5 Kelebihan Ferrari 458 Speciale


Tags:

PT. Citra Langgeng Otomotif selaku distributor resmi Ferrari di Indonesia resmi meluncurkan the New Ferrari 458 Speciale untuk para pecinta Ferrari di Tanah Air.

Ferrari 458 Speciale merupakan generasi ketiga setelah 458 Italia dan 458 Spider. Diantara keluarga Ferrari 458, Speciale diklaim sebagai varian yang paling kencang dan paling canggih karena telah dilengkapi dengan teknologi canggih dan sistem aerodinamika yang lebih mumpuni.

Sesuai dengan namanya, Ferrari 458 Speciale adalah supercar versi istimewa dari Ferrari, yang sengaja dihadirkan untuk para penggemar Ferrari yang mencintai sirkuit dan balapan.

Mobil ini dikembangkan secara khusus dengan mengambil basis dari seri 458 Italia. Meskipun dibangun dari basis yang sama, namun 458 Speciale terlihat memiliki cukup banyak perberbedaan dari 458 Italia, terutama dari sisi konsep dan fiilosofinya.

Jika 458 Italia dirancang sebagai mobil sport jalan raya, maka Speciale merupakan mobil sport yang banyak mengadopsi beragam kecanggihan teknologi mobil balap F1. Jadi bisa dikatakan 458 Speciale merupakan mobil sport yang dibangun dengan spesifikasi berstandar trek balap, tetapi tetap memenuhi standar homologasi jalan raya.

Sebagai produk istimewa, Ferrari 458 Speciale lahir dari filosofi yang menggambarkan inovasi dan penelitian berteknologi tinggi. Karena itulah tak heran jika mobil ini memiliki segudang kelebihan yang membuatnya tampil memikat sebagai mainan baru para miliarder.

Ingin tahu apa saja yang membuat Ferrari 458 Speciale benar-benar pantas disebut sebagai ‘mobil spesial’ ? Berikut 5 Kelebihan Ferrari 458 Speciale :

Mesin Terbaik & Terkuat di Kelasnya

Mesin Ferrari 458 Speciale diklaim memiliki keunggulan dari segi performa, bahkan dikatakan sebagai yang terbaik dan terkuat di kelasnya. Kunci utamanya terletak pada kemampuan mesin normally aspirated V8 berkapasitas 4.497 cc yang mampu mengekstrak tenaga dari bahan bakar hingga 135 hp/liter.

WOW!  Lorenzo Geber Mobil Balap Ferrari

Ketangguhan mesin ini juga sudah diakui dan dianugerahi penghargaan sebagai ‘Best Performance Engine’ di ajang Engine of the Year Awards selama dua tahun berturut-turut. Mesin ini pula yang mengantarkan Ferrari sebagai pembangun mesin V8 (605 hp) jenis naturally aspirated terkuat, yang mampu menghasilkan tenaga terbesar yang pernah diraih kendaraan bermesin naturally aspirated manapun yang pernah diproduksi.

Kecepatan Benar-Benar ala Mobil Balap

Berkat mesinnya, Ferrari 458 Speciale mampu menghasilkan tenaga maksimal 605 hp pada 9.000 rpm dengan torsi maksimal 550 Nm pada 6.000 rpm. Itu artinya 458 Speciale memiliki tenaga lebih besar dari tipe Ferrari 458 Spyder yang hanya mampu mencapai 562 HP.

Untuk melesat pada kecepatan 100 km/jam, mobil Ferrari versi spesial ini cuma butuh waktu 3 detik, sementara dari 0 ke 200 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 9,1 detik. Hasil ini menunjukkan bahwa Ferrari 458 Speciale waktu respon tercepat (0,060 detik) dan akselerasi lateral tertinggi (1,33 g), hasil terbaik yang pernah dicapai oleh mobil keluaran pabrikan berlogo Kuda Jingkrak itu.

Sebagai pembuktian bahwa Ferrari 458 Speciale benar-benar bisa dibawa ngebut, mobil ini telah diuji berbagai lintasan yang berbeda. Saat digunakan di lintasan drag race, 0 – 400 meter dapat diraih dalam tempo 10,7 detik, sementara dari 0 – 1.000 meter dapat dilibas dalam hitungan 19,4 detik. Kemudian saat diuji untuk mengelilingi sirkuit Fiorano, mobil ini juga menunjukkan hasil yang memukau. Yakni hanya membutuhkan waktu 1 menit 23,5 detik dengan kecepatan maksimal hingga lebih dari 325 km/jam.

Stabil Ketika Dibawa Ngebut

Ferrari 458 Speciale telah dilengkapi dengan sederet teknologi canggih sehingga menjadikannya sebagai kendaraan unik yang secara khusus didesain bagi para pemilik yang mengidamkan mobil sport dengan sensasi berkendara yang menantang. Untuk itulah demi menjaga kestabilan kendaraan pada kecepatan tinggi maka Ferrari 458 Speciale menganut sistem aerodinamika aktif yang kemampuannya bisa diandalkan.

WOW!  All-New Kia Soul EV 2020 Mobil Listrik Korea Untuk Eropa

Untuk mewujudkan hal tersebut itu Ferrari Styling Centre merangkul Pininfarina untuk merancang lekuk mobil yang berorientasikan pada performa. Fitur paling menonjol dalam hal ini adalah komponen aerodinamika aktif yang ada pada bagian depan dan belakangnya. Perangkat yang bekerja secara pneumatic ini mampu menyeimbangkan downforce dan cut drag yang mampu menghasilkan tingkat aerodinamika paling efisien sepanjang sejarah Ferrari.

Pengembangan lain yang dihadirkan oleh Ferrari adalah teknologi yang digunakan pada subsistem dinamika kendaraan. Dengan pengembangan di area ini, menjadikan pengemudi lebih percaya diri dalam mengendalikan mobil di kecepatan tinggi, membantu mengatasi oversteer dengan natural power oversteer management serta memberikan respon yang tepat atas perintah yang diberikan oleh pengemudi.

Salah satu elemen inovatif adalas sistem kendali Side Slip angle Control (SSC) yang memudahkan pengemudi untuk memacu mobil sampai pada batas maksimal kemampuan mobil, sehingga dapat meningkatkan sensasi mengemudi.

Berkat pengembangan dari algoritma baru yang akurat, SSC mampu melakukan analisis instant-to-instant pada saat kendaraan mengalami side slip, membandingkannya dengan nilai sasaran lalu mengoptimalkan torsi mesin (melalui integrasi dengan kendali traksi F1- Track) maupun distribusi torsi di antara kedua roda (melalui integrasi dengan diferensiasi elektronik E-Diff). Selain itu SSC juga berfungsi menganalisis arah belok kendaraan dan mengatur tenaga sehingga daya yang tersalurkan tidak sia-sia.

Secara keseluruhan, fitur-fitur canggih yang ditanamkan pada Ferrari 458 Speciale tersebut tidak hanya mampu membuat kendaraan lebih stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, namun juga sekaligus membuat seorang pengemudi biasa terlihat seperti seorang pembalap profesional.

Bobot Ringan

Sebagai mobil sport yang dirancang untuk ngebut, bobot kendaraan merupakan salah satu faktor penting yang tidak bisa dilupakan. Untungnya Ferrari 458 Speciale memiliki bobot yang sangat ringan, yaitu hanya 1.290 kg saja. Kondisi ini dapat dicapai berkat penggunaan bahan baku fiber secara ekstensif, sehingga mampu mencapai rasio bobot/tenaga 2,13 kg/hp.

WOW!  Mobil Nissan Juke Ala Militer

Dibekali Ban Khusus

Untuk mengimbangi kemampuannya, Ferrari 458 Speciale dibekali dengan ban khusus yakni ban Michelin Pilot Sport Cup2. Ban ini sengaja dirancang khusus untuk 458 Speciale melalui program kolaborasi yang melibatkan sejumlah uji trek dan sesi simulator, serta uji lainnya.

Ban khusus ini diklaim mampu menyalurkan performa secara optimal baik di lintasan basah maupun kering. Ketika di kondisi trek kering, ban ini mampu meningkatkan performa dalam satu kali putaran sekaligus mampu meningkatkan performa secara konsisten di putaran-putaran selanjutnya. Sementara di kondisi trek basah, ban ini juga mampu membantu mobil mendapatkan cengkraman terbaik.