Honda SONIC 150


Tags:

Jika melihat pengumuman yang dirilis di salah satu situs resmi Nambo Motor Honda Indonesia, kelahiran motor baru Honda tersebut dipastikan akan mengambil momen setelah lebaran tahun ini yaitu di bulan Agustus 2019. Sayangnya Honda hanya mau membocorkan teaser-nya saja, itupun dalam format video berdurasi 0,15 detik yang berisi cuplikan iklan tidak utuh.

Meskipun belum jelas nama apa yang akan dipakai Honda Indonesia untuk motor barunya tersebut, namun bila kita melihat tampilannya sekilas maka sedikit banyak akan mengingatkan kita pada sosok Honda Sonic yang sempat masuk ke Indonesia pada tahun 2000-an. Dari sinilah penyebutan nama ‘New Sonic 150cc’ itu dicetuskan, meskipun tidak menutup kemungkinan jika kelak nama motor Honda tersebut masih bisa berubah.

Varian Honda Sonic 150 Terbagi Dua ?

Menurut bocoran halus yang ada, motor baru Honda Sonic diisukan bakal tersedia dalam dua varian yang berbeda. Adapun tipe yang pertama kabarnya mengusung tema sebagai motor bebek super, lalu tipe Honda Sonic yang kedua mengusung tema sebagai hyper-underbone. Perbedaan diantara dua tipe Honda Sonic itu juga cukup nyata, mulai dari desain dan musuh yang dituju.

Honda Sonic Vs Yamaha MX King

Honda Sonic bebek super kabarnya disiapkan untuk melawan motor baru Yamaha yakni Jupiter MX 150 dan MX King. Sepertinya ini merupakan respon Honda terhadap Yamaha, yang baru-baru ini memutuskan untuk meninggalkan segmen underbone 135cc dan beralih ke segmen underbone 150cc. Sayangnya masih belum jelas kira-kira apa yang menjadi sebab utama untuk mengatakan bahwa Honda Sonic bakal memiliki varian yang disiapkan khusus untuk head-to-head dengan motor Yamaha itu.

Honda Sonic Vs Suzuki Satria FU

Tipe yang kedua yakni Honda Sonic hyper-underbone kabarnya diplot sebagai jagoan untuk menantang Suzuki Satria FU. Hal ini bisa dilihat dari desainnya yang konon menganut konsep ayago murni. Seperti yang kita tahu, desain ayago alias ayam jago merupakan salah satu rahasia Suzuki untuk bisa menyedot perhatian konsumen lewat tampilan keren milik Satria FU. Bagi Honda sendiri, desain ayago juga bukanlah barang baru karena sebelumnya pernah digunakan pada Honda Sonic lawas meskipun tidak terlalu meledak di pasaran.

WOW!  Komparasi Yamaha Jupiter MX 150 VS MX King 150

Jika kabar tentang varian Honda Sonic bakal terbagi menjadi dua itu memang benar adanya, hal ini mengindikasikan bahwa Honda Indonesia benar-benar bermain keras untuk menyerang dua motor bebek 150cc sekaligus. Dalam sekali tepuk, Suzuki Satria FU dan Yamaha MX King dijadikan target untuk dikalahkan dengan satu produk baru.

Bagaimana Spesifikasi Honda Sonic 150 ?

Menurut bocoran halus yang banyak tersebar di dunia maya, spesifikasi Honda Sonic bakal mengusung mesin berkubikasi 149,16cc dengan sistem Double Over-head Camshaft (DOHC) rocker arm. Mungkin sekilas konfigurasi spek yang semacam itu akan membuat kita menganggap bahwa spesifikasi Honda Sonic mirip dengan mesin Honda CBR150cc atau Honda CB150R Streetfire. Tapi jangan salah paham karena spek tiga motor Honda tersebut sejatinya memiliki cukup banyak perbedaan yang nyata.

Dengan spesifikasi yang mendekati mesin milik dua motor sport Honda, kabarnya Honda Sonic bukan diarahkan menjadi motor bebek sport layaknya Suzuki Satria FU. Motor baru Honda tersebut sepertinya justru dimasukkan sebagai bagian dalam keluarga motor sport murni, demi membantu penjualan Honda di segmen sport yang memang terbilang agak seret.

Konon dengan mesin 4-klep fuel-injection liquid-cooled serta girboks 6-speed, daya maksimum Honda Sonic berada di seputaran angka 15,7 Hp, tapi ada juga yang mengatakan bahwa potensi performa motor baru Honda tersebut bisa mencapai angka yang lebih tinggi lagi mencapai 16 Hp. Selain itu dengan mesin yang memiliki diameter X langkah : 57,4 x 57,7 mm, toleransi : 0,3 mm, serta mesin berkarakter Square, besar kemungkinannya tenaga yang dihasilkan Honda Sonic bakal merata di setiap kecepatan. Itu artinya motor ini akan menjadi kendaraan yang nyaman buat dikendarai, terlebih lagi bila bobotnya tidak terlalu berat.

WOW!  Komparasi Desain Antara CB150R Dan All New Vixion

Berapa Harga Honda Sonic 150 ?

Informasi mengenai harga motor Honda Sonic masih tertutup dengan sangat rapat. Tapi jika melihat musuh yang dituju adalah Satria FU maka besa kemungkinannya harga Honda Sonic 150 tidak akan jauh-jauh dari harga motor Suzuki tersebut yang berkisar di angka Rp. 20 jutaan.

Dengan kehadiran motor baru Honda tersebut, bukan tak mungkin catatan penjualan yang ditorehkan PT. Astra Honda Motor selaku agen pemegang merek motor Honda di Indonesia mengalami peningkatan yang lebih baik. Tapi siapa yang tahu ? Bukan tak mungkin juga bila kelak Honda Sonic terbaru justru kembali mengulangi sejarah motor bebek lawas yang disuntik mati lantaran memiliki catatan penjualan yang kurang baik yakni Honda City Sport 1 atau lebih dikenal dengan nama Honda CS1.

Mengingat motor baru Honda sepertinya bukan mengisi segmen motor bebek 150cc, melainkan murni sebagai motor sport, jelas sudah bahwa Honda sepertinya tidak peduli segmen apa yang ingin ditempelkan pada sosok Honda Sonic. Misi motor baru Honda tersebut adalah jelas yakni melibas Suzuki Satria FU serta menjegal langkah Yamaha MX King.

Honda Sonic merupakan sinyal yang nyata bahwa pabrikan berlambang sayap itu sudah mulai gemas melihat Suzuki yang begitu nyaman menikmati porsi besar di kelas underbone sport 150cc. Seperti yang kita tahu, segmen underbone 150cc Tanah Air telah dikuasai oleh Suzuki dengan Satria FU yang hanya bermain sendirian selama bertahun-tahun. Motor andalan Suzuki itu juga hampir tak pernah mendapat lawan serius dari kompetitor, malah cenderung dibanding-bandingkan dengan motor bebek lain yang notabene mengisi kelas yang berada sedikit di bawahnya.

Yamaha Jupiter MX lawas dan Kawasaki New Athlete merupakan dua musuh Suzuki Satria FU yang lebih pantas disebut sebagai musuh yang terlalu dipaksakan. Disebut begitu lantaran mesin Yamaha Jupiter MX lawas (sebelum tahun 2015) hanya mengusung kubikasi 135cc, sementara Kawasaki New Athlete hanya menggendong mesin 125cc. Dengan perbedaan yang terlalu mencolok, sudah bisa dipastikan bila Suzuki Satria FU kerap disebut-sebut sebagai yang paling unggul jika disandingkan dalam hal performa.

WOW!  Teknologi Mesin Baru pada Honda Jazz Hybrid

Di awal tahun 2015, barulah pabrikan motor Yamaha meng-upgrade Jupiter MX dari yang semula hanya menggendong mesin 135cc menjadi 150cc. Yamaha bahkan membuatkan saudara kembar yang lebih baik untuk Jupiter MX 150, yakni Yamaha MX King 150 yang diklaim memiliki kemampuan jauh lebih baik ketimbang Jupiter MX 150. Dalam sekejap, dua motor baru Yamaha tersebut kemudian mulai digembar-gemborkan sebagai lawan serius bagi Suzuki Satria FU. Pun begitu tak sedikit yang menganggap bahwa Jupiter MX 150 dan Yamaha MX King 150 terasa kurang pas bila disandingkan dengan sang raja ‘Suzuki Satria FU’, dikarenakan spek dan tampilan masing-masing motor yang dinilai berada di tingkat level berbeda.

Lain Yamaha, lain pula cara Honda dalam mempersiapkan diri menuju perang melawan Satria FU. Jika Yamaha masih konsisten menggunakan desain sendiri dengan gaya yang lebih menyerupai motor batangan, Honda justru menggunakan desain ayago yang sudah teruji popularitasnya lewat Satria FU. Meskipun bukan jaminan bahwa Honda akan mendulang sukses berkat desain motor ayago, namun dengan menggunakan desain yang hampir sama maka tak menutup kemungkinan bila Honda akhirnya bisa mengekor kesuksesan yang sebelumnya diraih oleh Suzuki.

Jika kelak Honda benar-benar merilis motor barunya, bisa dipastikan perang di segmen motor 150cc bakal lebih seru dan lebih panas dari sebelumnya. Mulai dari sini pabrikan motor Suzuki harus meningkatkan kewaspadaannya, karena bukan tidak mungkin serangan dari Yamaha, Kawasaki dan Honda yang main keroyokan bisa mempengaruhi penjualan Suzuki Satria FU dalam skala nasional.