Cek Dulu Sebelum Beli Beli Motor Honda Vario eSP 110

Mau Beli Motor Honda Vario eSP 110 Cek Dulu Kekurangannya Yuk!

Pepatah yang mengatakan bahwa tidak ada gading yang tak retak memang benar adanya. Hal tersebut juga terjadi pada sepeda motor Honda Vario eSP 110. Walau dibalik motor ini terdapat berbagai macam kelebihan, termasuk mengusung fitur baru yang sangat canggih namun unsur kekurangan juga masih ada.

Lantas, apa sajakah kekurangan dari Honda Vario eSP 110 ini? Apakah kekurangan motor Honda Vario ini merupakan kekurangan yang fatal ataukah kekurangan tersebut masih bisa diabaikan karena tertutupi dengan semua kelebihan yang ditawarkan dibaliknya?

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengupas semua hal tentang apa saja kekurangan dari Honda Vario eSP 110. Lets check these out!

Kekurangan Motor Honda Vario eSP 110

Bagasi tidak muat untuk tempat helm

Kekurangan pertama yang akan sangat dirasakan oleh pengendara Vario eSP 110 adalah kapasitas bagasi yang cenderung kecil. Tubuh motor Honda Vario eSP 110 memang lebih bongsor dibandingkan Honda Beat.

Motor ini memiliki dimensi panjang mencapai 1.888 mm dengan lebar 679 mm dan tinggi mencapai 1091 mm. Bobotnya juga lebih berat dari Honda Beat yaitu sebesar 96 kg. Akan tetapi walau demikian, motor besutan Honda ini punya kapasitas bagasi yang tidak jauh berbeda dari Honda Beat.

Didalamnya mampu memuat barang sampai kapasitas 13 liter namun tidak bisa muat untuk helm. Nah, fakta inilah yang menyebabkan mengapa skutik Honda Vario eSP 110 yang menjadi satu – satunya keluarga Vario yang punya kekurangan yaitu bagasi yang kecil sehingga tidak muat sebagai tempat helm.

Memang tak banyak orang yang memedulikan hal ini. Akan tetapi bagi mereka yang merasa bahwa helm harus safety tanpa perlu ragu akan potensi kehilangan  ketika motor ditinggal, maka kekurangan ini akan cukup diperhitungkan dan terasa sedikit mengganggu.

Kapasitas tangki bensin yang jauh lebih kecil

Tangki bensin dari motor Honda Vario eSP 110 juga sama kecilnya dengan kapasitas bagasi mininya. Anda hanya bisa mengisi bensin dengan kapasitas maksimal hanya 3,7 liter saja. Kapasitas tangki bensin ini bahkan lebih kecil dari kapasitas tangki bensin yang dimiliki Honda Beat yang mampu menampung bensin up to 4 liter.

Padahal jika kita membandingkan body motor Honda Beat yang punya kapasitas bensin 4 liter, dengan body motor Honda Vario yang punya kapasitas bensin hanya 3,7 liter, bodynya masih lebih bongsor dan lebih besar Honda Vario dengan kapasitas bensin 3,7 liter tersebut.

Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap tingkat seringnya pengendara pengunjungi SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum untuk mengisi ulang bensin motornya. Hal ini  tentu akan cukup mengganggu bagi mereka yang sibuk dan kurang suka bolak – balik mengisi bensin motor.

Namun walau berbeda di sisi kapasitas tangkinya, baik Vario eSP 110 dan Honda Beat sama – sama hemat. Keduanya sama – sama hemat karena memang dibekali dengan dukungan mesin yang memiliki basis kapasitas sebesar 108,2 cc satu silinder SOHC lengkap dengan pendingin udara.

Kemudian jantung mekanismenya juga dibekali teknologi ISS yang mampu menjadikan sistem pengolahan bahan bakar sebagai daya kerja motor lebih irit. Secara performa, Honda Vario eSP 110 memang unggul karena mampu memuntahkan torsi 9,01 Nm di putaran 6500 rpm dan memiliki tenaga maksimal sebesar torsi 8,68 PS pada putaran 7500 rpm.

Harga yang masih tinggi

Honda Vario eSP 110 dibanderol oleh Honda dengan harga 17,5 juta rupiah untuk varian paling tinggi atau dengan kata lain Vario 110 eSP merupakan skutik entry level pabrikan PT AHM yang harganya paling mahal kedua setelah Scoopy yaitu sebesar 17,8 juta rupiah.

Namun walau mahal, sebenarnya ada banyak fitur yang bisa kita dapatkan sebagai bagian keunggulan dari Honda Vario eSP 110. Salah satunya pada bagian desain.

Visualisasi dari Honda Vario 110 eSP ini memang tampak elegan dan cantik. Di bagian speedometernya pun telah dilengkapi bersama dua cluster yang ditempatkan pada bagian atas dan bagian bawah. Pada bagian atas, speedometer dibuat dalam suatu frame yang bulat dan berbentuk jarum analog.

Desain yang terlihat secara keseluruhan memiliki visualisasi yang memang tampak lebih cantik dan lebih elegan dibandingkan versi yang terdahulu. Pada bagian speedometer, Honda Vario 110 eSP ini dilengkapi dengan dua buah cluster.

Penempatan dua buah cluster tersebut terdapat pada bagian atas dan pada bagian bawah. Pada bagian atas speedometernya dibuat dalam sebuah frame bulat berbentuk jarum analog. Desainnya dibuat dengan konsep yang sangat minimalis akan tetapi tetap kesannya enak dipandang dan sangat informatif.

Itulah beberapa hal tentang kekurangan motor Honda Vario eSP 110 yang Anda harus tahu. Namun walau punya beberapa kekurangan, masih banyak kelebihan yang Anda bisa dapatkan dibalik motor ini.