Cara Jitu Mendapatkan Garansi Honda yang Perlu Anda tahu!

Ketika seseorang membeli sebuah motor baru, ia pasti akan memperoleh garansi motor Honda dari dealer tempatnya membeli motor tersebut. Nah, garansi ini bisa digunakan saat motor mengalami kerusakan atau masalah lain yang menyebabkannya tidak bisa bekerja secara normal. Umumnya, pihak Honda akan menawarkan garansi kerusakan mesin selama 3 atau 5 tahun jaminan injeksi bahan bakar.

Agar klaim atas garansi yang diajukan bisa diterima, maka Anda perlu mengetahui serta menaati prosedur perawatan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pihak PT Astra Honda Motor, selaku produsen utama untuk motor Honda yang banyak tersebar di Indonesia. Ini wajib diperhatikan karena pihak produsen tadi tidak akan menanggung semua klaim yang diajukan apabila kondisi dan perawatan motor tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

 

Manfaat Keberadaan Garansi

Secara garis besar, garansi bisa diartikan sebagai jaminan yang diberikan kepada produsen kepada konsumen atas suatu barang atau jasa yang ditransaksikan. Keberadaan garansi menjadi langkah yang diambil produsen untuk meyakinkan para pelanggannya bahwa barang yang mereka miliki berkualitas baik juga tidak mengandung cacat manufaktur.

 

Cara Mendapatkan Klaim Garansi dari Motor Honda

Pada dasarnya, produsen motor hanya akan menerima klaim garansi apabila kerusakan yang timbul bukan karena kecerobohan dari konsumen itu sendiri. Hal tersebut biasanya akan diperiksa ulang melalui servis record yang dilakukan secara rutin sebelumnya. Apabila motor selalu diservis tepat pada waktunya, tentu akan lebih mudah untuk mengajukan klaim saat terjadi kerusakan yang tidak terduga di masa mendatang.

Dengan alasan tersebut, pemilik kendaraan bermotor wajib untuk selalu melakukan servis secara rutin sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan pada buku servis. Sebagai tambahan catatan, tidak semua sparepart dimasukkan ke dalam daftar komponen garansi untuk motor Honda baru seperti pada mesin ataupun blok silinder.

WOW!  Cicil Motor Scoopy dengan DP Murah

Terkecuali apabila timbul kerusakan saat motor belum lama diterima oleh konsumennya. Disamping itu, apabila pengguna motor memodifikasi motor honda, jangan berharap untuk dapat mengajukan klaim atas garansi pada produsen. Karena jelas akan langsung ditolak.

 

Prosedur Klaim Garansi Honda

Untuk dapat mengajukan klaim garansi Honda, pemilik sepeda motor dapat menghubungi Honda Customer Care Center/HC3. Kemudian nantinya akan diteruskan ke dealer terdekat yang berada di lokasi Anda.

Atau bisa juga dengan mengunjungi AHASS secara langsung. Disana, Anda bisa menyampaikan semua keluhan atas motor yang dimiliki. Pihak staff akan melayani dengan ramah untuk semua keluhan dan pertanyaan yang dilontarkan.

Setelah dilakukan pengecekan, mekanik biasanya akan memotret bagian blok yang rusak untuk selanjutnya dikirimkan ke AHM.

Setelah itu, pihak AHASS akan meminta Anda untuk menunjukkan berbagai dokumen pendukung seperti halnya KTP, STNK, dan Buku Garansi/Service. Pada tahap ini, buku garansi/service akan dibawa oleh pihak AHASS selama menunggu proses perbaikan dan penggantian komponen datang. Sedangkan STNK dan juga KTP akan langsung dikembalikan pada saat itu juga.

Ketika motor Anda selesai diproses untuk pengecekan tahap awal, maka Anda dapat mengajukan klaim garansi dan kerusakan pada motor akan diperbaiki tanpa perlu mengeluarkan biaya barang sepeserpun. Oleh karena itu, penting bagi pemilik motor untuk senantiasa memperhatikan prosedur perawatan motor Honda baru agar apabila terjadi suatu kecelakaan atau kerusakan bisa mengajukan klaim garansi untuk motor Honda dengan mudah.

Kini, mengajukan klaim garansi motor Honda tak lagi menjadi masalah yang besar untuk ditaklukkan. Dengan rutin menyervisnya pada bengkel resmi seperti halnya http://www.nambomotor.com/ prosedur klaim pun akan mudah disetujui.