Fitur Keselamatan & Keamanan Canggih Pada Sepeda Motor


Tags:

Dewasa ini permintaan masyarakat Indonesia akan kendaraan roda dua yang telah dibekali fitur-fitur penunjang keselamtan dan keamanan mumpuni seolah sudah hampir menyamai kebutuhan serupa yang biasanya ditujukan pada kendaraan roda empat.

Seiring dengan berkembangnya pola pikir masyarakat yang kian cerdas, fitur keselamatan dan keamanan sepeda motor telah dianggap sebagai aspek penting ketika memilih sepeda motor, disamping beberapa pertimbangan lainnya yang meliputi kenyamanan, tampilan, harga dan lain-lain.

Tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya fitur keselamatan dan keamanan pada sepeda motor dapat disebabkan oleh banyak faktor. Dari segi keselamatan, fitur-fitur yang baik dan komplit sangat bisa diandalkan sebagai penjamin keselamatan kala berkendara. Dalam hal ini perlindungan diberikan untuk menjaga sang pengendara dari kemungkinan terburuk seperti kecelakaan atau musibah buruk lainnya, yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu tanpa diduga-duga.

Sementara dari segi keamanan, kenyataan bahwa kejahatan berupa pencurian sepeda motor belakangan ini terjadi cukup marak dan tidak terkendali tentu memberikan rasa kekhawatiran tersendiri. Dengan kondisi yang demikian maka fitur keamanan yang komplit pada sepeda motor dinilai dapat menjadi solusi terampuh demi melindungi diri dan melindungi motor tercinta dari tindak pencurian yang dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung-jawab.

Perlu diketahui, kehadiran fitur keselamatan dan keamanan pada sepeda motor kemungkinan besar berpengaruh terhadap harga dari sepeda motor itu sendiri. Semakin komplit dan canggih fitur yang dimiliki sebuah sepeda motor, maka semakin mahal pula harga sepeda motor tersebut ketika dijual. Namun jika dilihat sisi positifnya, toh harga yang bertambah mahal itu terbayar dengan rasa aman dan nyaman yang bisa diraih karena menggunakan motor yang dibekali dengan fitur keselamatan dan keamanan komplit nan canggih.

Untuk memahami fitur-fitur keselamatan dan keamanan apa saja yang biasanya dibekali pada sepeda motor masa kini, berikut ini klubberita.com ulaskan beberapa diantaranya :

1. Anti-lock Bracking System (ABS)

Anti-lock Bracking System atau biasa disingkat ABS merupakan fitur keselamatan canggih yang biasanya hanya dibekali pada motor-motor premium yang memiliki kekuatan beringas. Di Eropa, penggunaan fitur ini pada sepeda motor sudah menjadi barang wajib dan tak bisa ditolerir lagi.

WOW!  7 Fakta Seputar Mobil Listrik

Menurut sebuah survey yang dilakukan di Eropa, setengah dari kecelakaan fatal yang melibatkan pengguna sepeda motor umumnya terjadi saat di tikungan. Dari survey tersebut juga ditemukan fakta bahwa satu dari empat kasus kecelakaan dapat dihindari dengan adanya penggunaan fitur ABS karena fitur ini dapat membuat laju sepeda motor menjadi lebih mudah dikendalikan, terutama ketika melakukan belokan-belokan tajam.

Dengan adanya fitur ABS, pengendara dapat mengoreksi laju sepeda motornya saat berbelok miring. Fitur ini akan bekerja saat pengendara melakukan pengereman, baik rem depan ataupun belakang yang menyesuaikan dengan tingkat kecepatan dan juga sudut kemiringan sepeda motor. Alhasil ketika salah satu roda mengalami hilang kendali, ABS akan mengambil alih dan secara otomatis menahan laju roda tersebut agar sepeda motor mudah dikendalikan.

Tak hanya sangat bermanfaat untuk membantu pengendara ketika sedang melakukan belokan tajam. Fitur ABS juga mampu mengendalikan laju sepeda motor yang melakukan perpindahan gigi atau menutup grip gas secara mendadak ketika permukaan jalan sedang licin. Liarnya putaran roda yang berubah secara tiba-tiba pun dapat direduksi melalui fitur rem ini agar sepeda motor tidak mengalami selip.

2. Side Stand Switch (SSS)

Side Stand Switch merupakan fitur keselamatan yang banyak digunakan pada motor-motor bergenre matik. Konsep yang digunakannya sangat sederhana, yakni untuk melindungi pengendara yang terkadang ceroboh dan lupa menaikkan kembali standar samping motornya dari parkir dan langsung melaju begitu saja.

Meskipun terkesan sepele, namun posisi standar samping yang belum dilipat kembali saat motor digunakan untuk berjalan bisa mengakibatkan kecelakaan terutama saat motor sedang dipakai untuk berbelok ke kiri. Jika tersangkut tanah atau aspal yang bergelombang, pemilik kendaraan bisa saja jatuh karena posisi motor yang tidak seimbang.

WOW!  BMW Automated Self-Parking

Dari sanalah ide untuk menciptakan fitur keamanan berupa Side Stand Switch akhirnya muncul. Setiap motor yang telah menggunakan fitur ini tidak akan bisa dihidupkan mesinnya selama standar samping kendaraan belum dilipat. Begitu pula sebaliknya, mesin motor akan mati secara otomatis apabila standar samping diturunkan.

Dengan begitu maka mau tidak mau pengendara dipaksa untuk selalu melipat standar sampingnya jika ingin menyalakan mesin. Jadi keselamatan berkendara bisa sedikit terjamin karena tidak ada lagi yang namanya ‘lupa’ melipat kembali standar samping ketika ingin menjalankan sepeda motor.

3. Secure Key

Secure Key merupakan fitur keamanan sederhana namun sangat bisa diandalkan untuk menjaga sepeda motor dari tindak pencurian. Meskipun sepeda motor biasanya sudah diberi fitur keamanan berupa kunci stang, namun ternyata masih sering ditemukan kasus bahwa kunci stang masih bisa dijebol dengan mudah.

Mengingat sebagian besar pelaku curanmor (pencurian sepeda motor) menggunakan kunci khusus (biasa disebut kunci T) untuk menjebol dan mencuri sepeda motor yang menjadi incarannya. Produsen sepeda motor akhirnya mengakali hal tersebut dengan cara memberi perlindungan tambahan pada kunci kontak berupa penutup yang dibuat dari bahan khusus.

Tiap-tiap penutup antar satu motor dengan motor lainnya memiliki keunikannya masing-masing sehingga tidak bisa dibuka sembarangan. Untuk membuka penutup tersebut, pemilik kendaraan harus menggunakan gagang kunci motor yang biasanya sudah dibentuk dengan pola tertentu. Caranya cukup mudah, yakni dengan memutar gagang kunci setelah posisinya pas dengan pola yang dimiliki penutup kunci kontak.

Dengan adanya fitur keamanan Secure Key, motor hanya bisa dihidupkan oleh si pemegang kunci saja. Jadi fungsi kunci motor sangat fital disini dan tidak boleh hilang. Memang fitur Secure Key tidak bisa benar-benar menjamin motor aman dari incaran pencuri. Namun setidaknya dengan adanya penutup pada kunci stang maka gerak-gerik si pencuri akan terhambat dan bahkan bisa membuat mereka berpikir dua kali untuk mencuri motor yang sudah dilengkapi dengan fitur ini.

WOW!  Ketika Google Bikin ‘Android Auto’

4. Parking Lock

 

Fitur ini pada dasarnya meniru konsep rem tangan yang biasanya terdapat pada kendaraan roda empat. Fungsinya adalah untuk mengunci rem sehingga ban motor tidak akan bisa bergerak mundur.

Fitur ini sangat bermanfaat terutama ketika pengendara motor ingin berhenti atau parkir di tengah-tengah jalan yang kondisinya menanjak atau menurun. Juga bermanfaat kala motor berhenti di persimpangan lampu merah, sehingga pengendara tak perlu khawatir ban motornya tiba-tiba menggelondor tak terkendali.

5. Safety Starter

Pada motor matik, fitur ini membuat motor tidak akan bisa distarter tanpa menarik rem terlebih dahulu. Sementara pada motor yang dibekali gigi persneling, fitur ini membuat mesin tidak akan hidup jika persneling tidak dalam posisi idle atau netral.

Fungsi fitur ini sangat jelas, yakni untuk melindungi pengendara dari hentakan mendadak yang dapat terjadi pada motor jika si pengendara lengah saat menghidupkan mesin kendarannya. Sebagai contoh, motor matik yang tidak dibekali gigi persneling bisa langsung dijalankan cukup dengan memutar gas, nah disitulah fungsi fitur Safety Starter benar-benar dibutuhkan. Jika fitur ini tidak ada, bisa saja motor yang baru distarter tiba-tiba melesat langsung ke depan tak peduli apakah pengendaranya sudah siap atau belum. Dengan diwajibkannya pengendara agar menarik rem ketika menstarter motor, maka kemungkinan motor melesat secara tiba-tiba bisa dihindarkan.

Sementara untuk motor berpesneling, jika mesin tiba-tiba dihidupkan dalam kondisi persneling yang sedang tidak netral maka bagian roda depan bisa saja melompat (jumping). Kondisi ini sangat berbahaya, sehingga dengan adanya fitur Safety Starter yang memaksa pengendara agar tidak lengah dengan kondisi persnelingnya maka kemungkinan terburuk pun bisa dihindari.

Sekian ulasan lengkap terkait fitur-fitur keselamatan & keamanan canggih yang biasa dibekali pada sepeda motor Honda masa kini. Semoga bermafaat.