Inilah 5 Perbedaan Teknologi Motor Honda Vs Yamaha

Inilah 5 Perbedaan Teknologi Motor Honda Vs Yamaha

Honda dan Yamaha merupakan dua pabrikan sepeda motor yang sejak lama sangat terkenal di Indonesia. Namun pasti banyak yang bertanya-tanya, apakah yang menjadi perbedaan teknologi motor Honda vs Yamaha tersebut?

Daripada penasaran, yuk simak ulasan apa yang menjadi perbedaan teknologi motor dari dua pabrikan asal Jepang itu.

5 Perbedaan Teknologi Motor Honda vs Yamaha

  • Segi responsivitas kecepatan

Perbedaan pertama Teknologi Motor Honda vs Yamaha bisa ditinjau dari segi responsivitas kecepatan. Motor-motor buatan pabrikan Honda dikenal memiliki responsivitas rendah terhadap kecepatan, tetapi suspense yang lebih baik membuat motor-motor buatan Honda lebih nyaman dan enak pada saaat digunakan di jalan yang tidak rata.

Sedangkan Yamaha mampu menghasilkan motor yang memiliki responsivitas baik terhadap kecepatan dan memiliki mesin yang lebih ramah lingkungan. Meskipun suspense motor-motor Yamaha rendah, tetapi hal itu ditutupi dengan kehandalan motor ini untuk berkelok=kelok di jalanan yang memiliki kontur tikungan tajam.

  • Keiritan bahan bakar

Jika ditinjau dari segi keiritan bahan bakar, maka sudah tidak perlu lagi diragukan jika Honda memang sudah terkenal sejak lama memiliki teknologi yang sangat irit bahan bakar, dibandingkan dengan Yamaha yang lebih dikenal oleh banyak pengguna sepeda motor tidak irit dalam segi bahan bakar.

  • Segi teknologi mesin

Hal lainnya yang menjadi perbedaan antara Honda dan Yamaha adalah inovasi teknologi mesin yang dilakukan oleh kedua pabrikan. Menjadi penguasa pasar Motor di Indonesia, baik Honda dan Yamaha sama-sama terus melakukan inovasi secara besar-besaran untuk menarik hati para konsumennya.

Seperti contohnya, tak ingin terus kalah dari segi keiritan bahan bakar, pabrikan Yamaha akhirnya melakukan inovasi dengan menghadirkan teknologi Blue Core yang diklaim dapat lebih membuat motor buatan mereka irit bahan bakar.

WOW!  Bus Berbahan Bakar Biomethane

Tak mau kalah, pabrikan Honda pun kembali berinovasi dan menghadirkan mesin yang dilengkapi dengan mesin PGM-FI untuk membuat penggunaan bahan bakar motor-motor Honda lebih irit bahan bakar.

  • Tingkat ketahanan operasional mesin

Hal selanjutnya yang menjadi perbedaan antara Honda dan Yamaha adalah dari segi ketahanan mesinnya dalam beroperasional. Sekadar informasi, ketahanan operasional mesin adalah kemampuan mesin untuk bekerja secara optimal pada saat digunakan dalam waktu yang lama atau nonstop.

Motor-motor buatan pabrikan Honda untuk saat ini dikenal lebih memiliki ketahanan mesin yang lebih baik saat beroperasional dibandingkan dengan motor-motor buatan pabrikan Yamaha. Ada banyak yang menyebutkan kalau mesin motor buatan pabrikan Honda dapat digunakan dalam waktu 40 jam nonstop. Sementara mesin motor buatan pabrikan Yamaha hanya bisa bekerja selama 30 jam nonstop. Nilai tersebut diketahui diperoleh berdasarkan uji durabilitas motor Yamaha Mio M3 125 dan Honda Beat ESP.

  • Keawetan mesin

Keawetan mesin memang menjadi salah satu hal penting, sebab hal tersebut akan berdampak langsung pada operasional motor pada saat digunakan. Dan untuk mengetahui keawetan mesin, Anda bisa lihat dari garansi yang diberikan oleh pabrikan tersebut.

Tentu saja, jika dilihat dari segi garansi, pabrikan Honda bisa dibilang kalah dari Yamaha. Sebab Yamaha berani memberikan garansi selama 5 tahun, sedangkan Honda hanya 3 tahun saja. Meskipun saat ini tidak menutup kemungkinan jika sudah banyak juga motor buatan Honda yang memiliki tingkat keawetan dalam durasi waktu yang lama.

Itulah lima perbedaan teknologi motor antara Honda dan Yamaha yang bisa Anda ketahui. Namun apapun motor yang menjadi pilihan, semuanya dikembalikan lagi kepada penggunanya.