Lexus RC F – Luxury Sport Coupe 2020


Tags: ,

Setelah sempat berkali-kali mengundang tanya terkait mungkin atau tidaknya Lexus RC F meluncur tahun ini, akhirnya Lexus menjawab pertanyaan tersebut dengan memperkenalkan mobil sport terbarunya tersebut di ajang Detroit Auto Show alias North American International Auto Show (NAIAS).

Lexus RC F bukanlah mobil sembarangan. Saking spesialnya, Yukihiko Yaguchi selaku Chief Engineer Lexus RC F bahkan mengatakan bahwa seluruh bentuk dari New RC-F dibangun dengan ekstra hati-hati untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja mobil itu sendiri. Dibalik penampilannya yang menawan dan seksi, mobil ini menyembunyikan tenaga besar karena dibekali dengan mesin V8 terkuat yang pernah dikembangkan oleh Lexus.

EKSTERIOR

New Lexus RC-F dibuat dengan basis dari Lexus RC Coupe yang sebelumnya telah dikenalkan di Tokyo Motor Show. Yang membuatnya berbeda, Lexus RC F hadir dengan dimensi roda yang lebih besar yakni 19 inci, serta memiliki tampilan luar yang terkesan lebih galak.

Faktor lain yang menjadi kelebihan Lexus RC-F adalah bodinya yang sangat agresif. Hal itu terlihat dari bumper depan baru, kap mesin yang terlihat membengkak, tambahan side skirt baru, saluran udara unik di kap mesin dan bagian belakang fender depan yang juga berkontribusi terhadap pendinginan mesin yang optimal dan handling kendaraan.

Menengok ke sektor buritan, Lexus RC F juga mengadopsi active rear wing yang terinspirasi dari Lexus LFA. Sayap belakangnya akan naik saat kecepatan mobil sudah lebih dari 80 km/jam dan melipat kembali pada kecepatan kurang dari 40 km/jam. Bagian atapnya sendiri sudah mengaplikasi bahan baku serat karbon sehingga menjadikannya sebagai mobil dengan tingkat aerodinamis tinggi ketika dibawa ngebut.

INTERIOR

Sebagai mobil yang memfokuskan perhatian pada tenaga dan kecepatan, namun para desainer Lexus tak lupa untuk menanamkan nilai mewah di sisi interior Lexus RC F. Kabin mobil ini telah mendapat penyegaran dari model standarnya dengan dukungan berupa komponen-komponen unik termasuk pedal-pedal, meter cluster, jok sporty yang dibungkus kulit, dan roda kemudi yang dilengkapi paddle shift.

WOW!  All-New Kia Soul EV 2020 Mobil Listrik Korea Untuk Eropa

Mengadopsi gaya yang sebelumnya ditanamkan pada Lexus LFA, tachometer diletak di tengah dengan panel instrumen yang juga dilengkapi dengan indikator lain seperti pemantau vektor torsi, G-Force meter, hingga stopwatch. Lapisan serat karbon dan aksen kulit Alcantara melengkapi kesan sporty sekaligus elegan.

DAPUR PACU

Lexus RC F menggendong mesin V8 dengan kapasitas 5,0 liter. Total output yang dihasilkan mampu mencapai angka lebih dari 450 HP (335 kW) dengan torsi 518 Nm (383 lb-ft). Mesin ini dipadukan dengan transmisi 8-speed Sports Direct Shift. Dengan mesin tersebut, Lexus RC F Coupe mampu berakselarasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 4,6 detik, sebelum mencapai akselarasi maksimum hingga 3270 km/jam.

Untuk memberi pilihan dalam hal kenyamanan berkendara, Lexus RC-F juga memiliki Torque Vectoring Differential dengan tiga mode berbeda, yaitu Standard, Slalom dan Track, serta suspensi yang bisa disetel model sport.

Harga Lexus RC F mulai dari $64,900*

Lexus RC F tersedia dalam tiga desain yang berbeda. Memasuki pasar, mobil ini bakal jadi musuh bagi BMW M4, Mercedes-Benz C63 AMG dan Audi RS4. Segmen pasarnya sangat terbatas, yakni orang-orang kaya yang suka ngebut. Apakah Anda salah satunya ?