Faktor-Faktor yang Dapat Merusak AC Mobil


Tags:

AC atau Air Conditioner di dalam kendaraan tentunya sangat penting untuk menunjang kenyamanan selama perjalanan. Jika AC Mobil mati, keadaan didalam mobil pasti panas dan tidak nyaman, terutama jika anda membawa anak kecil.Itulah mengapa sangat penting bagi anda untuk menjaga agar AC Mobil anda tidak rusak. Terdapat banyak faktor yang kadang tidak anda sadari dapat merusak AC Mobil. Faktor-faktor berikut dapat anda hindari untuk menjaga kondisi AC Mobil anda.

Faktor Perusak AC Mobil

  1. Merokok dalam Mobil

Larangan untuk merokok di dalam mobil ketika berkendara bukanlah sesuatu yang sia-sia loh. Selain untuk kenyamanan penumpang dan pengendara lain di sekitar anda, larangan merokok dalam mobil juga berfungsi untuk menjaga kesehatan AC Mobil. Pasalnya, asap serta debu rokok yang dinyalakan saat berkendara bisa langsung masuk ke dalam filter AC meskipun sudah membuka jendela. Hal ini akan membuat filter kotor dan berujung memperburuk kinerja AC.

  1. Terlalu Lama Membuka Jendela

Faktor selanjutnya yang bisa merusak AC Mobil namun sering dilakukan adalah terlalu lama membuka jendela Mobil ketika AC sedang menyala. Hal ini membuat kinerja kompresor yang bekerja untuk menciptakan suhu ideal dalam mobil menjadi tidak stabil. Hal ini lama kelamaan akan merusak kompresor AC Mobil.

  1. Menggunakan Pewangi yang Tidak Tepat

Menggunakan pewangi mobil yang tidak tepat ternyata juga bisa menjadi faktor yang merusak AC Mobil loh. Pewangi untuk mobil yang seharusnya digunakan adalah pewangi dengan tekstur cair agar setelah menguap, akan langsung hilang. Pewangi mobil dengan tekstur gel atau padat akan kembali menjadi bentuk semula setelah menguap. Ketika pewangi tersebut menguap dan terkena suhu yang dingin, uap akan kembali mengendap dan menjadi bentuk semula dalam partikel kecil yang akan menghambat filter dari AC Mobil.

  1. Mematikan Mesin Saat AC Menyala
WOW!  Tips Modifikasi Motor Honda ADV yang Aman dan Nyaman

Selalu ingat untuk mematikan AC, Radio atau music player mobil ketika akan mematikan mesin mobil. Jika anda membiarkan AC menyala saat anda mematikan mesin mobil, aki akan bekerja ekstra saat mesin mobil dinyalakan kembali karena selain memacu mesin mobil, aki akan langsung memacu AC. Hal ini jika dilakukan terus menerus akan membuat kinerja aki tidak maksimal sehingga arus listrik menjadi tidak stabil. Lama kelamaan, kinerja mesin AC juga menjadi tidak maksimal.

  1. Tidak Menjaga Kebersihan

Kebiasaan menaruh banyak barang di kabin mobil ternyata juga menjadi faktor yang merusak AC Mobil loh. Sampah, kotoran maupun barang-barang yang diletakkan di kabin akan memperbanyak debu halus yang mungkin masuk ke filter AC dan merusaknya.

Kerusakan yang Terjadi pada AC Mobil

  1. Kebocoran Kondensor

Kebocoran yang terjadi pada kondensor biasanya berada di pipa sambungan antara kondensor dan AC Mobil. Jika kondensor bocor, penyaluran udara dingin dari dalam AC akan menjadi tidak maksimal sehingga mobil akan tetap terasa panas. Kebocoran kondensor seringkali terjadi karena kebiasaan buruk membuka kaca mobil saat AC masih menyala sehingga kotoran dan debu mudah masuk dalam kondensor dan membuatnya bocor.

  1. Karat pada Kondensor

Kotoran dan debu juga dapat mengakibatkan karat pada kondensor loh. Apalagi ditambah dengan tetesan air yang terjadi saat proses pendinginan mobil. Untuk itu, anda harus rajin membersihkan bagian kondensor ini agar tidak ada kotoran yang menumpuk.

  1. Penyumbatan Kondensor

Masih karena kotoran dan debu, kondensor juga bisa menjadi tersumbat. Kotoran dan debu meskipun dalam ukuran yang kecil, lama kelamaan pasti membuat kondensor tersumbat. Hal ini perlahan membuat AC tidak dingin dan berujung kerusakan.

  1. Kondensor Kepanasan
WOW!  Konsep Blue Core Motor Yamaha

Kondensor memang berfungsi untuk menyebarkan udara dingin sekaligus menyerap udara panas dalam mobil. Namun terkadang, kondensor mengalami yang namanya overheat yang membuatnya error dan rusak. Overheat pada kondensor ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kipas yang tidak berputar, kondensor yang kotor, cairan freon dan oli kompresor terlalu banyak serta putaran visco fan radiator yang melemah.

  1. Kondensor Terlalu Tua

Kondensor juga memiliki umur ekonomisnya loh. Bisa jadi kerusakan AC Mobil anda diakibatkan usia kondensor yang sudah terlalu tua. Jika begini, cara satu-satunya ialah mengganti mesin kondensor AC Mobil.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap tentang faktor-faktor yang dapat merusak AC Mobil. Semoga setelah membaca artikel ini anda dapat menghindari faktor-faktor tersebut agar AC Mobil anda tetap terjaga. Semoga bermanfaat!