Honda Acura NSX Akan Dijual di Indonesia?


Tags:

Setelah dipamerkan pada publik lewat ajang pameran otomotif North American International Auto Show (NAIAS), Honda Acura NSX mulai digosipkan bakal dijual di Indonesia. Tentu ini merupakan kabar baik sekaligus mengejutkan, pasalnya Honda Acura NSX bukan sekedar mobil biasa melainkan sebuah supercar berharga mahal yang punya tampilan mewah dan tenaga super gahar.

Jonfis Fandy selaku Direktur Marketing and Aftersales Service PT. Honda Prospect Motor (HPM) mengungkapkan bahwa kehadiran Honda Acura NSX di Indonesia sangat dimungkinkan mengingat besarnya animo dari konsumen Tanah Air yang menginginkan agar supercar berteknologi hybrid itu bisa dijual juga disini.

“NSX sedang kami kaji. Alasan kami mendatangkan tipe itu karena memang ada beberapa pencinta Honda yang berminat memilikinya,” ungkap Jonfis Fandy.

Sayangnya Jonfis tidak mau membocorkan ada berapa banyak peminat yang dimaksud, dan berapa kira-kira harga Honda Acura NSX jika kelak benar-benar dijual di Indonesia. Hanya saja Jonis menegaskan, pihak prinsipal Honda yang berpusat di Jepang tidak akan menetapkan kuota bagi setiap distributor yang menjual Acura NSX.

“Beda, NSX berbeda dengan CR-V atau Jazz. Dari Jepang (Honda Jepang) tidak menentukan berapa yang kami harus jual, karena ini kan bukan mobil pasaran,” jelas Jonfis.

Itu artinya, pihak Honda Jepang tidak akan memberi PT. AHM target harus menjual berapa banyak Acura NSX di Indonesia. Pun begitu mobil ini dikabarkan hanya akan diproduksi dalam jumlah tertentu saja, melihat fakta bahwa Honda di beberapa negara lain sudah menutup keran pre-order tipe ini karena banyaknya orang yang berminat memilikinya.

Sedikit menginformasikan, Honda Acura NSX merupakan generasi kedua dari versi sebelumnya yang sempat berhenti diproduksi. Setelah hilang di pasaran selama kurang lebih 25 tahun, Honda akhirnya memutuskan untuk kembali menghidupkan sosok supercar yang cukup me-legenda diantara para pecinta mobil-mobil super dari seluruh dunia itu.

WOW!  Ferrari LaFerrari FXX K Evo

Proses rancangan Honda Acura NSX kabarnya memakan waktu selama 3 tahun, dengan melibatkan tim desain global Honda yang terdiri dari 100 insinyur berpengalaman dan terampil. Yang menarik, salah satu desainernya merupakan seorang wanita, yakni Michelle Christensen yang memang terkenal di kalangan para pelaku seni khususnya dalam bidang desain.

Definisi seputar kapasitas mesin Honda Acura NSX dan berapa jumlah tenaga yang dihasilkannya memang belum dibocorkan pada publik. Namun diketahui spesifikasi Honda Acura NSX mengandalkan mesin V6 Twin-turbcharged, menggantikan mesin lama V6 konvensional yang dulu dipasang pada Acura NSX generasi pertama.

Mesin Honda Acura NSX menggunakan 3 motor listrik yang ditempatkan di depan, guna meningkatkan torsi serta akselerasi yang maksimal. Honda juga mengklaim bahwa mesin Acura NSX yang dikawinkan dengan sistem transmisi dual clutch gearbox (DCT) 9 percepatan itu dapat bekerja optimal dan menyalurkan tenaga secara sempurna ke kedua gardannya. Paket sistem gerak baru ini disebut Honda sebagai Sport Hybrid Super Handling All-Whell Drive.

Hingga saat berita ini diturunkan, harga Honda Acura NSX masih dirahasiakan dengan rapat. Namun beberapa pengamat dan blog-blog otomotif luar memperkirakan harga Honda Acura NSX bakal berada di angka US$ 150.000 atau setara dengan Rp 2,4 miliar (belum termasuk pajak dan biaya tambahan lain-lain).