Ford Pre-Collision Assist with Pedestrian Detection


Tags:

Ada yang menarik dengan cita-cita Ford buat mobilnya di masa depan. Produsen kendaraan roda empat yang bermarkas pusat di Amerika Serikat itu mengembangkan sebuah teknologi mobil yang diharapkan dapat menjadi solusi cerdas untuk mengurangi terjadinya kecelakaan antara pengendara mobil dengan pejalan kaki.

Teknologi mobil terbaru yang sedang dikembangkan oleh Ford itu diberi nama Pre-Collision Assist with Pedestrian Detection, sebuah fitur keamanan yang canggih untuk berjaga-jaga dalam berbagai kondisi. Misalnya saja seperti pengemudi yang mengantuk, pengemudi yang mabuk dan kehilangan kesadaran, atau pengemudi yang hilang konsentrasi sejenak sehingga tidak sigap menginjak pedal rem ketika ada orang yang menyeberang jalan secara tiba-tiba.

Dalam prakteknya, teknologi Pre-Collision Assist with Pedestrian Detection menggunakan 2 sensor yang memanfaatkan radar dan kamera yang dipasang di windshield, lalu akan memantau kondisi jalan di depannya secara kontinyu. Tak peduli apakah cuaca sedang berkabut, salju atau hujan deras yang mengganggu jarak pandang, pihak Ford mengklaim bahwa teknologi mobil yang satu ini tetap bisa bekerja dengan baik dan memberi rasa aman bagi pengemudi dan pengendara mobil.

Kehebatan dari teknologi ini adalah tingkat kecerdasannya yang tinggi, yakni mampu mendeteksi apakah ada tanda-tanda respon dari pengemudi atau tidak ketika ada pejalan kaki dengan jarak tertentu di depan mobil. Jika pengemudi diketahui tidak melakukan apa-apa, maka teknologi ini akan mengambil alih dengan cara mengaktifkan rem secara otomatis sehingga insiden menabrak bisa dihindari.

Adapun langkah-langkah detail cara kerja teknologi mobil dari Ford ini yaitu pertama-tama ketika ada pejalan kaki yang dianggap cukup dekat maka sistem akan memberitahu si pengemudi melalui audio (suara) dan visual (notifikasi di dashboard). Kemudian bila si pengemudi tidak langsung memperlambat laju mobil atau tidak merespon peringatan tersebut maka sistem akan berjaga-jaga dengan cara meningkatkan kemampuan rem mobil dan memperpendek jarak antara piringan (disc) dan bantalan rem. Dengan memperpendek jarak tersebut maka sistem bisa melakukan pengereman dengan cepat dan tepat sehingga bisa menghindari tabrakan yang ada.

WOW!  HUD Bikin Kaca Mobil Bisa Jadi Display

Yang perlu diingat, sistem pengereman otomatis dari teknologi ini akan menyebabkan terjadinya hentakan. Karena itu sangat penting agar pengemudi dan penumpang menggunakan sabuk pengaman demi menghindari terjadinya cedera.

Jika tidak berhalangan, rencananya teknologi mobil canggih buatan Ford ini akan mulai dibenamkan pada Ford Mondeo 2015 yang siap diproduksi massal tahun depan untuk Eropa. Selanjutnya, teknologi ini akan diterapkan di semua produk Ford dan Lincoln (mobil mewah versi Ford) di seluruh belahan dunia.

Sebenarnya teknologi yang dikembangkan oleh Ford ini bukanlah barang baru di dunia industri kendaraan roda empat. Sebelumnya teknologi serupa juga dikembangkan oleh Volvo, Mercedes-Benz dan Mazda yang bahkan sudah menggunakan teknologi ini untuk mobil-mobil yang mereka produksi di tahun 2020, hanya saja secara fungsi masih belum maksimal dan masih perlu pengembangan lebih lanjut lagi.