All New KIA Sorento 2021


Tags:

Jika saat ini Anda membutuhkan mobil SUV (Sport Utility Vehicle) dengan rasa premium yang dibanderol dengan harga terjangkau, mungkin All New KIA Sorento dapat masuk dalam daftar yang harus Anda pertimbangkan. Dan untuk membantu Anda dalam membuat keputusan, dalam artikel review kali ini klubberita.com akan mengulas informasi lengkap seputar All New KIA Sorento, mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang dimilikinya.

Hanya saja sebelum Anda membaca lebih jauh, perlu dipahami kalau review All New KIA Sorento ini kami buat dengan menekankan nilai-nilai subjektifitas. Sehingga tak ada yang kami lebih-lebihkan dan di sisi lain juga tak ada yang kami kurangi.

Berikut ini Review All New KIA Sorento Indonesia :

SEKILAS PANDANG

All New KIA Sorento merupakan mobil SUV 7 penumpang yang dibawa oleh PT. KIA Mobil Indonesia (KMI) selaku ATPM, untuk mengincar segmen keluarga atau pria mandiri yang menggemari mobil petualang. All New Sorento dijadwalkan melakukan debut resminya di Geneva Motor Show 2020. Namun Kia tak mau menunggu hingga Maret mendatang untuk mengenalkannya andalan barunya itu. Tak hanya tampilan, pabrikan asal Korea itu juga mengungkapkan sebagian detail spesifikasinya. Banyak yang serba baru. Ubahan dilakukan baik di eksterior, interior maupun fitur di dalamnya.

Di Indonesia, New KIA Sorento memiliki kompetitor berat seperti Mitsubishi Pajero Sport yang cukup laris manis di pasaran, dan Toyota Fortuner yang mengusung nama besar Toyota. Disebut berat karena dua kompetitor tersebut merupakan mobil-mobil keluaran Jepang yang jauh lebih digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Sementara New KIA Sorento sendiri merupakan mobil keluaran pabrik Korea yang untuk saat ini memang masih kalah dari segi brand image.

Pun begitu kita tidak dapat meng-under estimate-kan KIA New Sorento karena meski tergolong lebih muda dibanding mobil-mobil kompetitor, toh KIA New Sorento adalah mobil SUV terupdate yang ada di Indonesia saat ini. Coba bandingkan dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang hanya begitu-begitu saja dari dulu dan tak kunjung mendapat penyegaran yang signifikan.

Sadar betul kalau mereka tidak dapat sendirian dalam misi melawan mobil-mobil keluaran Jepang, KIA turut menggandeng Hyundai yang notabene juga merupakan pabrikan mobil asal Korea untuk bersama-sama membangun mobil SUV. Dari kerja sama inilah kemudian lahir Sorento di pihak KIA, sementara Hyundai mengeluarkan Santa Fe. Meskipun memiliki banyak perbedaan detail, namun All KIA Sorento dan Hyundai Santa Fe sejatinya merupakan dua mobil yang dibangun di atas basis yang sama.

Awalnya PT. KMI hanya menghadirkan Sorento bermesin bensin untuk pasar otomotif Indonesia. Namun beberapa waktu kemudian mereka melengkapi varian tersebut dengan model yang sudah mengusung mesin diesel untuk menambah pilihan bagi konsumen di Tanah Air.

EKSTERIOR ALL NEW KIA SORENTO

All New KIA Sorento memiliki panjang 4.685 mm, lebar 1.885 mm, tinggi 1.700 mm serta wheelbase 2.700 mm. Cukup panjang dan bongsor memang, pasalnya All New KIA Sorento memang didapuk sebagai mobil yang masuk dalam kelas Big SUV alias mobil SUV paling besar.

Mobil ini mempunyai 7 tempat duduk sehingga dapat digunakan sebagai alternatif mobil keluarga selain MPV (Multi Purpose Vehicle). Bodinya yang besar menjadikan mobil ini dapat diandalkan terutama untuk dibawa menempuh perjalanan jauh seperti mudik lebaran atau yang lainnya.

Tampilan

Untuk informasi, desain New KIA Sorento adalah rancangan seorang desainer mobil ternama yang telah pindah dari Audi ke KIA yakni Peter Schreyer. Secara tidak langsung, hal ini berpengaruh pada jiwa desain KIA Sorento yang berkembang dari gaya Korea menjadi gaya mobil Eropa.

New KIA Sorento memiliki tampilan kalem dengan wajah depan yang mencolok berkat grille yang mengusung konsep tiger nose alias hidung macan. Bukan hal yang baru karena konsep tiger nose merupakan desain yang diaplikasikan untuk mobil-mobil KIA secara global.

Desain lampu depan yang menyipit berpadu dengan gaya tiga dimensi lewat kombinasi chrome, black bezel, dan LED Positioning Lamp yang dimilikinya. Turun sedikit ke bawah, tampak bumper dirancang dengan desain yang kokoh dan bersanding dengan foglamp yang enak dipandang.

Tampak samping, terlihat jelas kalau mobil SUV dari KIA ini memiliki bodi yang cukup panjang. Sayangnya garis-garis bodi yang dimilikinya terasa kurang menonjol dan tidak memberi kesan berotot.

Salah satu yang menjadi kelebihan All New KIA Sorento adalah berkat adanya panoramic sunroof. Meskipun fitur ini sebenarnya tidak terlalu cocok untuk Indonesia yang memiliki iklim tropis, namun panaromic sunroof KIA Sorento yang kaca-nya dapat dibuka sebagian di sisi depan itu dapat berfungsi untuk membantu sirkulasi udara yang keluar-masuk di dalam mobil. Semua dilakukan cukup dengan menekan sebuah tombol di dekat spion tengah.

WOW!  Harga Mobil Ferrari Bekas Ini Bisa Buat Beli Rumah Mewah !

Dilihat dari belakang, tampilan New KIA Sorento sekilas mirip dengan SUV keluaran Audi, hanya saja dengan desain lampu yang lebih besar. Cukup memikat, namun sayangnya sangat minim ornamen pemanis dan terkesan kurang mendapat sentuhan kemewahan.

Beralih ke sektor kaki-kaki, KIA New Sorento menggunakan velg alloy sport ukuran 18 inci yang dibalut ban 235/60 R18. Tidak terlalu mewah, namun cukup memikat dan bisa membuat siapapun percaya diri dengan velg yang digunakannya.

Sampai disini dapat disimpulkan bahwa eksterior All New KIA Sorento secara umum masuk dalam kategori memikat. Hanya saja kita tidak akan menemukan pakem desain mobil SUV yang biasanya identik dengan kesan kekar dan berotot pada mobil ini karena New KIA Sorento lebih memilih untuk menonjolkan kesan kalem dan elegan dibandingkan kesan beringas apalagi galak.

Dengan begitu harus diakui kalau tampilan luar All New KIA Sorento bukanlah favorit semua orang. Namun jika Anda merupakan tipe pria yang tidak terlalu suka dengan tampilan mobil mencolok dan cenderung maskulin, maka All New KIA Sorento adalah pilihan yang baik untuk Anda.

INTERIOR ALL NEW KIA SORENTO

Review All New KIA Sorento ini kita lanjutkan pada bagian interior. Berbeda dengan tampilan luarnya yang tampak minimalis, kondisi interior All New KIA Sorento justru terlihat mewah namun tetap kalem. Hal ini dapat terlihat dari warna instrumen interiornya yang memang dikelilingi oleh warna serba hitam yang dibumbui dengan warna abu-abu. Mulai dari dashboard yang rapi dan dilengkapi audio dengan monitor untuka mengakses kamera parkir dan DVD, jok hingga door trim kulit yang digunakan mobil ini semuanya memiliki warna utama hitam. Cukup menarik karena warna hitam memang cenderung bisa membuat orang di dalam kabin merasa nyaman dan tenang, terutama ketika melakukan perjalanan jauh.

Tempat Duduk

Duduk di dalam kabin KIA Sorento cukup nyaman karena joknya menggunakan Leather Seat Cover dengan bahan bermaterial khusus. Khusus untuk pengemudi, posisi tempat duduk dibuat cukup tinggi sehingga menjadi poin plus buat visibilitas ketika sedang mengendalikan kendaraan. Sayangnya mobil ini belum dibekali pengatur jok sopir elektrik sehingga masih harus dilakukan secara manual.

Akomodasi

Dibangun dengan menggunakan body monoque, kondisi kabin All New KIA Sorento terasa lebar, lega, sekaligus nyaman. Mobil ini benar-benar dibuat oleh KIA sebagai kendaraan yang bisa menampung orang banyak sekaligus, tanpa perlu khawatir dengan ruang yang terbatas.

Legroom di baris pertama dan kedua sangat lega, bahkan untuk orang dewasa sekalipun. Namun legroom di baris ketiga terasa agak sempit dan settingan tempat duduk sepertinya dibuat rendah sehingga mengurangi visibilitas ke depan. Pun demikian hal ini bisa dimaklumi karena biasanya baris ketiga memang lebih ditujukan untuk penumpang anak kecil.

Kesenyapan Kabin

Ketika mesin dihidupkan, suasana kabin cukup nyaman dengan kedap suara yang maksimal. Namun getaran mesin yang dihasilkan masih cukup terasa, selain itu suara ban juga masih terdengar cukup keras hingga ke dalam kabin saat mobil dibawa dengan kecepatan tinggi.

Bagasi

Bagasi KIA Sorento cukup lapang untuk digunakan sebagai penyimpan barang bawaan yang banyak. Dan jika hal itu masih dirasa kurang, tempat duduk paling belakang dapat dilipat rata lantai dengan mudah sebagai tambahan untuk mengangkut barang yang cukup besar seperti dua buah sepeda gunung misalnya.

FITUR ALL NEW KIA SORENTO
AC (Air Conditioner)

Sebagai penunjang hawa sejuk, All New KIA Sorento telah dibekali dengan Auto AC with dual zone. Fitur ini cukup menarik karena memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk mengatur temperatur udara di dalam mobil sesuka hati.

Sayangnya kisi-kisi AC yang dimilikinya hanya ada di baris depan dan baris kedua, sementara di baris ketiga belum ada sehingga penyebaran udara masih dirasa kurang maksimal.

Sporty Meter Cluster & MID (Multi Information Display)

Sebagai fitur yang dapat memberi kenyamanan pada pengemudi, All New Sorento turut pula dibekali dengan Sporty Meter Cluster yang dilengkapi MID (Multi Information Display). Adapun fungsi fitur ini adalah menampilkan informasi kepada pengemudi terkait data perjalanan seperti jarak yang telah ditempuh, rata-rata kecepatan, potensi jarak tempuh yang dapat dicapai dengan bahan bakar yang tersedia, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar per 100 km, serta pengukur temperatur udara yang ada di luar.

WOW!  Maserati GranTurismo MC Stradale Centennial Edition

Semuanya tersaji dengan lengkap dalam fitur ini sehingga dapat membantu pengemudi berkendara lebih efisien dan nyaman.

Tilt steering dan telescopic

Fasilitas tilt dan telescopic pada lingkar kemudi sudah menjadi fitur standar buat KIA Sorento. Kegunaannya adalah untuk mengontrol sistem audio seperti volume, mengganti saluran radio, dan cruise control yang semuanya dapat dilakukan dengan mudah lewat sentuhan jari di lingkar kemudi.

MDPS (Motor Driven Power Steering)

Lagi-lagi fitur ini dihadirkan untuk memberi kenyamanan pada pengemudi All KIA Sorento. Dibekali dengan sistem kemudi MDPS (Motor Driven Power Steering), aktivitas mengemudi jadi kian maksimal. Fungsi dari fitur ini adalah membuat kemudi akan menjadi lebih ringan saat kecepatan rendah, sementara di kecepatan tinggi akan terasa lebih berat sehingga memberikan rasa nyaman saat mengemudi.

Lampu

KIA sepertinya sangat peduli pada sistem penerangan sebuah kendaraan, termasuk pada mobil SUV nya yang satu ini. Terbukti All New KIA Sorento tampil begitu mumpuni jika bicara masalah lampu. Fasilitas ini dibuat komplit dengan mulai dari lampu utama projector-nya yang mewah dan LED Positioning Lamp di bagian atasnya. Kemudian lampu kabut untuk penerangan dalam cuaca berkabut atau hujan. Juga ada lampu sein LED yang dapat dilipat secara elektrik dan LED high mounted stop lamp.

Lalu yang lumayan spesial adalah cornering lamp yang akan menyala ketika lampu sein diaktifkan pada malam hari. Fungsinya tentu saja untuk membantu memberikan penerangan bagi pengemudi saat berbelok. Fitur yang mirip dengan fitur adaptive headlight pada BMW ini dapat menghasilkan intesitas cahaya hampir 45 derajat ketika mengaktifkan lampu sein.

Penyimpan Barang

Media penyimpanan untuk barang-barang kecil seperti uang receh, botol air mineral, kacamata, dan perintilan-perintilan lainnya tersedia dengan rapi di dalam kabin All KIA Sorento. Mulai dari door map pocket, door trim tray, floor console cup holder, second row armrest & cup holder, glove box lockable, center console, floor console tray, sunglass case, serta third row tray.

Fitur Hiburan

Untuk memberi hiburan, baik kepada penumpang maupun pengemudinya, KIA Sorento memiliki fitur entertainment berupa audio video system touch screen yang punya 6 speaker, head unit dengan koneksi bluetooth, storage internal 8 Gigabyte yang dapat menyimpan lagu, video dan gambar, dua headrest monitor untuk menonton DVD, dan fasilitas Internet Connection yang memungkinkan penumpang dapat bermain Internet.

Kualitas suara yang dihasilkan sistem audio mobil ini cukup memuaskan. Headunit telah dilengkapi prosesor sehingga pengaturan seperti equalizer hingga time alignment pun tersedia. Bahkan crossover aktif pun mampu mengatur batasan frekuensi yang diperbolehkan di setiap speaker.

Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan KIA Sorento terbilang bisa diandalkan karena menggunakan dual airbag untuk penumpang baris depan, dan disc brake pada keempat rodanya untuk memberikan daya pengereman yang maksimal. Juga termasuk perangkat umum seperti ABS, EBD.

Sasis

All New Sorento menggunakan suspensi independence pada ke-empat rodanya, dimana suspensi depan menggunakan McPherson Strut with stabilizer, sementara suspensi belakang menggunakan multi link. KIA mengklaim bahwa pengaturan seperti itu dapat memberikan dampak positif pada mobil seperti handling yang lebih stabil dan tekanan lebih empuk tak peduli medan apapun yang harus dilalui.

DAPUR PACU ALL NEW KIA SORENTO

KIA Sorento tersedia dalam 2 pilihan mesin yaitu :

KIA Sorento mesin bensin Theta II 2.4 L DOHC Dual CVVT, DLI (Distribution Less Ignition) & VIS (Variable Induction System) yang sanggup menghasilkan tenaga 176 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 23.1 kg·m pada putaran 3.750 rpm.
KIA Sorento mesin diesel R 2.2 CRD-i 4L DOHC yang sanggup menghasilkan tenaga 197 ps pada putaran 3,800 rpm dan torsi maksimum 44.5 kg.m pada putaran 1.800 hingga 2.500 rpm.

Dua varian All New KIA Sorento tersebut sama-sama dibekali dengan transmisi 6-percepatan sehingga memberikan performa mesin yang lebih baik.

PERFORMA ALL NEW KIA SORENTO

Sebagai mobil dengan bodi bongsor, pengendalian KIA Sorento terbilang mudah terutama untuk melakukan manuver dan kelokan dengan kecepatan tinggi meski gejala limbung masih tetap terasa. Performa mesin yang dipadu dengan transmisi 6 percepatan menjadikannya terasa nyaman dengan perpindahan gigi yang cukup lembut tanpa hentakan. Ketika mobil dibawa melewati jalanan penuh bebatuan juga tidak terasa mengganggu, bukti kalau suspensi All KIA Sorento cukup empuk dan bisa diandalkan.

WOW!  Ferrari F12berlinetta

Tenaga yang dihasilkan mobil ini secara umum dapat dikatakan cukup merata. Di putaran bawah, tenaga KIA Sorento bensin terasa galak, sementara ketika digeber dengan kecepatan tinggi cukup lumayan meski bukan yang paling dahsyat di kelasnya. Kondisi ini dapat dimaklumi karena over all sepertinya mesin bensin yang digendong KIA Sorento memang dibuat dengan mengutamakan kehalusan untuk kenyamanan penumpang dibandingkan dengan performa akselerasi.

All New KIA Sorento Diesel

Sesuai dengan mesin yang diusungnya, KIA Sorento Diesel jauh lebih bertenaga dan hemat bahan bakar dibanding yang versi bensin. Mobil ini memiliki akselerasi yang mantap seolah menghilangkan kesan sebuah Big SUV yang dimilikinya.

Tak berbeda jauh dengan versi bensin, bodi KIA Sorento Diesel yang bongsor membuat sensasi limbung masih kerap terasa. Namun setidaknya hal itu terbayar dengan kondisi kabin yang minim goncangan ketika rute yang dilewati merupakan jalan yang tidak rata.

Limpahan torsi ekstra besar yang dihasilkan mobil ini dapat langsung terasa sejak 1.800 rpm. Namun mengingat mobil ini tidak dibekali dengan teknologi tambahan seperti traction control maka tak heran jika roda cukup mudah kehilangan traksi. Tak perlu usaha keras agar ban depan berdencit, cukup injak pedal gas secara spontan maka Anda dapat mendengar decitan roda yang cukup keras sampai masuk ke dalam kabin.

Absennya traction control ini juga berdampak pada akselerasi di jalan menanjak. Jadi jangan heran jika Anda akan kesulitan mendapatkan traksi saat start di jalan menanjak. Terlebih lagi jika kondisi jalan sedang basah sehabis hujan lebat. Pengemudi perlu ekstra hati-hati ketika membawa mobil ini di jalan dengan kondisi yang demikian jika tidak ingin kehilangan kendali kendaraan.

Bicara soal akselerasi, mobil ini sanggup melibas 0-100 km/jam dalam tempo 9,4 detik. Meski begitu, bukan perkara mudah menggali tenaganya saat start di dalam kota. Butuh kesabaran sebelum akhirnya di 1.500 rpm mulai terasa dorongan yang lumayan. Sementara, rasio gigi hingga 6 membuatnya dapat cruising dengan mudah di jalan tol. Torsi besar kembali membuat Sorento Diesel tidak kesulitan ketika menjaga momentum di kecepatan tinggi. Figur 17,24 km/l dapat diraih dengan mudah.

Konsumsi BBM KIA Sorento Diesel terbilang paling irit di kelasnya, dengan kisaran 11,36 km/l jika digunakan di dalam kota. Kalau itu masih kurang, terdapat fitur Active ECO yang dapat mereduksi mesin dari menyedot BBM terlalu banyak, namun dampak negatif dari hal ini adalah respos mesin yang jadi melemah sehingga pengemudi harus lebih sabar dalam mengail tenaganya.

HARGA ALL NEW KIA SORENTO

Memiliki 2 varian yang menggendong mesin berbeda, harga All New KIA Sorento terbagi menjadi dua menyesuaikan dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing varian. Sebagai poin plus dari segi after sales, KIA menjamin Sorento hingga 5 tahun atau 150.000 km. Juga ada fasilitas khusus berupa Platinum Card dengan keuntungan berupa diskon sparepart 5% dan jasa 10%, gratis biaya kunjungan KIA GUARDS 24 Jam, dan derek di wilayah Jabodetabek.

Berikut ini daftar harga All New KIA Sorento yang dijual di Indonesia :

Harga All New KIA Sorento A/T Bensin : Rp. 487.000.000,
Harga All New KIA Sorento A/T Diesel : Rp. 525.000.000,

KESIMPULAN

Setelah uraian yang cukup panjang di atas, review All New KIA Sorento ini akhirnya sampai juga ke bagian akhir. Berikut kami simpulkan beberapa poin penting mencakup keseluruhan isi dari review ini :

Dilihat dari tampilan, KIA Sorento sama sekali tidak gagah (dengan parameter mobil kompetitor seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan Hyundai Santa Fe). Namun kekurangan itu terbayar dengan tampilan kabinnya yang cukup mewah dan nyaman dipandang.

Bicara soal performa, KIA Sorento bensin sepertinya lebih mengutamakan kehalusan saat berkendara ketimbang performa akselerasi. Namun jika Anda mengharapkan lebih maka pilihan bisa dijatuhkan pada KIA Sorento diesel yang lebih mumpuni dari segi tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Dilihat dari segi harga, jika dibandingkan dengan mobil sekelas seperti Fortuner, Santa Fe dan Pajero Sport, KIA Sorento merupakan mobil SUV yang masuk dalam kategori murah mengingat kenyamanan dan fitur-fitur yang ditawarkannya.