Ford Mustang Eleanor


Tags: ,

JIka Anda pernah menonton film berjudul “Gone in 60 Seconds” yang ditayangkan pada tahun 2000 silam, tentunya Anda pasti ingat salah satu ikon di dalam film tersebut, yakni Ford Mustang 1967. Baru-baru ini, mobil antik yang digunakan dalam film tersebut dikabarkan telah terjual di pelelangan Dana Mecum 26th Original Spring Classic Auction, dengan nilai yang mengejutkan yaitu US$1 juta atau setara dengan Rp 16 miliar.

Mobil antik yang dijuluki Eleanor dalam film yang dibintangi Nicolas Cage dan Angelina Jolie itu sebenarnya ditawarkan dengan harga USD300 ribu. Tapi siapa sangka kalau ternyata mobil klasik berwarna silver itu terjual tiga kali lipat dari harga awal yang ditawarkan.

Sebenarnya di dalam pembuatan film Gone in 60 Seconds, setidaknya terdapat 11 Mustang Eleanor fiktif yang dibangun untuk mendukung film tersebut. Kesebelas Ford Mustang Eleanor yang bukan merupakan Ford Mustang Shelby asli tersebut adalah mobil hasil modifikasi dari Ford Mustang GT500 1967 dan Mustang Fastback yang dibangun oleh Cinema Vehicle Services, bekerja sama dengan tuner spesialis Chip Foose.

Dari 11 mobil tersebut, hanya ada 3 mobil yang benar-benar berfungsi dengan baik, dan digunakan untuk kebut-kebutan dalam beberapa adegan. Namun 2 dari 3 mobil tersebut hancur selama proses pembuatan film dan hanya menyisakan satu unit yang dilelang ini.

Ray Claridge selaku pemilik Cinema Vehicle Services mengungkapkan bahwa ia sadar betul Ford Mustang Eleanor telah menjadi salah satu bintang film mobil muscle cars di dunia. Karena itulah ketika dibuat keputusan untuk dijual, maka pelelangan Dana Mecum 26th Original Spring Classic Auction yang terletak di Indiana Polis dianggap sebagai tempat yang paling sempurna untuk melepas mobil antik tersebut.

WOW!  MINI Cooper S Paceman Indonesia

Tidak disebutkan siapa yang membawa pulang mobil ”bersejarah” itu. Tapi dapat dipastikan bahwa penjualan kendaraan ini disertai sertifikat keaslian kendaraan dari perusahaan yang bertanggung jawab dalam membangun kendaraan tersebut, plus plakat khusus, termasuk Vehicle Identification Number (VIN).

Ford Mustang Eleanor yang dilelang ini memiliki tenaga yang berasal dari mesin V8 berkapasitas 5.7 liter yang mampu melontarkan daya hingga 400 hp melalui transmisi manual.

Selain memiliki mesin dan suara yang gahar, ciri khas utama dari Mustang Eleanor ini adalah sepasang lampu besar di bawah gril bagian depannya, spatbor menonjol, kap penutup bagasi yang baru, kap mesin yang unik, bentuknya yang ceper, serta menggunakan pelek 17 inci.

Di bagian interior, modifikasi hanya berkutat pada tambahan tombol untuk mengaktifkan NOS dengan tulisan ”Go Baby Go” pada dashboard, shift knob, line lock, alat pemadam kebakaran dan tambahan Autometer Sport Comp Monster.

Eleanor dijuluki sebagai mobil pahlawan di film “Gone in 60 Seconds”, dan telah menjadi bagian dari koleksi pribadi sejak tampil di layar lebar. Film tersebut bercerita tentang aksi Nicholas Cage yang terpaksa harus mencuri 50 mobil mewah demi menyelamatkan saudaranya. Mustang Eleanor sendiri menjadi pencurian Cage yang paling berisiko di adegan akhir film tersebut.