BMW Automated Self-Parking


Tags:

Teknologi mobil yang bisa membuat sebuah kendaraan bergerak sendiri tanpa perlu dikemudikan memang bukan hal baru di dunia otomotif. Pada kesempatan sebelumnya klubberita.com pernah mengulas tentang hal ini pada artikel lain.

Produsen mobil di hampir seluruh dunia sepertinya memang menganggap serius konsep teknologi mobil tanpa sopir yang digadang-gadang bakal menjadi wajah dari mobil masa depan. Mulai dari Nissan, Volvo, hingga Audi saling berlomba-lomba menciptakan teknologi yang memungkinkan era praktis dalam hal penggunaan kendaraan itu.

 

Salah satu perusahaan robotic asal Prancis ‘Induct’ bahkan telah menjual mobil tanpa pengemudi (self driving car) secara komersil, lewat kendaraan angkutan mereka yang diberi nama Navia Shuttle.

Baru-baru ini giliran BMW yang mulai unjuk gigi dan bermaksud untuk menggemparkan jagat otomotif lewat teknologi automated parking bernama Remote Valet Parking Assistant. Ini merupakan sebuah program cerdas yang dapat membuat kendaraan mencari tempat parkir sendiri tanpa perlu dikemudikan oleh sopir.

BMW i3 Pakai Teknologi Parkir Sendiri

Sebenarnya teknologi automated parking BMW sudah pernah jadi perbincangan hangat di sejumlah media dan blog otomotif internasional sejak lama. Namun pihak BMW mengaku masih belum siap lantaran masih butuh waktu untuk riset dan pengembangan lebih jauh.

Memanfaatkan ajang International Consumer Electronics Show (CES) yang berlangsung pada awal Januari di Las Vegas, Amerika Serikat, rencananya BMW akan memamerkan teknologi canggihnya itu lewat uji coba langsung. Mobil yang akan disematkan teknologi automated parking buatan produsen mobil asal Jerman itu adalah BMW i3.

Bagaimana Cara Kerja Remote Valet Parking Assistant ?

Dilansir dari Autocar, automated parking BMW menggunakan empat scanner laser yang dipasang pada mobil dan akan mencatat kondisi sekitar sembari membuat skema gedung atau area parkir yang berada disekitarnya lewat pemetaan digital yang rinci dengan perhitungan milimeter.

WOW!  Canggihnya Teknologi Mobil Tanpa Sopir ala Google Waymo

Berikutnya scanner laser yang berfugsi sebagai radar itu akan membuat kalkulasi apakah sebuah lokasi memungkinkan untuk digunakan sebagai tempat parkir atau tidak. Lalu jika data telah terkumpul, sistem canggih pada teknologi ini akan meneruskan hasil perhitungan ke pengemudi, untuk kemudian memutuskan apakah tindakan dapat diteruskan atau justru dihentikan.

Teknologi canggih buatan BMW ini tak hanya terbatas digunakan pada area parkir yang sederhana saja, melainkan dapat pula digunakan untuk memarkirkan mobil secara otomatis ke area parkir bertingkat yang biasanya terdiri dari beberapa lantai. Tak itu saja, sebagai langkah pengamanan maka teknologi remote valet parking assistant ini juga bisa mendeteksi potensi bahaya seperti mobil lain yang tengah diparkir, juga pejalan kaki.

Untuk mengendalikan fitur canggih ini cukup mudah, yakni dengan menekan satu tombol yang tersedia di dalam kabin dan mobil pun akan melakukan aksi parkir sendiri. Sebagai opsi tambahan, pengemudi juga bisa memberi perintah lewat suara (voice command) atau cukup dengan cara menyentuh layar smartwatch yang dibekali aplikasi khusus dan telah terintegrasi dengan mobil untuk memberi tindakan agar mobil parkir sendiri.

Tak itu saja, smartwatch yang digunakan menempel di tangan layaknya jam biasa itu juga bisa digunakan untuk memberi perintah pada mobil agar menjemput si pemilik kendaraan di tempat yang telah ditentukan. Jadi katakanlah si pemilik mobil hendak keluar dari gedung, ia dapat memanggil mobilnya agar keluar dari tempat parkir saat itu juga. Dan saat si pemilk mobil sudah berada di luar gedung, mobilnya juga sudah stand by disana siap untuk dikendarai.

Fitur Masa Depan Buat BMW Seri 7

Rencananya teknologi remote valet parking assistant BMW ini akan turut disematkan pula pada BMW Seri 7 yang saat ini tengah dikembangkan dan dijawalkan siap meluncur pada tahun 2021 mendatang. Yang membuatnya beda, sistem perintah tidak menggunakan smartwatch melainkan melalui kunci mobil.

WOW!  Tampilan New BMW X1 sDrive Terbaru – Lebih Mewah, Lebih Istimewa