HUD Bikin Kaca Mobil Bisa Jadi Display


Jika Anda sering menonton film-film science fiction yang bertema-kan seputar kehidupan di masa depan, tentunya Anda pernah melihat beberapa adegan menarik seperti sistem navigasi mobil yang dimunculkan di kaca depan mobil ketika sang aktor sedang berkendara.

Teknologi semacam itu disebut Head-Up Display (HUD). Dengan memanfaatkan teknologi ini, kaca depan mobil akan menampilkan berbagai informasi yang biasa ada di panel indikator seperti speedometer digital, informasi audio hingga peta navigasi. Selain itu, HUD juga kan menampilkan informasi yang bisa memperingatkan pengemudi terkait banyak hal, termasuk jika pengendara terlalu dekat dengan kendaraan di depan mereka.

Sejatinya teknologi ini bukanlah hal yang baru dan bukan khayalan semata, karena teknologi ini sudah dikenalkan oleh General Motors (GM) sejak tahun 1988 silam. Sayangnya teknologi ini masih terbilang jarang karena kebanyakan hanya dapat ditemui pada beberapa mobil-mobil mahal. Baru-baru ini produsen navigasi satelit Garmin bahkan mengeluarkan HUD versi mini yang bisa digunakan sebagai perangkat tambahan dalam berkendara (Baca: Garmin HUD Mini – Perangkat Navigasi Mobil yang Praktis & Portabel) Tahun ini, persentase penggunaan HUD baru 2 persen dan itupun hanya mobil yang dijual di Amerika Serikat saja. Namun di tahun 2030 nanti penggunaan teknologi HUD ini diramalkan akan naik menjadi 90 persen. Bisa dikatakan demikian lantaran jika kita melihat perkembangan teknologi terutama di bidang industri otomotif akhir-akhir ini, teknologi HUD sepertinya bukanlah hal yang sulit untuk dijadikan sebagai standar pada seluruh model mobil di masa depan.

Dasar ide dari teknologi ini adalah untuk meminimalisasi ‘gangguan mengemudi’. Bila sebelumnya pengemudi harus melirik panel informasi di dashboard untuk mengetahui beberapa informasi. Di teknologi ini pengemudi justru hanya perlu terus fokus ke depan karena kaca depan akan menampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan. Kelebihan lainnya, space yang tersedia tentu saja lebih luas dan tidak seperti pada bagian dashboard yang terbatas.

WOW!  Toyota Siapkan Teknologi V2V Buat Mobil Masa Depan

Selain membuat aktivitas mengemudi jadi lebih praktis, teknologi ini tentunya dapat menjadi solusi yang bagus untuk menghindari kecelakaan yang sering disebabkan oleh lengahnya pengemudi yang tidak bisa fokus selama berkendara.