Land Rover Discovery 5 – Sensasi Mobil Off-Road Kelas Premium


Jika Anda merupakan seorang pecinta mobil SUV (Sport Utility Vehicle), Land Rover Discovery merupakan salah satu pilihan yang harus Anda pertimbangkan. Terlebih lagi di tahun 2020 ini PT Grandauto Dinamika (GAD) selaku distributor dan importir resmi mobil Land Rover di Indonesia baru saja meluncurkan model terbaru dari mobil SUV buatan Inggris tersebut.

Land Rover Discovery 5 benar-benar mendapat penyegaran di hampir semua sisi. Mulai dari tampilan luar, kabin pengemudi & penumpang, bahkan sektor mesinnya pun mendapat beberapa ubahan untuk membuatnya jadi lebih baik ketimbang generasinya yang terdahulu.

PT Grandauto Dinamika mengklaim, kehadiran Land Rover Discovery terbaru semakin mengokohkan statusnya sebagai salah satu SUV kelas dunia yang paling stylish, tangguh dan serbaguna. Tak itu saja, Discovery juga dikatakan sebagai kendaraan yang sempurna bagi mereka yang ingin menikmati hidup dengan penuh gaya.

Ingin tahu lebih banyak tentang Land Rover Discovery 5 terbaru yang dijual di Indonesia ?

EKSTERIOR

 

Secara umum, boleh dibilang tampilan eksterior Land Rover Discovery yang baru kini hadir lebih stylish dengan paduan antara kesan elegan dan aura tangguh ala mobil off-road.

Wajah baru bisa terlihat berkat diaplikasikannya grille dan bumper depan dengan desain anyar, serta desain headlamp-nya yang kini telah dilengkapi dengan Daytime Running Light LED.

Model bodi khas Discovery masih tetap melekat dengan atap yang dibikin tinggi. Sementara di sektor kaki-kaki dibuat kekar mengandalkan velg hitam berukuran 19 inci dan 20 inci.

Perubahan paling mencolok yang terjadi di sektor luar Land Rover Discovery versi baru ini terdapat pada identitasnya yang mengalami perubahan detail. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Discovery, emblem ‘Land Rover’ yang biasanya terpampang di kap mesin diganti dengan emblem ‘Discovery’. Lalu tulisan ‘Discovery 4′ yang biasanya terpampang di bagian belakang juga diganti dengan tulisan ‘Discovery’ saja.

WOW!  5 Kelebihan Ferrari 458 Speciale

Emblem identitas mesin juga tidak luput mendapat perubahan detail, jika sebelumnya emblem identitas mesin seperti ‘SCV6′, ‘SDV6′ atau ‘TDV6 terpampang di bagian belakang, maka sekarang identitas mesin tersebut dipindah ke 2 sisi pintu depan.

Untuk memberi lebih banyak pilihan pada konsumen, kendaraan berbobot 2.565 kg ini juga tersedia dalam balutan warna ‘Black Desain Pack’ yang dibuat dengan detail lebih bernuansa ekslusif.

INTERIOR


Masuk ke kabinnya, interior Land Rover Discovery  menjanjikan sejumlah kenyamanan ala mobil premium. Diantaranya yaitu perangkat sistem audio baru yang berkelas dan tidak dimiliki varian Land Rover lainnya. Sistem audio yang dipakai mengandalkan Meridian Hi-Line Audio System dengan 11 speaker, termasuk subwoofer yang bisa memproduksi output 380W.

Sensasi premium dapat dirasakan lewat paduan warna yang serasi antar satu bagian dengan bagian lainnya di dalam kabin. Jok dengan lapisan bahan kelas tinggi dipadu dengan legroom & headroom yang lapang membuat pengemudi dan penumpang bisa merasakan kenyamanan ala mobil mewah.

DAPUR PACU

Jika sebelumnya Land Rover Discovery mengusung mesin bensin V8 naturally aspirated 5.0 liter, model terbaru Discovery yang sekarang menggunakan mesin bensin baru yakni V6 berkapasitas 3.0 liter dengan asistensi supercharger. Mesin yang juga telah dilengkapi fitur teknologi Stop-Start System tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis canggih 8-speed buatan ZF.

Meskipun kapasitas mesinnya yang baru ini lebih kecil ketimbang mesin yang lama, namun mesin Land Rover Discovery yang baru ini sanggup memuntahkan tenaga hingga 340 hp pada 6.500 rpm dengan torsi maksimal 450 Nm pada 3.500-5.000 rpm. Untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam, Discovery terbaru hanya butuh waktu 8,1 detik dengan kecepatan maksimal 195 km/jam.

WOW!  Tampilan New BMW X1 sDrive Terbaru – Lebih Mewah, Lebih Istimewa

Selain mesin bensin, Discovery juga tersedia dalam 2 pilihan mesin diesel, yatu TDV6 3.0 liter dan SDV6 3.0 liter. Untuk varian TDV6 3.0 liter menghasilkan tenaga 211 hp, sedangkan SDV6 3.0 SDV6 berdaya 249 hp.

KONSUMSI BBM

Dengan adanya fitur baru dan Stop-Start System yang dipasang pada Land Rover Discovery, alhasil mobil SUV Inggris ini menghasilkan emisi gas buang yang diklaim lebih lebih rendah ketimbang modelnya yang lawas yakni 269 g/km CO2.

Konsumsi bahan bakar Land Rover Discovery 5 terbaru yang dibekali mesin bensin V6 3.0 liter juga diklaim cukup efisien yaitu 8,3 km/liter. Sementara khusus untuk Land Rover Discovery versi diesel diklaim memiliki konsumsi bahan bakar sekitar 11,4 km/liter.

HARGA

Harga Land Rover Discovery 5 Indonesia dibanderol Rp 3,050 Milyar (on the road Jabodetabek). Ini merupakan sebuah harga yang memasukkannya dalam jajaran mobil-mobil off road kelas premium.

Anda tertarik untuk membeli Land Rover Discovery versi terbaru ini ?