliki 2 kursi saja untuk supir dan penumpang depan, tidak seperti GranTurismo Sport yang justru memberi tambahan 2 kursi untuk penumpang belakang.

WOW!  Mercedes-Benz G63 AMG 6×6 – Mainan Para Raja Minyak Timur Tengah

Di satu sisi, adanya tambahan 2 kursi belakang tentu menjadi poin plus tersendiri bagi pemilik GranTurismo Sport yang ingin mengendarai mobilnya dengan mengangkut banyak orang. Namun sisi lain, tambahan 2 kursi belakang ini mungkin akan dipandang sebagai kekurangan GranTurismo Sport bagi peminat yang lebih menyukai mobil mewah mandiri (bukan untuk mengangkut banyak orang sekaligus).

Jika dibandingkan dengan generasinya yang terdahulu, boleh dikatakan kabin GranTurismo Sport memiliki kapasitas yang lebih lega. Kondisi ini didapatkan berkat dipapasnya ketebalan sandaran kursi depan sebanyak 20mm, sehingga memberi ruang lebih bagi para penumpang di belakangnya.

Mesin Maserati GranTurismo Sport

Review Maserati GranTurismo Sport ini kita teruskan dengan membahas seputar dapur pacu yang digendongnya. Dengan menggunakan mesin naturally aspirated V8 4.7 liter 32 katup yang diklaim sebagai mesin generasi baru dari Maserati, mobil ini bisa memuntahkan tenaga sebesar 460 Hp (lebih tinggi 20 hp dari GranTurismo S) pada putaran 7000 rpm serta torsi sebesar 520 Nm pada putaran 4.750 rpm.

Untuk berakselerasi dari posisi diam ke 100 km / jam, GranTurismo Sport sanggup mencatatkan waktu hanya 4,7 detik (lebih cepat 0,2 detik dari GranTurismo S) sebelum mencapai top speed lebih dari 300 km/jam.

Maserati GranTurismo hadir dalam 2 pilihan transmisi, yaitu transmisi otomatis enam percepatan (6-Speed Electro-Actuated) yang dapat beroperasi 4 mode (Auto-Normal, Auto-Sport, manual-Normal, manual-Sport dan Es mode) sesuai kebutuhan. Serta transmisi manual enam percepatan yang dilengkapi sequential manual transaxle box.

Harga Maserati GranTurismo Sport
Review Maserati GranTurismo Sport yang sedang Anda baca ini sudah hampir mencapai ke bahasan paling akhir, yakni untuk menjawab berapa harga Maserati GranTurismo Sport ketika dijual di Indonesia ?

WOW!  Inilah Perubahan Pada All-New Wrangler Unlimited

Sebagai mobil yang disiapkan untuk kelompok masyarakat tertentu khususnya kelas atas yang menginginkan mobil berkinerja sport namun bisa beradaptasi dengan kondisi jalanan riil sehingga bisa dipakai setiap hari, harga GranTurismo Sport berada di angka Rp. 3,5 miliar dengan status off the road Jabodetabek.

Varian Harga
Maserati GranTurismo V8 Rp 3,5 Milyar
Maserati GranTurismo MC Stradale Centennial Edition Rp 3,96 Milyar
Maserati GranTurismo MC Stradale V8 Rp 3,96 Milyar

Sekian artikel yang membahas seputar review Maserati GranTurismo Sport kali ini. Semoga bermanfaat terutama bagi Anda yang hendak membeli mobil mewah besutan produsen asal Italia tersebut.