All-New Kia Soul EV 2020 Mobil Listrik Korea Untuk Eropa


Mobil listrik kedua dari KIA telah memulai debutnya di gelaran otomotif Chicago Auto Show yang tengah berlangsung minggu ini di Chicago, Amerika Serikat.

Berbeda dengan mobil listrik pertama KIA yakni Ray EV yang hanya dijual di Korea, khusus untuk Soul EV ini KIA berniat untuk menjadikannya sebagai senjata baru untuk menjajal pasar global.

All-New Kia Soul EV 2020 sejatinya merupakan generasi termuda dari varian Soul, dimana yang sebelumnya hadir duluan adalah sang kakak yakni Soul versi bensin.

Kelak All-New Kia Soul EV 2020 akan berhadapan dengan mobil listrik lain dari kompetitor sepert Nissan Leaf, Toyota Scion iQ, Chevrolet Spark EV, Honda Fit EV, Fiat 500e, Mitsubishi i- MiEV, Smart fortwo listrik, Ford Focus EV, Toyota RAV4 listrik, dan Tesla Model S.

Kehadiran All-New Kia Soul EV 2020 oleh KIA diharapkan mampu memberi kontribusi positif terhadap penjualan, pasalnya jika ditilik ke belakang dalam beberapa tahun terakhir ini kondisi penjualan KIA secara global memang tengah turun secara drastis.

Rencanya mobil baru KIA ini dijadwalkan masuk ke pasar internasional pada kuartal ketiga tahun ini di Amerika Serikat. Negara berikutnya yang menjadi target adalah Inggris, kemudian dilanjutkan ke Eropa. Di Inggris, harga KIA Soul EV diperkirakan berada di angka £37,295 atau sekitar Rp 596.725.000.

EKSTERIOR


berbeda jauh dengan sang kakak. Mobil ini juga telah dibekali dengan dengan fitur proyeksi lampu, lampu posisi LED, LED lampu kombinasi belakang, serta velg 16 inci yang menghiasi sektor kaki-kakinya.

KIA All-New Kia Soul EV 2020 akan tersedia dalam 3 pilihan warna, dimana kesemuanya itu mendapat kelir ala two-tone. Adapun 3 pilihan warna untuk Soul EV antara lain : Bodi biru dengan atap berwarna putih, bodi putih dengan atap biru, serta bodi silver dengan atap berwarna putih.

WOW!  Mobil Polisi Keren Hasil Modifikasi AC Schnitzer

INTERIOR


Masuk ke dalam kabin, All-New Kia Soul EV 2020 telah dibekali dengan sistem hiburan minimalis berupa monitor layar sentuh 8 inchi, yang ditaruh di bagian tengah dashboard. Tidak terlalu mewah namun sudah cukup untuk sebuah mobil dengan konsep minimalis. Untuk kontrol baterai, diberikan juga layar OLED 3,5 inchi yang akan menyajikan informasi terkini mengenai baterai mobil saat tengah digunakan.

Selain itu, guna mendukung keselamat pengendaranya, disematkan juga bahan anti bakteri pada tongkat perseneling, audio dan HVAC control karena komponen tersebut dianggap merupakan yang paling sering disentuh.

Kemudian dampak dari penempatan baterai yang ditaruh tersembunyi di bawah lantai, alhasil legroom belakang mobil ini jadi lebih lega jika dibandingkan dengan mobil listrik lain di kelasnya. Sementara untuk hip (panggul) room dan ruang bahu pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan kakaknya yakni Soul versi bensin.

MOTOR LISTRIK


All-New Kia Soul EV 2020 menganut sistem FWD, di mana kedua roda depan digerakan oleh sebuah motor listrik bertenaga 109 hp (81,4 kW) dan bertorsi 285 Nm. Dengan transmisi 1-speed, Soul EV diklaim sanggup berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 12 detik, sebelum mencapai kecepatan puncak 140 km/jam (104 mph).

BATERAI


All-New Kia Soul EV 2020 dibekali baterai 64kWh Li-ion polymer. Baterainya ini dibuat dengan desain rata dan ditaruh tersembunyi di bawah lantai, sehingga legroom belakang jadi lebih lega dibanding mobil listrik lainnya.

Baterai KIA Soul EV bisa diisi di semua sumber listrik yang melayani pengisian ulang baterai mobil listrik. Mulai dari outlet standar 120 volt yang membutuhkan waktu 24 jam untuk mengisi baterai dari nol hingga penuh. Atau juga bisa diisi di stasiun pengisian konvensional 240 volt yang membutuhkan waktu lebih singkat yakni 5 jam 25 menit. Jika tidak ingin menunggu lama, baterai Kia Soul EV juga bisa diisi secara singkat hingga 80%, dimana hanya butuh waktu selama 33 menit saja dengan charger bertenaga 50kW.

WOW!  The new Mercedes-AMG GLA 45 4MATIC+ Crossover Mercy Termurah

Dengan baterai terisi penuh, Soul EV dapat dikendarai untuk menempuh jarak antara 130 – 161 km. Yang menarik, saat dipakai untuk berkendara rupanya Soul EV dapat mendaur ulang sendiri energi baterainya karena menggunakan bahan bio-based plastic (plastik yang bisa didaur ulang) serta tebu (sugar cane).