Begini Cara Hitung Teknik Harga Jual Mobil Bekas


Memiliki koleksi mobil memang impian beberapa orang dengan tujuan tertentu. Namun bagaimana jadinya apabila mobil memang sudah jarang atau bahkan tak pernah terpakai? Bagi sebagian kalangan berfikir untuk menyewakan dengan persyaratan yang ada. Namun tak sedikit pula yang memilih untuk menjual dengan harga yang tak sebanding. Berikut akan diulas lebih lanjut mengenai teknik perhitungan Harga Jual Mobil Bekas.

 

  1. Merek Mobil

Pertama dan utama yang perlu dibahas ialah mengenai merek mobil. Percaya atau tidak bahwasanya merek menentukan harga jual kembali dari sebuah produk mobil. Pada pencapaian tiap perusahaan pemroduksi mobil, selalu memberikan kualitas terbaik guna memaksimalkan kinerja penjualan tiap saat. Oleh sebab itu dari adanya branding yang diciptakan, diharapkan mampu memaksimalkan daya tarik pasar.

Semisal pada sebuah penjualan antara mobil A dan mobil B dengan kualitas yang berbeda. Dari Mobil A sendiri memiliki beragam kualitas namun hanya mampu dimiliki oleh kalangan atas. Sedangkan Mobil B memiliki kualitas yang sederhana namun mampu dimiliki mulai dari kalangan menengah. Tentu hal ini menjadi petimbangan dari konsumen untuk mampu memilih salah satu diantaranya.

Merek mobil juga mampu meningkatkan daya tarik konsumen dalam melihat perilaku konsumsi pasar. Semisal pada sepanjang tahun 2020, pengguna mobil rata-rata memilih merek mobil A sebagai keputusan akhir. Bisa jadi dari perilaku konsumsi pasar ini, membuat beberapa calon konsumen menjadi tertarik dengan merek mobil tersebut. Hal inilah yang disebut dengan magnet tarik-menarik perilaku konsumsi.

 

  1. Warna Mobil

Kedua terdapat pertimbangan warna mobil. Warna ternyata mampu mengubah daya tarik konsumen dalam menentukan pilihan. Umumnya pilihan warna disepakati sesuai keputusan akhir. Ada beberapa pilihan konsumen dari kalangan wanita, pria, maupun kepentingan bersama seperti keluarga. Namun untuk tiap selera pastinya memiliki ciri khas unik tersendiri.

WOW!  Ketahui Spesifikasi BMW Seri 7 Kado Manis Atta Halilintar ke Aurel Hermansyah

Jika dilihat dari perilaku konsumsi pada teknik Harga Jual Mobil Bekas pengguna mobil, umumnya pria lebih menginginkan warna yang cenderung tegas. Seperti merah, biru, hitam, dan abu-abu. Warna tersebut menjadi langganan sebab pada dasarnya pria lebih ingin terlihat tegas dihadapan banyak orang. Sedangkan untuk wanita sendiri lebih cenderung menginginkan warna lembut. Seperti pink, cream, nude, dan putih.

Warna lembut umumnya menandakan bahwa seorang wanita lebih ingin dilihat tingkat perfeksionis. Oleh sebab itu, tak jarang bahwa beberapa merek mobil mengeluarkan edisi khusus kepada wanita yang menginginkan warna tersebut. Jika untuk pilihan keluarga, umumnya dapat disepakati bersama sesuai dengan kebutuhan bersama. Jadi, Anda hanya tinggal memaksimalkan sesuai kebutuhan yang dibutuhkan.

 

  1. Kondisi Mobil

Poin ketiga dari penentuan Harga Jual Mobil Bekas adalah kondisi. Poin dari kondisi mobil memang sesuatu yang penting untuk dipertimbangkan oleh beberapa pembeli produk bekas. Pada dasarnya kondisi merupakan hasil akhir dari pemakaian yang sudah sering digunakan. Itulah sebabnya pembeli perlu teliti dalam memikirkan barang bekas yang nantinya akan dibeli serta digunakan dalam jangka panjang.

Anda yang berencana akan menjual mobil bekas, pastikan menulis dan menginformasikan dengan baik kondisi terakhir dari produk tersebut. Jika tidak, kesalahan fatal akan terjadi apabila konsumen merasa dirugikan dengan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi mobil tersebut. Pastikan pelayanan dan kualitas yang diberikan oleh Anda, selaku penjual sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kondisi mobil juga mempengaruhi minat pasar untuk menentukan keputusan pembelian. Jika Anda termasuk orang yang menginginkan kualitas lebih baik daripada tampilan, ada baiknya untuk melihat spesifikasi secara keseluruhan dan tidak terburu-buru. Hal ini lebih baik daripada Anda harus melihat dari dana yang serba terbatas, dan lebih banyak melihat dari pola tata desain mobil tersebut.

WOW!  Ketika Google Bikin ‘Android Auto’

 

  1. Harga Mobil

Dan yang terakhir ialah poin penentuan harga. Memang pada dasarnya penentuan harga mobil merupakan hal utama dan penting yang harus dipikirkan oleh penjual produk bekas. Ada beberapa teknik yang biasanya dilaksanakan oleh penjual dalam menentukan harga. Salah satunya ialah menentukan nilai penyusutan mobil sekitar 15-20% dari tahun pertama. Ada pula yang senilai 10-15% di tahun kedua.

Lalu potensi depresiasi mobil bekas dapat dilaksanakan seminimal mungkin tergantung dari tahun pembelian pertama hingga beranjak saat dijual. Teknik Harga Jual Mobil Bekas yang dijelaskan pada ulasan diatas tidak semata-mata harus dijadikan patokan umum. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan standar perhitungan yang sudah dipertimbangkan dengan orang-orang yang ahli dalam bidangnya.