Komparasi Yamaha Jupiter MX 150 VS MX King 150


Tags:

Meskipun lahir sebagai motor yang mengusung DNA serupa, namun jika dicermati secara mendalam kita akan menemukan beberapa perbedaan yang nyata antara Yamaha MX King 150 vs Jupiter MX 150. Tentu saja ini menarik, pasalnya dua motor yang diluncurkan bersamaan pada bulan Maret 2015 itu sejatinya merupakan saudara kembar yang mengusung misi sama yakni mengacak-acak segmen motor bebek di kelas 150cc. Bisa dibilang ini merupakan strategi keroyokan dari Yamaha, untuk mematahkan pertahanan kompetitor yakni Suzuki Satria FU 150 yang sudah telanjur jadi raja tanpa lawan di kelas underbone 150cc.

Jika segmen dan target market yang dituju kedua motor itu sama, lantas kenapa ada perbedaan antara Jupiter MX 150 dan MX King 150 ? Menyikapi pertanyaan tersebut, pihak Yamaha Indonesia menjelaskan bahwa mereka hanya bermaksud untuk membuat penyeragaman produk semata. Dengan adanya dua pilihan maka konsumen bisa memutuskan sendiri mau memilih yang mana, pasalnya perbedaan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150 membentuk daya tarik yang berbeda pula antar kedua motor yang sama-sama mengusung nama ‘MX‘ tersebut.

Setidaknya ada 4 hal pokok yang bisa dikategorikan sebagai perbedaan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150. Tapi jika diurai lebih dalam lagi, kita bisa menemukan belasan detail yang menjadi perbedaan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150.

Tentu saja perbedaan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150 ini sangat penting untuk diketahui, terlebih jika Anda berencana untuk membeli salah satu dari dua motor Yamaha tersebut. Agar lebih jelas, mari simak ulasannya berikut ini :

1. Perbedaan Sebutan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150

Perbedaan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150 yang pertama tentu datang dari nama yang dipakai oleh masing-masing motor. Perbedaan sebutan tersebut bisa kita temukan dengan mudah, hanya dengan mengamati tulisan yang tertera pada stripping bodi samping kiri dan kanan masing-masing motor.

Seolah ingin menegaskan statusnya sebagai pemegang kasta tertinggi diantara varian motor bebek milik Yamaha, tambahan nama ‘King‘ sengaja disematkan pada Yamaha MX King 150. Sementara pada motor kedua tidak menggunakan gelar tersebut yang secara otomatis memberi sinyal bahwa posisinya memang berada di bawah MX King 150.

2. Perbedaan Tampilan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150

Perbedaan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150 yang kedua terletak dari tampilan yang bisa kita lihat secara kasat mata. Setidaknya ada 2 faktor yang menjadi pembeda antara kedua motor tersebut jika dinilai dari segi tampilan :

– Desain Yamaha Jupiter MX 150 Vs Desain Yamaha MX King 150

Meskipun jika dilihat sekilas kita tidak akan menemukan adanya perbedaan antara Jupiter MX 150 dan MX King 150. Tapi jika dilihat dengan lebih seksama maka kita akan menemukan beberapa perbedaan Jupiter MX 150 dan Yamaha MX King 150 yang terpampang hanya dari tampilan luarnya saja.

WOW!  5 Modifikasi Suzuki Satria FU

Kita mulai dari tampilan depan masing-masing motor. Jika MX King 150 memiliki lampu senja yang ditaruh di bagian moncong, beda halnya dengan dengan lampu senja Jupiter MX 150 yang ditaruh di headlamp. Bagian moncongnya sendiri diisi dengan sebuah cover jaring yang bentuknya seperti air scoop.

Sedikit naik ke atas, kita akan menemukan bahwa desain speedometer Jupiter MX 150 dan MX King 150 memiliki sedikit perbedaan. Jika speedometer Jupiter MX 150 terlihat polos cerah serta terdapat tulisan ‘LC4V‘, khusus untuk speedometer MX King 150 terlihat lebih gelap tanpa adanya tambahan tulisan ‘LC4V‘.

Bergerser ke tuas rem dan kopling, jika milik Jupiter MX 150 diberi warna dasar silver, khusus untuk MX 150 King diberi kelir hitam. Alhasil secara tampilan MX 150 King terlihat lebih kelam alias gelap dibandingkan saudaranya yang tampak sedikit lebih cerah.

Di sektor tempat duduk alias jok. Jika jok Jupiter MX 150 hanya tampil dengan satu bahan yang menyatu saja, khusus pada jok MX King 150 menggunakan kombinasi dari dua bahan sekaligus. Jok kedua motor jadi tambah berbeda lantaran pada MX King 150 diberi aksen jahitan beda warna sehingga menghasilkan sebuah tampilan garis yang cukup mencolok.

Perbedaan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150 ini terus berlanjut ke sektor buritan. Dimana lampu sein Jupiter MX 150 tampak memiliki desain oval seperti kepunyaan Yamaha Byson, sementara desain lampu sein MX 150 King justru terlihat sipit dan cenderung meruncing mirip lampu sein belakang milik Yamaha New Vixion.

Lanjut ke sektor kaki-kaki, perbedaan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 1500 selanjutnya bisa ditemukan dari tampilan sokbreker belakang, kaliper rem, knalpot dan velg yang digunakan masing-masing motor. Jika sokbreker belakang Jupiter MX 150 hanya menggunakan warna dasar hitam, khusus pada MX King 150 dibuat sedikit mencolok karena diberi warna kuning terang.

Perbedaan warna ini juga berlanjut ke detail kaliper rem masing-masing motor. Jika Yamaha Jupiter MX 150 diberi kelir hitam gelap, pada MX King 150 justru tampil dengan warna keemasan. Lalu knalpot dua motor Yamaha ini juga terlihat sedikit berbeda meski bukan terjadi pada desain secara keseluruhan, dimana perbedaannya terdapat pada warna corong masing-masing knalpot. Jika corong knalpot Yamaha MX King 150 diberi warna silver, khusus pada corong knalpot Yamaha Jupiter MX 150 tidak diberi tambahan warna apa-apa alias polos saja mengikuti warna dasarnya yakni hitam.

Untuk velg-nya juga terdapat beda perlakuan desain, dimana velg MX King 150 tampak lebih menarik lantaran diberi pinstripe berwarna merah atau putih, sementara velg Jupiter MX 150 hanya dibikin polos saja.

WOW!  Perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan Jupiter MX 135

– Warna Yamaha Jupiter MX 150 Vs Warna Yamaha MX King 150

Perbedaan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150 berikutnya bisa kita temukan pada warna bodi masing-masing motor. Jika Jupiter MX 150 tersedia dalam 3 pilihan warna yang terdiri dari Hitam (Black Sniper), Merah (Red Corner), dan Biru (Racing Blue). Khusus untukl Yamaha MX King 150 tersedia dalam 3 pilihan warna yang terdiri dari Hitam (Drift Black), Merah (Red King) dan Putih (Speedy White).

Meski sama-sama punya 3 pilihan warna, namun ada satu warna yang hanya dimiliki Jupiter MX 150 namun tidak dimiliki MX King 150 yakni warna Biru (Racing Blue). Begitu pula pada MX King 150, motor ini punya satu warna yang tidak dimiliki Jupiter MX 150 yakni warna Putih (Speedy White).

3. Perbedaan Fitur Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150

Selanjutnya perbedaan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150 terdapat pada fitur yang dimiliki masing-masing motor. Khusus untuk yang satu ini, Yamaha MX King 150 sedikit lebih unggul karena dibekali dengan beberapa fitur yang tidak akan kita temukan pada Jupiter MX 150. Untuk lebih jelasnya, berikut ini perbedaan fitur yang dimiliki Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150 :

– Lampu Yamaha Jupiter MX 150 Vs Lampu Yamaha MX King 150

Lampu Yamaha MX King 150 sedikit lebih unggul ketimbang Jupiter MX 150. Pasalnya bohlam yang dipakai MX King 150 adalah halogen HS1 sehingga memberi hasil penerangan yang lebih optimal.

Sedangkan bohlam Jupiter MX hanya menggunakan lampu bulb biasa. Selain itu lampu senja masing-masing motor juga berbeda. Jika MX King sudah mengaplikasi lampu LED yang terkenal lebih terang, khusus untuk Jupiter MX 150 justru masih belum mendapat fitur ini.

– Footstep Yamaha Jupiter MX 150 Vs Footstep Yamaha MX King 150

Yamaha MX King 150 dibekali dengan footstep depan jenis tilt able, sehingga bisa dilipat dengan mudah. Sementara footstep depan Jupiter MX 150 masih menggunakan jenis biasa yakni footstep paten.

Kelebihan footstep depan jenis tilt able yaitu bisa memberi kenyamanan berlebih bagi biker yang hobi melakukan manuver-manuver tajam seperti cornering, atau bisa juga untuk memberi kemudahan kala parkir.

– Speedometer Yamaha Jupiter MX 150 Vs Speedometer Yamaha MX King 150

Perbedaan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150 berikutnya terdapat pada speedometer. Disini kita bisa tahu bahwa teknologi yang diusung MX King 150 sedikit lebih canggih dibanding Jupiter MX 150, karena speedometer Yamaha MX King telah dilengkapi dengan Multi Information Display (MID) yang bisa memberi info berkendara secara lengkap seperti odometer, trip meter, informasi konsumsi bahan bakar, average eco dan average speed. Sementara speedometer Jupiter MX 150 hanya mendapat odometer digital dan indikator posisi gigi saja.

WOW!  Komparasi Desain Antara CB150R Dan All New Vixion

Sebagai poin plus, fitur ‘ Hi Buddy’ yang terdapat di speedometer MX King 150 bisa disetting alias diganti untuk menyebut nama si pemilik kendaraan. Contohnya : ‘Hi Joko’. Kecanggihan tersebut tidak akan bisa kita temukan pada Jupiter MX 150, karena di speedometer Jupiter MX 150 tidak tersedia tombol ‘SET’ yang terletak di bawah LCD seperti speedometer milik MX King 150.

Tombol ‘SET’ itulah yang berfungsi sebagai alat untuk mengganti karakter huruf pada tampilan ‘Hi Buddy’. Dimana cara untuk menggantinya adalah dengan menekan tombol ‘SET’ saat posisi kontak motor dalam posisi ‘off’. Lalu secara perlahan dengan posisi tombol ‘SET’ masih ditekan, putarlah kunci kontak motor ke posisi ‘on’. Jika langkah-langkahnya dilakukan secara benar, seharusnya tampilan ‘Hil Buddy’ akan tampak berkedip-kedip yang merupakan tanda bahwa settingannya sudah bisa diganti. Berikutnya yang perlu dilakukan si pemilik kendaraan adalah memasukkan nama apapun yang ingin ditampilkan, namun dengan syarat karakter yang dimasukkan ke dalam sistem tak boleh melebihi 6 karakter.

4. Perbedaan Harga Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150

Perbedaan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150 yang terakhir adalah banderol harga masing-masing motor yang tak sama. Bisa dibilang ini merupakan salah satu pembeda yang sangat penting, karena pada prakteknya sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen kala memilih salah satu dari 2 motor bebek Yamaha tersebut.

Berikut ini perbedaan harga Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150 :

HARGA YAMAHA MX KING 150 VS HARGA YAMAHA JUPITER MX 150
Harga Yamaha MX King 150 Harga Yamaha Jupiter MX 150
Rp. 23.200.000,- Rp. 18.900.000,-

Dari tabel perbedaan harga Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150 di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa Jupiter MX 150 ditawarkan dengan harga yang lebih murah ketimbang MX King 150, dengan selisih harga yang mencapai angka Rp.4,3 juta. Hal ini bisa dimaklumi karena terdapat perbedaan fitur yang cukup mencolok diantara keduanya.

Sampai disini Anda bisa memutuskan sendiri ingin memilih yang mana. Jika Anda punya dana atau budget yang berlebih, maka Yamaha MX King 150 adalah pilihan yang tepat. Tapi jika budget Anda terbatas maka Jupiter MX 150 adalah pilihan yang bijak. Jadi, motor mana yang jadi pilihan Anda ?

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150. Kami harap informasi bisa berguna untuk Anda semua.